Saturday, August 23, 2008

Sufor Seperti ASI


Abis makan di Steak21, kami ke Carrefour di Buaran Plaza, minus Hil yang buru-buru ke kantor supaya gak telat.

Gw-Senja dan kakak gw-Pelangi lagi jalan di rak makanan bayi. Kakak gw nyari biskuit toddler buat Pelangi. Trus ada mbak-mbak nawarin susu formula.

Si Mbak: Anaknya umur berapa Bu?
Kakak gw: Satu tahun.
Si Mbak: Nggak dicobain susu formula?
Kakak gw: Nggak. ASI. (sambil tersenyum manis)

Gw langsung ngomong ke kakak gw, mestinya dia bertahan di Mbak Sufor dan nanya: kenapa saya harus pindah ke susu formula? Iseng aja. Kakak gw males. ‘Dia kan cuma dagang, susu formula juga mungkin bukan ideologi yang dia setujui.’ Hehe, bener juga. Tapi kan tetep aja penasaran.

Eh baru sepelemparan tisu jalan, kami dihadang Mbak Sufor berikutnya. Gw gak terlalu merhatiin sebetulnya, karena kami sekadar melintas saja di depan booth-nya.

Si Mbak: Mbak, nggak cobain susu formula? Rasanya sama lho dengan ASI.
Gw: Ah masa?

Itu betul-betul jawaban spontan yang gak pake dipikir, sembari gw ngeloyor. Bahkan berhenti pun enggak. Abis aneh aja dong logika itu. Mana mungkin susu buatan pabrik itu sama kayak ASI. Lagian kan rasa ASI tiap orang itu beda-beda, tergantung pula sama asupan makanannya. Lebih jauh lagi, emangnya dia tau rasa ASI gw sehingga dia bisa bilang susu formulanya punya rasa sama kayak ASI? Iiihh.

Selagi gw sibuk ngedumel gitu ke kakak gw, eh tiba-tiba si Mbak nongol lagi dari arah belakang, bawa baki berisi gelas-gelas kecil dan berkata,’Ini Mbak, dicobain aja, sama kok kayak ASI.’

Lah si Mbak sok tau. Emangnya gw tau persis gitu rasa ASI gw? Trus emangnya si Mbak itu tau rasa ASI gw? Ih situ mah ada-ada aja. Kita mah ketawa aja deh.

2 comments:

Anonymous said...

abis gue kasian sama mbak-mbak sales, kan dia promo sufor karena itulah pekerjaannya. kalo dia sales sufor tapi promo asi, walah bisa dipecat dia.

terus, emang dia udah disuruh ngapalin omongan promo rayuan buaya itu kan. gue rasa, kalo dia sendiri harus menyusui anak, belum tentu juga si sales sufor akan memberikan sufor ke anak sendiri. wong harganya mahal bouw...

jadi sebetulnya, si sales sufor itu sekedar berusaha menjadi seorang "profesional." hmmm...

lagipula dengan gajinya yang udah pasti ngga seberapa, dia harus pasang muka manis dan merayu calon pembeli. ada yang nyolot -kaya elu gitu deh, hehe - ada juga yang cuek. ih, gue mah ngga kebayang kerja kaya begitu.

mendingan tenaga disimpen aja untuk jadi konsultan laktasi para calon ibu. kan sebagai provokator asi, kita harus efektif.

kalo pake bahasa proposal, inilah "target group" sehingga "final beneficiaries" yaitu para calon bayi, bisa mendapatkan manfaat.

nah kalo produsen susu formula itu istilahnya apa ya? "stakeholder" kali ya, karena kan dia punya kepentingan bisnis - yang akan merugi kalau semua ibu pilih asi. sekali lagi, pake bahasa proposal, itungannya "threat" kalo dalam analisa SWOT.

gue rasa ya, mau ngga mau, para produsen itu sebetulnya harus dilibatkan dalam kampanye asi.

ini untuk memastikan supaya kita semua bisa punya aturan main yang elegan. jangan promo di rumah sakit, misalnya. sales jangan ngotot promo kalo pembeli udah bilang enggak, misalnya.

Salma Hasna Tsabitha said...

aloo salam kenal ya... saya juga pernah tuh di Buaran Plaza di deketin sama sales D****w, awalnya dia pro ASI, tapi lama2 ujung nya yaa ngerayu buat beli D****w 1+. sampe dia minta data lengkap buat ngirim pake susu ke rumah, emang buang2 energi kalo kita argue sama dia, dia kan cuma jalanin tugas aja, emang gayanya meyakinkan n se profesional mungkin. Yang penting kita ga ke pengaruh ya.. hidup ASI..!!!