Tuesday, August 12, 2008

Belagu

Sejak Senja mulai makan, stok ASI yang gw tinggalin di rumah buat minum itu lebih sedikit.

Bukan jumlah porsinya, tapi berapa kalinya. Yang biasanya gw ninggalin 5 porsi, sekarang gw ninggalin 2 porsi. Kenapa cuma dua? Karena kalo menilik jadwal dia seharian, yang bisa nyelipin ASI hanya dua kali itu. Masing-masing porsinya 100ml. Mudah-mudahan cukup. Diminumnya jam 14
dan jam 18, sembari menunggu kedatangan gw.

Sekarang sebelum jam 12 malam itu Senja belum bisa tidur dengan tenang dan dengan begitu minta menyusui hampir setiap jam. Kepala basah, kebangun. Muter ke kanan ke kiri. Minum. Begitu seterusnya sampai lewat jam 12 malam. Jadilah yang tadinya kepengen meres ASI, jadi ketunda karena Senja mau langsung menyusui. Satu-dua-tiga hari kayak gitu, lama-lama malah jadi keasikan dan gak mompa di malam hari.

Begitu pula di Sabtu-Minggu. Mengingat Senja udah gak bisa ditinggal, jadilah harus selalu ditemenin. Nitipin ke nyokap-bokap atau si Ibu, kasian juga, kan mereka butuh istirahat. Kalo dulu gw biasanya mompa pas Senja bobo, mendingan sekarang ikutan bobo aja. Atau ya nyiapin makan buat Senja. Mompa pas Senja bangun sih wasalam aja. Dia dengan sigap akan ngebut merangkak menuju pompa ASI, narikin kabel, gigit-gigit botol atau pegang-pegang mesinnya.

Abis itu ya kemakan rasa belagu. Ngeliat isi freezer di hari Minggu, oh ada 6 botol. Cincay. Jadilah besoknya gw nunda mompa, begitu produksinya seret, baru deh panik. Gak sampai 100ml. Yang mompa kedua kali, malah lebih parah. Mompa setengah jam kok ya cuma 50ml, huhu.

Duh emang deh gak boleh belagu dan nunda-nunda. Tulahnya sekarang deh, produksi ASI perahan menipis. Mari kita panggil kembali pikiran-pikiran positif dan menyenangkan,
demi mengembalikan produksi ASI. Target maksimal gw untuk menyusui adalah 2 tahun. Paling minimal 1 tahun supaya setelah itu gw bisa memperkenalkan UHT, bukan susu formula.

Fiuh. Semoga lancar di perjalanan.

No comments: