Sunday, August 17, 2008

17an di Kayumanis

Tadi pagi kita berangkat jam 6.30 dari rumah supaya bisa sampai di Kayumanis jam 7-an. Tujuan utamanya adalah mau 17an, hore! Karena jalanan di Kayumanis sering ditutup-tutupin buat lomba, maka itu penting untuk nyampe sebelum jam 7 pagi, supaya masih bisa lancar sampai rumah Kayumanis.

Pas kita nyampe, nyokap dan kakaknya Hil lagi siap-siap buat bazar. Ini emang kerjaan rutin mereka tiap 17an, nyiapin makanan buat dijual pas abis kelar pawai. Jualan andelannya adalah sate kikil dan semur jengkol. Sumpah mati dua-duanya belum pernah gw jajal, hihihi.
Karena pas nyampe rumah Kayumanis itu udah jam sarapan Senja, ya udah langsung ngeluarin makanan. Abis itu gw langsung nyadar. Dengan dongonya gw meninggalkan makan siang Senja di dalam kulkas. Pas lagi masuk-masukin makanan ke dalam cooler bag (yang difungsikan sebagai warmer bag, hehe), gw ingetnya itu makanan adalah buat sore, bukan siang. Jadilah gw tinggal dalam kulkas, huhuhu, dudul. Buat jaga-jaga, akhirnya kita bertiga jajal ke penjual bubur bayi Ibu Dias, yang 'kantor' cabangnya gw datengin di deket rumah itu lho. Si 'kantor' pusat ini ada di Kayumanis IV, kalo gak salah.
Pas kita jalan, di gang-gang orang udah pada sibuk siap-siap 17an. Mulai dari anak kecil dandan sampai ngeliat stroller dihias kertas krep warna merah putih. Huebat!

Eh bener dugaan Hil. Penjual bubur itu tutup karena 17an. Ah ya sudah, nanti kita pikirkan cara buat makan siang. Nah, pas kita jalan balik mau ke rumah Hil, eh ternyata di jalanan udah pada siap buat pawai! Wuaaahh seruuu...



Di jalanan banyak bener anak kecil berderet-deret. Ada yang pakai pakaian daerah, ada yang dikasih kumis ala Bang Jampang, ada yang pakai pakaian biasa. Ada juga yang didorong pakai stroller atau pakai sepeda roda tiga yang ada dorongannya itu. Yang paling ajaib adalah sebuah baby walker yang dihias sedemikian rupa sehingga kayak tank! Hahaha!


Gw belum tau sih ntar kalo tiba saatnya Senja untuk (digusrah-gusrah) ikut pawai 17an, apakah bakal ikutan atau enggak. Kasian juga mesti dandan heboh-heboh untuk keriaan yang sesaat. Kan kasian juga kalau pawai itu lebih untuk kepentingan si ortu berheboh ria, ketimbang si anak. Soalnya emak-bapak yang ada di karnaval itu sebagian besar pegang kamera, dalam berbagai bentuk, untuk motret anaknya doang, sementara si anak berpanas-panas jalan menentang sinar matahari pagi.

Nyokap gw aja sempet heran kok gw girang banget pengen liat 17an di Kayumanis. 'Bukannya kamu gak seneng 17an?' gitu tanya nyokap penuh keheranan. Gw jawab aja,'Kan buat Senja, bukan buat gw.' Hehe, bener gitu gak ya? Jangan-jangan gw aja yang pengen liat keriaan, hihihi.'

Ah jadi inget. Satu-satunya alasan buat gw dan kakak gw untuk mau ikut pawai 17an dulu waktu masih kecil adalah janji diajak makan es krim

1 comment:

Anonymous said...

pawai 17-an di kucica kebetulan lewat depan rumah. pas pelangi lagi serius baca buku, tiba-tiba ada bunyi dar-der-dor.

ternyata ceritanya ada kendaraan perang -maksudnya mungkin tank, tapi kok ya ngga mirip - lorong-loreng yang dinaiki 'pejuang' (baca: bapak-bapak berperut buncit dengan muka dicoreng moreng dan baju army look).

bukannya takut, pelangi malah seneng, terus niru-niruin "deeer" sambil mengangkat kedua tangan ke udara. hehehe, dasar!

pas ada ondel-ondel - atau reog ponorogo kali maksudnya, entahlah - pelangi baru agak-agak cemas wajahnya, mungkin rada-rada takut. tapi begitu dar-der-dor, langsung berseri-seri lagi wajahnya. lhooo...

gita