Tuesday, August 5, 2008

Pispot Beruang vs Pispot Kijang

Sejak dua pekan lalu, Senja udah punya pispot, meski masih jarang dipakai. Warnanya kuning, ada boneka beruang di bagian depan, buat pegangan. Pispotnya sendiri terdiri dari 3 bagian: tutup, dudukan toilet (bisa ditaro di toilet biasa) dan wadah pup. Pispot ini gw beli di Toko Jungle ITC Kuningan seharga 95 ribu. Yang bikin kepincut pertama tentu saja harganya, hehehe. Gara-gara harga, plus karena pas beli itu gw bareng bokap yang ngegendong Senja terus, jadilah gw tidak banyak meriset. 

Setelah kakak gw membeli pispot, barulah gw ketahui bahwa ada ternyata ada banyak varian pispot. Pispot versi Pelangi itu warnanya sama-sama kuning. Binatangnya itu kijang, dengan leher yang tinggi. Trus ada musiknya! Hauhauhauha. Pup sambil ngedengerin musik asik juga kali ye. Lalu wadah pupnya itu berbentuk laci, jadi bisa ditarik dengan si Pelangi tetap duduk di pispot. Bentuk tutupnya juga sedemikian rupa sehingga si pispot itu bisa dijadiin tempat duduk. Harganya 120 ribu, belinya di toko yang ada di belakang Toko Jungle. 

Tuh kan, emang deh harusnya gw gak menyerah pada satu toko sebelum menjatuhkan pilihan pada pispot beruang, hahahaha. 

Pas kedua pispot itu disandingkan, baru lah keliatan kelebihan dan kekurangan antar pispot. Misalnya, ukuran lubang pispot. Ternyata beda lho! Ih ajaib banget, gw kirain kayak gitu mah all size aja. Tatah emang pernah bilang, cari yang ukuran pantatnya pas sama Senja. Tapi gw pikir mah itu bercanda doang, hihihi. Eh ternyata betulan. Ukuran lubang pispotnya Pelangi itu lebih kecil dibandingkan lubang pispot beruangnya Senja. 

Lalu hal kedua adalah jarak antara 'leher' pispot dan dudukan pispot. Eh gimana ya ngegambarinnya. Coba bayangkan sebuah pispot. Senja duduk di pispot itu. Lalu dia kan pegangan sama si beruang, kayak naik motor gitu lho. Nah, antara dudukan dan 'leher' pispot (si beruang) itu kan gak ada jarak, beda dengan pispot kijang-nya Pelangi. Di pispot kijang, ada jarak antara 'leher' pispot dan dudukan pispot. 

Trus keunggulannya di mana? Naaahh dengan adanya jarak itu, si Pelangi bisa bangun sendiri dari duduk, memanfaatkan celah tersebut. Beda dengan Senja yang harus ngegang (meregangkan kaki) atau diangkat dari dudukan pispot tersebut. Iiihh ribet ya boooo. Mana kita tau coba kalo desain tersebut adalah suatu kekurangan atau kelebihan... Pas udah disebelahin, baru deh ketauan. 

So far sih keliatannya Senja oke-oke aja sama pispot beruang. Dia belum familiar banget sama itu pispot, jadi kalo didudukin, malah maunya lunjak-lunjakan. Dia juga masih agak maju banget duduknya dan dipegangin, karena lubang pantatnya masih agak gede. Dia juga harus dibantu meregangkan paha untuk bisa duduk di pispot itu. 

Ah itu mah cincay. Yang perlu dibujuk rayu cuma Hil, biar dia gak jijik ngebersihin wadah pupnya Senja, hahahaha. 

1 comment:

Anonymous said...

pispot kijang emang unggul secara ergonomis. tetapi teteup aja ngga menjamin pelangi mau pake pispot itu, hehehe...

jadi mau pispot beruang kek, pispot kijang kek, pispot bebek kek, atau pispot mobil kek, ada lagunya atau ngga ada, ada hiasannya atau polos ... akhirnya faktor penentunya adalah si pengguna.

dalam kasus gue dan pelangi nih, ya udah, libur dulu deh sementara toilet learningnya. kalo kata buku, let the toddler takes the leading role when she's ready. diperkenalkan sih teteup, tapi ya sabar-sabar aja.

jadi mau beruang atau kijang, ternyata ngga ngaruh... hehehe...

gita