Tuesday, August 5, 2008

Pilek dan Batuk

Udah dua minggu ini Senja batuk-batuk. Batuknya itu grok-grok gitu. Kalo dipegang dadanya, berasa kayak ada dahaknya gitu. Senja sih gak keliatan tersiksa dengan batuk-batuk itu, paling nyokap bokap aja yang langsung rikues gw untuk ngasih obat.

Tadi pagi, Senja malah udah kliatan pilek. Ingusnya masih cair, meler-meler gitu. Kasian deh ngeliatnya. Hil sempet nyedot ingusnya, tapi agak kurang sukses karena Senja memberontak ketika dipegangin, nangis kuenceng dan ingusnya yang cair juga menyebabkan susah disedot.

Lalu nyokap gw bilang,"Diisep aja pakai mulut kamu,"

Say what? Wuaduh. Nyokap gw melanjutkan,"Yaaa namanya orangtua ya mesti melakukan apa saja supaya anaknya gak kesakitan."

Waduh. Gw bilang aja ke Hil soal usul nyokap. Hil cengengesan,"Kamu aja gih. Aku cobain pake ini dulu aja," hhaahahaha. Untung aja akhirnya nyedot ingus Senja cukup sukses. Triknya ternyata tuh dengan membuat Senja sibuk memainkan sesuatu, dalam kasus tadi pagi sih dia mainin botol hair lotion. Karena dia sibuk sendiri, jadilah dia gak sadar pas ada sedotan ingus mampir ke lubang hidungnya, hihihi. 

Gw sempet tergoda juga untuk ke dokter Eveline, supaya batuk pilek Senja segera sirna gitu. Gw aja sih yang berasa kasian, walau Senja terlihat bahagia-bahagia aja. Nyusunya juga gak kesusahan, tetap seperti biasanya. 

Setelah gw inget-inget, kayaknya Eci pernah cerita soal menguapkan Adam, anaknya, kalo lagi pilek. Gw cari-cari lah itu artikelnya. Ketemu ini di bagian artikel tentang batuk pilek. Lalu ketemu juga postingan di milis soal obat Mucopect, Neo Triaminic dan satulagi lupa. Ternyata obat-obatan itu gak banyak membantu juga. Mengobati dengan atau tanpa obat, durasinya kurang lebih sama. 

Akhirnya gw putuskan untuk tidak membawa Senja ke dokter. Kita coba dulu saja metode terapi uap. Taro satu baskom/ember berisi airpanas, dikasih minyak kayu putih, taro di ruangan. Biar hawa hangatnya terhirup sama si Senja gitu. Mudah-mudahan sih lancar, secara kemarin-kemarin juga gak ada efek serius gitu terhadap keseharian Senja. 

Atau jangan-jangan Senja bukan batuk pilek karena virus, tapi alergi? Hmmm bisa jadi, mengingat beberapa pekan terakhir ini Hil juga batuk-batuk yang diduga karena alergi debu di bantal. Hm, baiklah. Mari kita cermati nanti mereka-mereka yang diduga mencetuskan alergi di Senja. 

In the mean time, mari kita coba terapi uap.

1 comment:

Anonymous said...

selamat mencoba terapi uap, semoga berhasil.

kalo ternyata kasusnya alergi, kayanya the real culpritnya justru di play room tuh. soalnya kasur-kasurnya tampaknya agak sedikit berdebu.

gue menduga itu karena pas nginep kan pelangi sempat tidur di sana. pelangi mah ngga papa, dasar bayi badak hehehe. tapi gue sempet agak-agak terasa sedikit gatel.

setelah dialasin kain sih memang agak mendingan.

kalo ngga salah, alergi emang menurun tuh. jadi kalo hilman alergi debu, bisa jadi senja alergi debu.

kalo gue, alergi kalo ngga punya duit, jadi langsung terasa resah dan gelisah deh.

hehehe... kayanya mah ini alerginya semua orang, hahaha...

gita