Saturday, August 2, 2008

Ke Taman Burung

Rencana memang selalu bisa berubah. Yang tadinya niat setinggi gunung untuk ke acara Menyusui Serentak, dalam rangka Pekan ASI Sedunia, akhirnya malah ganti arah total. Gara-gara ada kakak gw dan Pelangi yang nginep, dan kakak gw tiba-tiba ngusulin untuk pergi ke Taman Burung. He? Iya, Taman Burung yang di Taman Mini.

Akhirnya niat pergi ke Menyusui Serentak bubar deh. Pikir-pikir, kalo ke sana kan lebih karena gw aja kepingin menjadi bagian dari tren ibu menyusui dan nyari barang lucu-lucu di bazar, tapi bukan buat Senja. Nah karena ke Taman Burung itu bisa ngenalin Senja dengan burung-burungan, hokei, mari lah kita ke sana.

Jadilah kita berombongan ke sana, minus bokap yang lagi ‘dihukum’ di rumah karena belum nyelesaiin bahan presentasi buat hari Senin. Jadilah yang pergi itu gw-Senja, kakak gw-Pelangi dan nyokap, dianterin sama si Bapak. Kita berangkat dari rumah jam 9 pagi, lalu nyampe di sana sekitar jam 10-an.

Tiket masuknya berapa yak, kok lupa, gak sampai 10 ribu deh kalo gak salah. Kita masuk, langsung disambut dua kandang burung di sisi kanan dan kiri. Kita ke kandang burung yang di kanan dulu, karena burungnya cantik pisan. Gw pikir tadinya burung kakatua dengan warna merah, eh ternyata salah, ini burung dari Brasil. Hooo salah deehh.. Itu burung ternyata pandai bicara ‘Halo’. Hooo lucunya..

Lalu kita ke kandang seberangnya, lupa itu kandang burung apa. Yang lucu tuh papan di bagian dalam kandang: ‘Burung ini sudah pandai bicara: Ibu Haji, Asalamualaikum, Selamat Pagi.’ Gile, pinter ngomong kok ya frase pertama yang dipelajari itu ‘Ibu Haji’, ade-ade aje. Bapak penjaga Taman Burung sibuk mancing-mancing itu burung (burung kan bukan ikan, kok dipancing *garing*) untuk ngomong ‘Selamat siang’. Lah giliran betulan ngomong haduuuhh, kok serem amat. Soalnya itu burung ngomong ‘Selamat siang’ dengan nada ngebas banget, hohohoho…

Taman Burung itu terbagi dalam dua kubah: kubah burung khas Indonesia bagian barat dan burung khas Indonesia timur. Kita mulai di wilayah Indonesia barat dong.

Di dalam kubah itu, gw berasa kayak di film Jurassic Park gitu. Soalnya selain burung-burung ada di kandang, ada juga burung yang dilepas berkeliaran. Duh entah lah apa nama burung-burung itu, udah keburu lupa. Pokoknya semua disebut ‘bebek’ aja sama Pelangi, hihihi. Ada yang kecil, piyik-piyik gitu, ada juga yang rada gede. Kalo yang gede banget mah udah jelas ada di kandang. Ngeri amat kalo dilepas bekeliaran gitu.

Di tengah perjalanan, kita ngaso dulu. Pelangi dan Senja udah mulai haus, jadilah kita menyusui di tengah-tengah situ, ada kayak gazebo gitu. Hihi, lucu banget rasanya, nyusuin sambil diintipin burung merak!

Burung meraknya ada beberapa. Pas kita baru keluar dari gazebo, ada burung merak yang jalan ke arah pinggiran jalan setapak gitu, nyari posisi trus membentangkan ekornya. Wuiiiihhh, emang deh burung merak keren banget!
Nah tapi burung merak juga yang sempet bikin kita jiper. Kayaknya burung merah itu adalah yang tadi ngintip pas gw dan kakak gw lagi menyusui. Kita lagi jalan di jalan setapak, trus tiba-tiba dihadang sama burung merak, hohohoho. Gile, serem juga bo, secara itu burung merak rada tinggi gitu. Berasa kayak dihadang sama soang, hahaha. Kakak gw berhasil lolos dari hadangan si merak itu sambil melipir-melipir gitu. Giliran gw dan nyokap gw yang mau maju, eh itu soang, eh merak, kok kayak makin siaga gitu.. Kepalanya maju-maju kayak mau mematuk. Nyokap gw udah menyorong-nyorongkan payung untuk ngusir, tapi kok ya ngeri itu burung merak jadi marah. Akhirnya nyokap gw membuka payung dan menjadikannya sebagai tameng, hahaha. Horeeee.. akhirnya kita lolos dari hadangan burung merak, kekeikeieke..

Selesai di kubah burung Indonesia bagian barat, kita pindah ke bagian timur. Waaa lucu-lucu burungnya! Ada angsa hitam berparuh merah! Gile, gw baru tau ada angsa warnanya item. Gw langsung teringat cerita bebek buruk rupa dan bilang ke kakak gw,’Dia pasti dijauhi teman-temannya karena warnanya item.’. Lalu kakak gw nyaut,’Iya, dia pasti temennya kambing hitam.’ Hahahahaha.

Yang seru lagi dari kubah Indonesia timur adalah karena ada pelikan! Waaaa seru banget, itu ada tiga pelikan ngejogrog di pinggir danau gitu. Dan di danah itu berisi ikan mas gede-gede buanget, kayaknya buat makan si pelikan itu. Sayang si pelikannya lagi gak makan, kalo enggak kan pasti seru bisa liat pelikan makan ikan, hihi.

Abis rampung dari Taman Burung, kakak gw mengeluarkan ide berikutnya.

‘Kita ke museumnya Soeharto yuk!’ Keikeiekeiek, ya kita ke sana deh akhirnya, hihihihi.

1 comment:

Anonymous said...

abis babies day out ke taman burung, ke kebun binatang yuk!

gita