Saturday, August 16, 2008

Beli Bubur

Tadi pagi, iseng beli bubur yang dijual di deket mesjid. Ini adalah penjual bubur bayi, cabang dari penjual utama di Kayu Manis. Menurut cerita Iyut, yang di Kayumanis ini laris banget. Setiap pagi penuh ibu-ibu yang datang bersama si anak, membawa mangkok kosong buat wadah.

Nah karena cabang penjual bubur bayi Ibu Dias ini ada di deket rumah, boleh lah kita jajal. Kakak gw udah pernah jajal, beli makanan buat Pelangi. Tapi boleh dong sekarang kita jajal buat Senja.

Gw, Hil dan Senja keluar rumah jam 6 pagi. Masih nguantuk banget sih karena Senja memaksa kita semua untuk bangun jam 5 pagi, huhu. Jalan 5 menit, nyampe deh di tempat penjual bubur itu. Lumayan rame, rata-rata memang datang dengan membawa mangkok kosong, berikut si bayi untuk disuapin saat itu juga.

Gw longok spanduk yang ada di atas meja penjual, menu Sabtu adalah ayam halus, tempe dan kembang kol. Nah, sip tuh, Senja udah icipin semuanya dan terbukti lancar. Berarti mestinya aman. Apalagi di spanduk juga tertera: tanpa penyedap, tanpa pengawet.

Si Mbak penjual itu menyajikan dagangannya dalam dua panci gede. Satu panci isinya beras putih, satu panci lagi isinya beras merah. Tadinya pengen gw foto, tapi khawatir si Mbak keberatan, jadi ya batal deh. Dia nyendokinnya pake sendok sop gitu. Satu porsi, yaitu satu sendokan, harganya Rp 2000. Murah yak.

Ada yang beli bubur putih aja, ada yang dicampur bubur putih dan merah. Gw pilih yang campur saja. Sembari menunggu, ada orang yang sebelumnya juga beli. Pas orang itu selesai diambilin makanannya, si Mbak melihat bahwa ada gabah di dalam panci bubur beras putih. Dengan sigap si Mbak ngambil gabah itu.

Sigap?

Ntar dulu deh. Bukannya itu tangan tadi abis nerima dua lembar ribuan dari konsumen sebelumnya?

Haduh, biyo.

Kalo Hil protes dua hal dari si penjual itu. Pertama, karena si penjual itu pakai kantong plastik setengah kiloan gitu buat wadah, bagi konsumen yang gak bawa tempat makan. Kantong plastik itu kan belum tentu bersih. Kedua, karena panci dibiarin ngablak aja sambil si Mbak melayani satu per satu pelanggannya. Tapi kayaknya kan ribet juga ya kalo panci mesti dibuka tutup gitu kalo pelanggannya ngantri, ya gak?

Tapi ya itu tangannya itu lho. Abis megang duit mbok ya jangan nyemplung ke dalam panci bubur, huhuhu.

Setelah ngejajal bubur itu buat Senja, kayaknya sih besok-besok belum tentu beli. Kenapa? Karena kayaknya pake garam. Kan itu masih gw hindari.

No comments: