Wednesday, May 28, 2008

Senja Beranjak Dewasa

Akhirnya hari besar ini tiba juga. Sunat. Uhuy!

Dari informasi yang gw peroleh dari Kamar Operasi Carolus semalem, katanya minum terakhir itu jam 11. Gw berasa aman karena artinya Senja gak kelaperan banget dan tinggal nunggu 2 jam sebelum operasi. Itu mah cincay. Tapi kok informasi ini kiranya gak sejalan dengan informasi dari dokter bedah anak yang bilang mesti puasa 4-6 jam sebelum bedah demi mencegah muntah pas dikasih obat bius yak?

Demi menghapus rasa penasaran, gw telfon lagi OK pagi-pagi. Pak Sukarjo yang nerima telfon bilang kalo puasa mesti 5 jam. Nah lho. Sekarang jam berapa? Jam setengah sembilan! Jadi? Haduh, Pak, kalo minum terakhir jam 9 boleh gak? Boleh. Nah trus informasi yang bilang kalo bisa minum terakhir jam 11 tuh apaan dong? Rupanya asupan yang boleh sampai 2 jam terakhir itu air putih. Nah secara Senja masih ASI, ya itungannya makan berat. Jadi mesti 5 jam sebelum bedah dimulai. Huhuhu, dengan berat hati akhirnya jam 9 jadi sesi minum terakhir buat Senja di pagi hari.

Jam 10.30, kita berangkat dari rumah. Rombongannya adalah gw-Hil-Senja dan bokap. Sengaja berangkat lebih cepet buat antisipasi macet plus biar bisa makan siang dulu di kantin Carolus. Gak enak tentunya nungguin anak bayi dibedah sembari perut keroncongan. Mana OK-nya di lantai 4 pula, males dong kalo naik turun gitu.

Jam 11 lewat kita sampai di Carolus dan langsung menuju kantin. Gak berapa lama, nyokap bergabung, setelah izin pulang lebih cepet dari kantor. Senja masih anteng, dokem-dokem aja digendong sana sini, masih mau senyum pas diajak becanda.

Nah begitu udah jam 12, pas kita udah mulai nunggu di pelataran Kamar Bedah, mulai deh manyun. Diem yang lemes banget gitu. Senja bingung kali ya, kok jam segini gak kunjung dikasih makan juga. Apalagi trus gw mompa ASI di depan dia.

Begitu deket jam 1 siang, Senja mulai gelisah dan nangis. Waduh ini kok dokter Riana belum kunjung tiba ya? Gw masuk ke ruang administrasi dan menanyakan ke petugas di sana. Kata mereka,”Dokter Riana kalo terlambat gak lama kok.” Yah. Tapi kan ini bayiiiii... berapa lama lagi Senja disuruh merana puasa atuh euy.

Untungnya gak berapa lama setelah gw tanya ke petugas administrasi, dokter Riana dateng. Senja segera ditelanjangin dan diganti bajunya pakai baju buat operasi. Huibat. Tu anak gak ada nangis-nangisnya sama sekali. Malah sempet senyum sama si suster yang ngebukain bajunya. Aih dasar ganjen, hihihi.

Nyokap gw curang dah. Langsung aja mengajukan diri untuk hadir di dalam ruang operasi. “Saya neneknya dan saya dokter,” kata dia. Iiihhh curang. Dan bener aja, sama dokter Riana dikasih izin. Sebelumnya ditanya sama si suster,”Siapa tadi yang mau masuk? Yang medis boleh, non-medis gak boleh.” Yah kalo begitu mah eke wasalam aja huhu.

Ya su, akhirnya gw dan Hil menunggu di pelataran, sementara bokap nunggu di ruang tunggu. Lima belas – dua puluh menit nunggu, ah jalan-jalan deh ke deket pintu bertuliskan ‘Ruang Pulih’. Kebeneran ada pasien yang masuk ke situ, jadi kan pintunya agak terbuka sedikit.

Nah lho, kok kedengeran ada suara bayi nangis. Huhu. Apakah itu Senja? Gw segera panggil Hil untuk memastikan pendengaran gw gak salah. Baru aja kami berdua sampai di depan pintu, pintunya kebuka. “Orangtuanya Senja?”

Saya, saya!

Masuklah gw ke ruang pulih itu. Dan bener aja, Senja lagi nuanguis kuejuer. Bener-bener nangis yang gak pernah ditampilkan sebelumnya. Ini bener-bener nangis yang desibelnya tinggi, pwol sekuat tenaga dan lamaaaaaaa banget. Senja sendiri udah gak pakai baju operasi warna biru, tapi dibedong doang. Tubuh bagian atas dibedong, yang bagian bawah ditutup handuk putih dengan noda-noda merah darah. Huhuhuhu.

Pas masih dalam kondisi begitu, handuk penutupnya sempat tersingkap. Terlihatlah titit baru Senja di tengah nangisnya yang kuejuer itu. Hihihi, titit baru niye.

Tapi gw gak bisa ngeledekin Senja dengan titit barunya di usia 5 bulan kurang 2 hari ini. Soalnya nangisnya itu lho, mana tahan banget. Apalagi karena tititnya masih terluka basah gitu, Senja gak bisa digendong seperti biasanya, yang dalam posisi tegak gitu. Kalo posisi gitu kan tititnya kegencet. Jadilah gw mesti menggendong Senja seperti waktu dia bayi dulu (lah emang sekarang bukan bayi kali gitu?).

Setelah digendong-gendong, teteeeeepp aja nangisnya kenceng banget. Kata si suster, biasanya bayi 4-5 bulan yang disunat, setelah selesai bedah cukup nangis sebentar saja, dibedong, dipeluk, lalu tenang. Nah ini, mantep pisan nangisnya. Gw sampe ngeri sendiri.

Tapi ya apabolebuat. Senja digendong ke sana ke mari, diajak ngobrol, dicium-cium, teteeeeeeep aja nangis kejer. Huhuhu, diapain lagi dong? Mana gak boleh dikasih ASI pula. Katanya ntar tunggu sampai matanya melek, baru dikasih minum, karena takutnya tersedak dengan sisa-sisa obat bius yang ada. Huaduh. Ya sudah deh kalo gitu.

Untungnya gak berapa lama mata Senja terbuka. Kebuka sedikit, belum banyak. Itupun mukanya bete. Dan abis itu yaaaa Senja tetep nerusin nangis. Huaaaaaa. Beneran deh, suara nangisya bikin panik banget, secara selama ini Senja jarang nangis gituh. Udah gitu, lama banget pula. Hil udah bayar urusan sunat dan ngantri obat, teteup aja tu Senja masih nangis, huhuhu.

Kalo disodorin t*k*t buat minum pun, gak serta merta dia sambut. Kalo kata si suster, ini kombinasi antara teler akibat obat bius, haus setelah puasa lebih dari 5 jam, sama gak ada tenaga. Jadilah buat minum pun nyedotnya antara kuat dan enggak. Dokter anestesinya sampe ampir nambah obat lagi biar agak tenang. Untungnya Senja denger akan rencana itu sehingga dia lantas memutuskan untuk segera minum dan tenang, hihihi.

Abis itu, kita menuju rumah. Untunglah di jalan Senja anteng saja. Tidur dur dur dur sepanjang perjalanan. Gw colongan tidur juga dong, hihihi.
Sampe rumah, mulai deh nangis lagi. Sama kayak nangis yang Carolus, gak bisa ditenangin, kenceng dan lama banget. Si Ibu sampe gak tega ngedeketin karena kasian denger suara nangisnya. Abis itu buru-buru dikasih obat yang diresepin sama dokter Riana. Duh, masuk lagi deh antibiotik. Dikasi amoxicilin sirup dan paracetamol sirup. Yang parasetamol belum dikasih dulu karena petunjuk di botol tertulis: panas. Ya udah, ntar kalo panas aja baru dikasi.

Setelah itu, mulai agak anteng dikit. Mau senyum, mau diajak bercanda. Abis itu minum yang kenyang, trus bobo. Amin, akhirnya ini anak tenang juga, huhuhu.

Lumayan juga tidurnya, ada lah sejam gitu. Abis itu dia bangun, ketawa-ketawa dikit. Gw udah penasaran pengen mencabut cawat dari kasa yang melindungi tititnya. Pengen ngasi salep. Siapa tau itu membuat hati Senja lebih tenang. Tapi bow, itu kain kasa ketat melekat begitu sama tititnya Senja. Huwadaw. Pasti sakit pisan kalo dipaksain dibuka, huhuhu.

Pas tersibak dikit, haduh, kok menyonyoh gitu ya tititnya. Panik dong gw. Secara gw gak pernah liat titit abis disunat gitu lho, nah ini kok ada yang mblendung, trus ada noda darah, trus menyenyeh gitu. Haduuu apaan ini? Langsung aja gw panggil nyokap untuk ngeliat tititnya Senja. Kata nyokap, gapapa. Itu yang agak bengkak itu bekas jaitannya. Dikasih salep aja. Nah itu dia ngasi salepnya yang ngeri.

Trus nyokap bilang,”Itu Papah tadi pengen ngasi salep.” Gw langsung panggil bokap dong. “Ayo, kasih salep dong.” Eh bokap nyaut,”Mamah aja.” Laaaahh iki piye. Gw mah udah jelas ngeri, huhuhu.

Jadilah nyokap juga yang memulai. Bokap ngajak becanda untuk mengalihkan perhatian Senja, Hil ngipasin arah titit Senja dan gw nyenter titit Senja. Hihihi. Karena kain kasa masih melekat erat, jadilah salep dibalurin dari luar kain kasa. Mudah-mudahan ngaruh, hehe.


Sampai malam, pas Om Yono dan Tante Siska datang menjenguk, Senja baik-baik saja. Gembira ria, muka bahagia, udah mau ketawa dan becanda, dengan sejumlah manuver yang agak membahayakan tititnya tapi Senja gak nyadar. Tapi every now and then memang masih suka nangis, kayaknya kesakitan. Satu-satunya penghapus duka lara adalah nyumpel dengan ASI, sepuas dia mau.

Tidur yang nyenyak ya malam ini.

No comments: