Sunday, May 25, 2008

Pilihan Sulit (dan Mahal)

Sejak gw tau kalo disuruh ke Malaysia, hal pertama yang terlintas di kepala gw adalah Senja. Bisa gak ya? Bisa, selama kita cermat melihat berbagai kemungkinan yang ada.

Kata kakak gw, kenapa gak nyuruh orang lain aja yang ke Malaysia? Buat gw, ke Malaysia adalah tantangan pekerjaan baru. Kenapa gw yang disuruh ke sana? Karena workshopnya adalah soal portal dan gw akan diserahi tanggungjawab baru kelak di urusan portal. Jadi, ya ini salah satu jalan setapak menuju ke masa depan lah. Sebener-benernya, sama sekali gak pernah terlintas di kepala gw untuk ’ah biar orang lain aja deh yang pergi’. Gak pernah terlintas aja.

Dari hasil ngobrol sama Hil, mau gak mau urusan Senja harus didahulukan. Formula? Duh jangan deh. Niat udah setinggi langit gini untuk ASI eksklusif masa dipatahkan begitu saja di usia 5,5 bulan? Sayang ah. Gak rela. Apalagi kalo ASI gw masih ada setelah 6 bulan, tentu saja akan gw teruskan lagi. Jadi, pilihan formula harus dicoret dengan garis tebal.

Pilihan lain adalah nyetok ASI. Tadinya ini adalah pilihan utama gw. Gw tinggal kerja keras aja meres tanpa henti demi nyetok ASI. Tapi coba dipikir-pikir. Gw pergi itu tanggal 10 sampai 14 Juni. Itu adalah 5 hari. Kalo dalam sehari Senja minum 8-10 kali, maka gw mesti menyediakan 40-50 porsi minum. Ahay.

Sekarang, entah mengapa, suplai ASI gw lagi meniris. Setelah gw sakit beberapa hari lalu, setelah gw males bangun tengah malam buat meres, stok ASI buat pekan ini aja mepet banget. Hari ini turun 5 porsi dari freezer, tebak tinggal berapa stok ASI di freezer sekarang. S a t u. Huhuhu. Tapi gimana dong? Gw maksain meres ASI kalo gak keluar ya gak keluar aja. Yang biasanya bisa mencapai 100ml dalam satu sesi mompa, sekarang bisa 2-3 kali sesi, baru nyampe target.

Dengan kondisi seperti itu, gw tentu saja pesimistis target 40-50 botol bakal tercapai. Apalagi waktunya tinggal 2 minggu. Buat sehari-hari aja tiris, apalagi buat stok 40-50 botol? Dwoh.

Pilihan lain adalah ngeposin ASI. Inspirasinya tentu saja si pilot Amrik itu. Dia ngirim ASI lewat DHL buat anaknya. Gw langsung ngecek situs DHL yang di Malaysia demi menjajaki kemungkinan ini. Ternyata gak ada DHL di Petaling Jaya, lokasi workshop gw. Adanya di Kuala Lumpur. Deket sih antara PJ dan KL, tapi tetep aja butuh waktu untuk ke sana. Siapa yang bisa gw orderin untuk ngeposin ASI ke KL? Kalaupun pilihan itu diambil, maka gw per dua hari harus ke DHL untuk ngeposin ASI. Soalnya kan di hotel pasti cuma ada kulkas biasa, sementara daya tahan ASI di kulkas biasa itu 2-3 hari. Dua hari malah buat ASI gw, karena waktu itu pernah ngicip ASI yang tiga hari di kulkas, udah gak enak rasanya.

Lalu nyokap gw muncul dengan ide brilian: gimana kalo Senja ikut aja?

Weih. Ini gak pernah terlintas juga sebelumnya, karena gw merasa ini pilihan yang teramat mewah. Muewuah buanget. Gila aja. Kalo Senja ikut kan berarti ada 1 orang dewasa lagi yang ikut. Nyokap gw menawarkan diri. Tapi mengingat Senja semakin berat dan makin ugal-ugalan kalo main, kasian nyokap gw kalo mesti nemenin seharian. Satu orang dewasa terbaik untuk pergi mendampingi Senja adalah Hil.

Tapi wuih, bayangkan betapa mahalnya boyongan membawa Hil dan Senja. Penerbangan, fiskal, akomodasi, makan, dll. Wuih. Belum lagi urusan bikin paspor. Gimana pula dengan paspor buat bayi? Huawduh.

Lihat, pilihan yang ada semuanya sulit. Dan mahal. Ngeposin ASI lewat DHL, pasti mahal. Boyongan Senja dan Hil, juga pasti mahal. Apa Senja aja yang di-pos-in? Huehuehue.

Jadilah di hari Minggu, setelah perbincangan panjang, gw dan Hil bersepakat.

Ke Malaysia kita kan pergi. Sungguh bukan buat liburan, walaupun gw membayangkan betapa Hil akan gembira ria berdekatan dengan logat Melayu. Tapi ini gak bakalan jadi liburan.

Buat Senja, apaaaa siiihh yang engggaaakkk?

1 comment:

Anonymous said...

cit, baiknya elu bedain deh antara workshop dan ilmu.

yang elu butuh kan ilmunya ngurus portal toh? kalo ilmu itu sih kan bisa didapat dari banyak cara, dari berbagai penjuru mata angin.

artinya... ngga perlu dong menghadiri workshop di malaysia.

oke, bener, emang beda hasil menggoogle dengan workshop. tapi tetap masih ada alternatif lain.

coba aja elu minta kontak si fasilitator atau narasumber workshop itu ke panitia. nanti elu kontak langsung sama si empunya ilmu workshop. jelasin aja kondisi elu, gue rasa orang itu pasti mau mengerti.

bisa kan? dengan begini, elu ngga cuma dapet ilmu, tetapi malah bisa membangun hubungan langsung ke narasumber.

satu hal lagi, ini sih berdasarkan pengalaman gue ya. ga semua workshop berguna, sumpah deh. kadang-kadang topik itu ternyata bisa kok kita pelajari sendiri.

bisa jadi lho jangan-jangan untuk topik per-portal-an udah ada bukunya bahkan udah ada narasumbernya di indonesia juga. udah pernah digoogle belum? kalo bener kan ngga perlu pergi.

yah, bedanya, workshop biasanya dikasih sertifikat. tetapi yang elu kejar bukan sertifikat kan?

memang, perlu waktu dan kegigihan tersendiri untuk belajar otodidak, ngga sepraktis workshop.

tapi mendingan mana, mencurahkan waktu untuk workshop tetapi senja pun terpaksa diganjal formula atau mencurahkan waktu agar senja lulus asi eksklusif 6 bulan?

dicoba aja seminggu ini. kalo ngga ngejar ya sudah, mau apa?

tak ada akar rotan pun jadi, tak ada asi, formula pun jadi. nanti kalo udah pulang, relaktasi aja lagi, kan bisa.

gue sih 100 persen mendukung asi ya, tapi kan setiap orang menghadapi kondisi dan tantangan yang berbeda-beda ya.

kondisi gue ngga sama dengan elu. kondisi si dokter pejuang asi juga ngga sama dengan elu dan gue. jadi ya harus fleksibel deh.

soal formula, mikirnya begini aja. elu itu kan de facto adalah bayi formula, bukan asi seperti gue. nah, elu kan baik-baik aja, gue juga. ngga ada problem kesehatan yang aneh-aneh toh? gue pun begitu.

nah, bukan ngga mungkin senja pun sehat-sehat saja kalau diberi formula.

plus, kan namanya juga diganjal, kondisi darurat, jadi temporer doang kan sifatnya, ngga permanen. begitu pulang, kembali ke asi.

yang bakal "ngga sehat" dari ganjalan formula ini sih, hehehe, kantong orang tuanya, soalnya susu formula mahal, haha. harganya gue ngga tau persis, tetapi elu tentu bisa ngecek sendiri ke temen-temen.

tapi sekali lagi, ini kan temporer.

cit, gimana kalo elu tagihkan aja biaya susu formula ini ke bos elu, kan dia yang mengusulkan agar senja independen toh.

nah, tanggung jawab deh, ini dia biaya pendidikan independen, silahkaaaaan. hahaha...

lagian ajaib, idih bayi 4 bulan kok disuruh independen, cape deh... itu mah asbuuunnnn...

di sisi lain, kalo workshop itu memang sangat penting demi kemajuan karir elu di masa mendatang, ya artinya pilihan itu baik juga untuk senja kan?

kan kalo karir elu bagus, potensi senja bisa berkembang kan?

tetapi satu hal lagi, apakah kemajuan karir elu di masa mendatang ditentukan satu-satunya dengan menghadiri workshop itu?

bagaimana dengan performa kerja elu yang lain, yang gue yakin pasti top-rated?

pertanyaan lain lagi, yang juga mendasar, apakah mengurus portal menjadi satu-satunya jenjang karir yang bisa elu ambil kelak?

emangnya ngga ada peluang-peluang lain yang tersedia? apakah mengurus portal jadi satu-satunya pilihan?

plus, kalo itungannya karir ya, lhaaaa, masa sih udah jauh-jauh ambil master 1 tahun ke inggris pake beasiswa super duper kompetitif, yang dijadikan andalan meniti karir kok justru workshop yang cuma beberapa hari di malaysia?

coba deh, ijasah master di inggris dibandingkan dengan sertifikat workshop di malaysia... bobotnya lebih berat mana coba?

siapa aja bisa ikutan workshop. tapi ngga sembarang orang bisa dapet chevening kan?

plus, coba lagi lihat lebih teliti ke temen-temen elu. mungkin ada yang langganan ikut seminar ini atau workshop itu. bagaimana performanya? bagaimana dedikasinya terhadap pekerjaan?

apakah ikutan seminar dan workshop itu benar-benar menentukan kinerja seseorang?

ibaratnya begini, kita ambil contoh ya. benarkah ikut workshop manajemen membuat seseorang bisa jadi manajer yang bagus? hmmmm... ngga pasti kan...

jadi pengaruh workshop ke performa kerja sehari-hari kan yaaah kadang-kadang bisa ngaruh, bisa juga enggak toh.

selamat menghitung-hitung deh. pasti bisa dong menghitung dengan tepat, semua kan demi senja lhoooo...

gita