Thursday, May 15, 2008

Menabung Demi Imunisasi IPD

Ketika Selasa kemarin ke dokter, Dokter Eveline tanya apakah gw tau soal imunisasi IPD. Gw langsung jawab,'Oh yang mahal itu yah?' Kalo gak salah gw pernah menemukan di google kalo harga imunisasi IPD itu 1,5 juta, sementara menurut informasi kakak gw, harganya sekitar 850 ribu. Mahal toooo...

Nah, karena harga imunisasinya mahal, kakak gw sampe bela-belain ikut seminar itu di RS Bintaro, demi mendapat informasi lebih lengkap. Hasilnya begini. Penyakit itu ada di Indonesia, jadi ya wajar aja kalo imunisasinya dianjurkan. Imunisasi itu masuk kategori 'dianjurkan' dan bukan 'wajib' karena harganya mahal. Kalo diwajibkan kan berarti pemerintah harus membeli itu dan pemerintah gak punya duit. Kalo tanya ke dokter Dahlan Ali Musa di RS YPK Pondok Bambu, dia pasti akan bilang,"Yang harus mewajibkan ya orangtuanya."

Penyakit IPD itu gejalanya kayak demam biasa, cerita kakak gw. Tapi, dua hari kemudian, tu anak bisa koit. Mokat. Meninggal. Idih bo serem amat. Kakak gw bilang, pas seminar di RS Bintaro itu, pake diputer segala video tentang mereka yang kena penyakit IPD. Paling minim, anak yang kena IPD bakal mengalami cerebral palsy. Paling maksimal ya itu, koit. Wadaw serem amat.

Pas gw bertanya sama Eci soal ini, dia cerita kalo seputar IPD ini memang banyak dugaan kuat bisnis terkait di situ. Soalnya setiap kali ada seminar soal IPD, maka pasti ada produsen vaksinasinya ikutan di situ. Jadi kental gitu nuansa bisnisnya. Kakak gw bilang, ternyata emang begitu juga yang ada di RS Bintaro. Produsennya, Wyeth, ada di situ ikutan ngisi seminar juga.

Trus katanya Eci juga, kalo gak salah tuh kekebalan yang ditawarkan imunisasi IPD beda dengan virus yang bertebaran di Indonesia. Kakak gw bilang iya. Jadi, penelitian yang pernah ada untuk menguji IPD ya dengan menggunakan virus yang ada di Amrik. Mestinya sih beda antara virus di Amrik dengan di Indonesia. Tapi IPD itu belum diuji dengan virus-virus di Indonesia karena penelitiannya mahal banget. Tapiiii, di dalam IPD ada penangkal bagi tujuh virus penyebab IPD yang paling ganas yang ada di jagad raya. Jadi ceritanya sih, mudah-mudahan bisa menangkal virus yang ada di Indonesia.

Alhasil, langkah satu-satunya yang mesti dilakukan adalah me-na-bung. Duit mesti dicari demi bisa membeli vaksin ini. Apalagi vaksinnya mesti dikasih 2-3 kali, huhuhuhu biyooooo.... Mahal deeeeiii....

No comments: