Saturday, May 17, 2008

Phimosis?

Hari ini, gw dua kali menemukan ada bercak agak merah gitu di pampersnya Senja. Tadi jam 6 pagi dan sekitar jam 12 siang. Wuih, panik dong. Soalnya ini berarti kali ketiga. Sebelumnya juga udah, yaitu kemarin malam.

Sebeluuuumnya lagi, pernah juga ada bercak kayak gitu di pampersnya Senja. Tapi lebih kecil, dan berlangsungnya gak lama. Jadi gw pikir yang dulu itu ya udah aja. Bingung juga gimana ngasitau dokternya, karena kan ya pampersnya sebagai alat bukti udah dibuang ke tempat sampah.

Pas terakhir ke dokter, Hil sempet ngusul untuk ngasitau itu ke dokter. Tapi pada akhirnya terlupakan begitu saja untuk nanya ke dokter Eveline. Mungkin karena, ya itu, bingung gimana menunjukkan buktinya. Padahal kan ya gak mugkin juga sih ya dimintain bukti, hehe.

Setelah ngegoogle, gw menemukan bahwa itu mungkin yang namanya phimosis. Gw baru tau namanya phimosis, tapi udah tau soal 'gangguan pada jalan pipis' itu sejak awal. Katanya kan kalo gak bersih ngerawat t*t*tnya Senja, kotorannya akan ngumpul. Nah kalo tersumbat kotoran, pipisnya jadi susah dong. Jadi ngeden dan kesakitan, trus mungkin akibat dari situ trus berdarah. Cara mengatasinya adalah sunat.

Sebener-benernya, dari awal gw dan Hil sempet kepikiran nyunat Senja begitu lahir. Gak ada ruginya juga. Apalagi kalo ada kekhawatiran bersihin t*t*tnya gak bener, bisa infeksi dan lainnya, mungkin baiknya langsung sunat aja. Toh pada akhirnya Senja akan sunat juga. Menunda nanti atau pas baru lahir mestinya gak soal.

Tapi nyokap gw bilang,"Kan kasian, ntar gak dipestain... Ntar gak dapet angpaw..."

Haiiyaaahh... Tapi iya juga ya, hihihi. Karena itu akhirnya opsi sunat terlupakan secara teknis aja. Lupa nanyain ke Carolus soal prosedur dan harga. Teringat lagi ya sekarang ini, karena tiba-tiba ada merah di pampers Senja.

Ntar ke dokter ah.

No comments: