Tuesday, May 27, 2008

Persiapan

Ternyata banyak yang mesti disiapin menuju Malaysia. Lah iya lah. Apalagi ini tinggal 2 mingguan lagi menjelang keberangkatan gw ke sana.

Gw segera mengontak panitia, menjajaki kemungkinan bawa Senja dan Hil ke sana. Panitia oke. Mereka malah nawarin pindah hotel, supaya bisa pesen double bed atau king sized bed. Waduh, jangan pindah hotel dong. Soalnya kan jadi repot kalo Senja-Hil di Armada Hotel sementara gw workshop di Shah Village Hotel. Apalagi kalo menilik peta Petaling Jaya, kedua hotel itu seberangan. Mending kalo seberangan jalan kecil. Nah jalan yang membentang itu judulnya Federal Highway. Gak mungkin dong nyebrang seenak udelnya di situ… Jadilah gw rikues untuk tetep di hotel yang sama, pakai extra bed saja kalau perlu. Panitia bilang, oke diusahakan. Fiuh.

Hil segera juga meluncur ke Kantor Imigrasi Jakarta Timur. Ambil formulir dan tanya-tanya soal paspor bayi. Dari hasil google gw sih bayi nebeng paspor sama orangtuanya, karena kalo bayi punya paspor sendiri jadinya rawan perdagangan bayi. Nah ternyata aturannya udah berubah. Karena sekarang udah paspor biometrik, jadinya si bayi pake paspor sendiri. Padahal apa hubungannya yak? Auk deh. Sialnya, kata petugas imigrasi, bayi tetap dikenakan fiskal? Wffaattt?? Anjrot. Sejuta tuh. Monyong. Padahal kata website Pajak, anak usia di bawah 12 tahun tidak dikenakan pajak. Duh, gimana ngecek aturan mana yang sebener-benernya berlaku ya? Huhuhu.

Setelah ambil formulir paspor, Hil langsung meluncur ke Kayumanis untuk ngambil dokumen-dokumen dia. Kan butuh yang asli juga tuh kalo mau bikin paspor. Pas baca-baca kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk bikin paspor, baru deh baca kalo ada Kartu Keluarga. Gw dan Hil udah bikin, tapi belum ada nama Senja di sana. Huaawwayyaahh. Langsung deh tadi pagi gw siap-siapin keperluan untuk bikin pengantar ke RT dan RW, lalu rikues Beni untuk ngurus KK ke Kantor Kelurahan. Mudah-mudahan bisa kelar cepet.

Yang bikin deg-degan sekarang adalah keberadaan KTP Hil. Ada, Hil ada KTP. Tapi KTPnya lagi dipake buat bikin STNK baru. Lho, kok STNK baru? Jadi gini. Tanggal 25 Mei kemarin itu jatuh tempo pajak kendaraan bermotor. Nah pas ngurus, baru deh terungkap kalo data-data Hil beda semua. KTP Pondok Bambu, STNK Kayumanis. Jadilah mesti diubah. Dan demi mengubah itu, butuh KTP. Jadilah KTP ditahan dulu. Sementara untuk bikin paspor, harus pake KTP, gak bisa disubstitusi dengan SIM, misalnya. Dwooh, ade-ade aja nih, bikin degdegan ajeh. Mudah-mudahan KTP bisa segera di tangan kembali.

Lalu, apalagi? Tiket yang jelas. Dua pilihan paling murah adalah Air Asia dan Lion Air. Dua-duanya LCC alias low cost carrier. Artinya, jangan harap dapet makanan enak. Mendingan bawa bekal aja. Itu sih cincay. Kalo Air Asia, untuk 2 dewasa dan 1 bayi, tiket return habis sekitar Rp 2.8 juta. Sementara kalo pakai Lion Air, total Rp 3.2 juta. Jangan lupa, semua masih harus ditambah fiskal. Mudah-mudahan gosip kalo bayi juga ikutan bayar fiskal itu bohong semata, amin.

Kepincut pertama tentu saja Air Asia. Lebih murah gituh lhow. Tapi, banyak sekali keluhan yang ada dari penumpang-penumpang Air Asia. Banyak juga keluhan untuk rute Jkt-KL. Wuaduh. Mana keluhannya tuh kebanyakan perubahan jadwal tanpa pemberitahuan yang memadai. Kan gaswat tuh. Apalagi gw dan Hil akan bawa Senja. Secara dia bayi gitu lho, kan kasian kalo mesti berlama-lama di tempat asing yang ramai pula. Huhuhu sayangkuuuu...

Huhuhu, rasanya gentar setiap kali mikirin soal duit. Tapi di sisi lain, gak rela banget kalo segala perjuangan ASI itu harus dipatahkan begitu saja dengan formula, justru di detik-detik akhir masa ’lulus’ ASI.

Jadi, gentar apa gigih nih?

No comments: