Tuesday, May 27, 2008

Ahoy, Besok Hari Besar

Kemarin, gw dan Hil kembali membawa Senja ke dokter Eveline. Setelah pekan lalu dinyatakan belum siap sunat lantaran SGOT SGPT-nya masih di atas normal, maka pekan ini mesti ngecek lagi dong. Dan ini artinya untuk keempat kalinya dalam bulan Mei ini, Senja akan disuntik, huhuhu.

Hil dan Senja berangkat duluan dari rumah, sementara gw langsung dari kantor menuju Carolus. Gak enak kalo keseringan cabut duluan dari kantor untuk urusan Senja. Jadi gw mepet-mepet jam pulang, biar gak gimana banget gituh, walau sebenernya mungkin gapapa.

Pas gw nyampe Carolus, Senja udah kelar ambil darah. Kata Hil, nangisnya cuma sedikit. Soalnya si penyuntik gak berhasil ngambil darah dalam satu kali kesempatan. Sekali cubles, eh gak keluar, jadi mesti ganti lokasi. Oalah, huuuu payah.

Setelah nunggu kurang lebih 45 menit, hasilnya keluar juga. SGOT masih sedikit tinggi, tapi SGPT sudah normal. APTT sudah masuk kategori normal juga, walaupun mepet sama batas atasnya (batas atas 40, angka APTT Senja 39.8). Ok, tinggal tunggu apa kata dokter Eveline.

Di ruang tunggu dokter, kita nunggunya agak lama. Ini akibat gw yang underestimate dr Eveline. Biasanya kalo Hil yang daftar, kita dapet giliran awal, seringkali nomor 1. Tapi berhubung dr Eveline sering telat, jadi gw menunda-nunda terus daftarnya. Pikir gw, ah kalo daftarnya telat, gapapa deh, kan dr Eveline juga sering telat, sekalian ngasi rentang agak panjang dari ambil darah gitu. Eh bener aja. Karena gw tunda-tunda terus, jadinya kita dapet giliran nomor 13, huhuhu, mbahlul.

Setelah akhirnya kita ketemu dokter Eveline, dia bilang, oke Senja boleh sunat. Horeeee! Kata dia, hasil lab memang masih menunjukkan SGOT yang agak tinggi, tapi udah gak setinggi pekan lalu. Trus, secara klinis, Senja terlihat sehat. Gak demam juga. Jadi, rasanya siap saja untuk disunat.

Abis itu, dr Eveline bikinin surat pengantar buat OK alias Kamar Operasi. Kata nyokap, OK itu sebenernya berasal dari bahasa Belanda, artinya ya emang bener Kamar Operasi. Tapi keterusan aja pake istilah OK. Nah, kembali ke dr Eveline. Setelah dia ribet-ribet sendiri sama susternya soal cara bikin surat pengantar, akhirnya surat pengantar itu jadi juga. Surat itu untuk dibawa ke OK, lalu orang OK yang akan hubungi dokter Riana Tamba selaku dokter bedah anak.

Sip. Setelah urusan dr Eveline beres, kita bertiga ke OK. Letaknya di lantai 4, di gedung yang dalem, yang barengan sama kantin. Naik ke atas, lho kok sepi. Lho kok pintunya kekunci? Hadoooh, udah pulang deh.

Jadilah gw tadi pagi-pagi banget mampir ke Carolus untuk daftar jadwal bedah sunat buat Senja. Ketemu Ibu Erna, ditulis di agenda OK untuk operasi bedah phimosis. Gw pengennya sih jam 7 pagi, karena kan Senja harus puasa 4-6 jam. Ternyata dr Riana bisanya baru jam 13, huhuhu siang amiirrrr... Tapi ya mau gimana. Nunda sehari lagi buat sunat? Duh kasian Senja ah.

Kata si Ibu Erna, biayanya sekitar 2.8 juta, bisa kurang karena Senja masih bayi. Rincian biayanya kurang lebih gini: dr bedah anak 1.2juta, dr anastesi 400 ribu, OK dan obat-obatan 1.2juta. Trus ntar sorean gw akan dihubungi sama OK soal rincian persiapan. Siffff.

Sore-sorean, karena gw gak ditelfon-telfon sama orang OK, akhirnya gw yang duluan nelfon. Huuuuu. Kata si orang OK, entah siapa namanya, Senja terakhir dikasih minum jam 11. Bener nih? Wah asik dong gak terlalu jauh sama waktu bedah. Terakhir minum jam segitu, minum sepuasnya. Setelah itu, stop. Kita harus tiba di ruang bedah itu jam 12.30. Nanti bisa ketemu dulu sama dokter-dokternya, termasuk dr Suharjo (eh atau Sukarjo ya?) selaku dokter anestesi. Gak ada persiapan lain yang perlu dilakukan. Yang jelas, pasca bedah, jangan pake pampers dulu, supaya tititnya gak basah kena pipis. Pake popok saja. Wah, kembali ke zaman rikiplik dong si Senja, hihihihi.

Besok hari besar nih buat Senja. Senja beranjak remaja. Keikeiekeikei.

No comments: