Saturday, May 17, 2008

Infeksi Titit

Tadi akhirnya kita jadi ke dokter. Berhubung dokter Eveline gak praktik di hari Sabtu, jadilah kita melirik lagi ke RS Yadika. Karena udah pernah sama dokter Dahlan Ali Musa, ya udah kita sama dia lagi deh. Lagipula, pas terakhir kali kita ketemu dokter Dahlan, rasanya sih orangnya asik-asik aja. Cukup informatif gituh.


Begitu masuk ruang periksa, gw langsung menjelaskan duduk perkara. Ada bercak merah di pampers Senja. Gw sampe nawarin ke dokternya untuk ngeliat pampers bekasnya Senja, hihihi. Gw menyebut kata 'phimosis' ke si dokter, biar dia tau aja kalo gw udah nge-google sedikit soal ini. Abis itu, titit Senja langsung diliat. Setelah ditelaah dengan bantuan senter, dokter Dahlan bilang kalo titit Senja infeksi. Ini terlihat dari ada urat warna merah di bagian batang tititnya itu. Infeksi itu berasal dari gesekan, kotoran, lalu meradang, lalu akhirnya infeksi deh. Huhuhu kasian kamu nak.

Kata dokter Dahlan, dia akan ngasih resep obat minum dan obat salep. Lalu gw tanya, kalo disunat aja? Dia jawab, 'Nah kalo itu penyelesaian yang paling tuntas.' Wah ya kalo gitu mah kita langsung sunat aja deh. Lagian, kata dokter Dahlan, kalo pake obat salep dan obat minum, bisa aja infeksinya kambuh kembali. Males dong mesti berhadapan dengan ini lagi.

Lalu gw tanya soal phimosis, itu sebenernya apaan sih? Jadi gini. Kalo infeksi Senja tidak ditangani segera, bisa jadi phimosis tuh. Karena infeksi, pipisnya keluarnya susah dari lubang yang tersedia. Nah lama-lama ujung tititnya itu menggelembung seperti balon, dan isinya adalah pipis. Idih, ngebayanginnya aja males. Anak bayi, tititnya ngegelembung, trus isinya pipis? Dwoh.

Gw tanya lagi sama dokter Dahlan, kalo sunat bayi gitu tuh, sama siapa sih sebenernya? Kata dia, sama dokter bedah anak. Dia menyebut nama dokter Suharyo, sebagai nama teman sejawatnya yang bisa nanganin sunat buat bayi.

Hokeh. Berarti tiba saatnya untuk browsing soal sunat bayi.

Haiyaaahh anak bayi aja kok disunat, hihihi... Eh ntar boleh foto-foto gak ya pas Senja disunat? Huhuhu pasti gak boleh dehh..

No comments: