Thursday, May 29, 2008

Percobaan Terakhir

Tadi pagi-pagi banget Hil berangkat ke Kantor Imigrasi Jakarta Timur. Tujuannya, hendak membuat paspor buat dia sendiri dan buat Senja. Dari jam 07.30, Hil dah nyampe sana. Jam 8, loket belum buka. Jam 08.30, belum buka juga. Sekitar jam 9, Hil ngasih kabar kalo udah di antrian, di bagian awal. Amin. Mudah-mudahan berhasil. Gak berapa lama, Hil nelfon.

"Nggak bisa. Nama Senja harus ada di dalam KK."

Mati lu. Haduh, diusahain dulu ke Kelurahan, untuk mempercepat pemutakhiran data KK, bisa gak? Oke, Hil menuju ke sana. Huhu kasian, dia belum sarapan.

Jam 10 ada kabar. "Nggak bisa. Pemutakhiran data gak hanya di Kelurahan, tapi KK dioper ke Dukcapil. Dan prosesnya emang sebulan, bahkan bisa lebih. Ngantri."

Dwoh. Trus jadi gimana dong rencana ke Malaysia kalo Senja gak bisa bikin paspor? Secara dia yang paling penting gitu lhow. Gagal?

Ah gak boleh mudah menyerah. Ngobrol sama nyokap, disarankan untuk coba ke biro perjalanan. Mereka kan biasanya nyediain jasa bikin paspor tuh. Gw nelfon ke Bayu Buana Tour, kalo gak salah inget. Bisa bikin paspor bayi, biaya Rp 750 ribu (padahal kalo bikin sendiri cuma Rp 270 ribu), biaya foto Rp 75 ribu, ortu bayi harus mendampingi ketika proses cap jempol, kalo salah satu gak bisa harus bikin surat pernyataan. Lalu si mbak nyebutin syarat dokumen yang diperlukan. "Untuk KK harus sudah ada nama si anak. Kalo enggak, gak bisa."

Hayyyaaaaaa...

Putar otak putar otak putar otak putar otak.

Oke, besok kita ketemu bos gw. Menjabarkan segala perjuangan gw demi Malaysia, berupa pilihan yang sulit dan mahal, tapi bersedia gw ambil demi ASI buat Senja. Alternatif yang gw ajukan ada 2: kantor bikin surat sakti buat pengantar Hil bikin paspor (tapi mestinya rada aneh, lah wong pengantar dari kantor kok yang ikutan bikin paspor ada anak umur 5 bulan, hehe), atau ya mengajukan alternatif orang lain sebagai pengganti gw ke Malaysia.

Ke Malaysia-nya sih nomor sekian. Yang penting ASI buat Senja.

No comments: