Saturday, May 10, 2008

Ambil Darah Tanpa Tangis



Agenda kita ke RS Bunda sebener-benernya adalah ke Prodia, untuk ambil darah. Buat periksa Hepatitis B dan cek golongan darah Senja.

Menurut informasi sebelumnya dari kakak gw, Prodia di RS Bunda itu pengalaman ambil darah bayi. Dia pernah nyoba ke Prodia lain, di daerah Bintaro, nyerah ketika diminta ambil darah Pelangi. Ya sudah, daripada pusing-pusing, toh RS Bunda deket pula, jadilah gw dan Hil membawa Senja langsung ke RS Bunda.

Ketika kita nyampe di RS Bunda, Senja dalam keadaan tidur. Tapi gak lama bangun, karena di RS itu lumayan berisik juga. Tunggu punya tunggu, akhirnya tiba juga giliran Senja. Gw pegang kamera, Hil gendong Senja.

Kita disuruh masuk ke ruangan tempat ambil darah. Biasa, berupa tempat duduk aja gitu. Hil yang cemas, takut Senja nangis. Gw kok ya cuek aja gitu. Kalo nangis ya gapapa, ntar tinggal ditenangin aja. Atau dikasih minum, senjata andelan gw. Dua mbak-mbak yang akan ngambil darah Senja pun masuk ke ruangan. Karena Senja bangun, dia lincah dong gerak-gerak ke sana ke mari. Jadilah si Mbak bilang, pindah aja ke ruang menyusui. Senja akan diambil darahnya dalam posisi telentang.

Okeh, kita pindah. Ruangan menyusuinya gak jauh. Senja langsung ditidurin telentang di sana. Senja anteng banget nget nget nget. Senja cuma ngeliatin mbak-mbaknya, sementara Hil megangin kaki Senja dengan wajah was-was. Gw, sekali lagi, tenang aja. Lebih sibuk mikirin angle foto yang asik, biar Senja tetep keliatan ganteng. Kalo pun nangis, ya tetep dong mesti diambil fotonya dari angle yang tepat, hihihi.

Ada dua Mbak yang bertugas ambil darah Senja. Satu sibuk ngajak omong, satu lagi mulai ngeluarin peranti untuk ambil darah. Cussss, jarum pun disuntikkan ke lengan kanan Senja. Ya udah gitu aja. Senja diem aja. Dia lebih sibuk ngeliatin si Mbak yang ngomong terus sama dia. Mbaknya sampe bingung, wah ini kok anteng banget. Bener-bener gak ada nangisnya sama sekali. Beda banget sama anak kecil yang gilirannya sebelum Senja, nangis kejer kayak mau dimutilasi. Abis kelar diambil darah pun, Senja tetep aja anteng menatap si Mbak. Udah kelar, dikasih plester, eh malah senyum. Halah halah...

Huibat pisan Senja ini. Selesai ambil darah, gw langsung kasih minum dong sebagai 'hadiah', hihihi. Sembari menyusui, gw SMS nyokap nyeritain kalo Senja gak nangis sama sekali.

Nyokap gw bales SMS gini: Kayak ibunnya. Padahal dikira cengeng he2x.

Tadinya gw gak mudeng, tapi beberapa detik kemudian gw baru nyandak. Dulu tuh nyokap gw pernah nulis di Ayahbunda soal gw dan kakak gw yang Thalasemia minor, genetik dari bokap-nyokap. Di tulisan itu, dia cerita kalo pas kakak gw diambil darah, kakak gw nangis kejer. Nah dia khawatir juga kalo gw bakalan nangis, karena dikira cengeng.

Daaannn ternyata, pas giliran gw bener-bener diambil darahnya, gw sama sekali gak nangis. Gw udah protes sejak lama ke nyokap. Mestinya dia nulis lanjutan cerita Thalasemia itu di Ayahbunda lagi. Di sana harusnya ada keterangan kalo gw pas diambil darahnya gak nangis, demi mengklarifikasi dugaan nyokap gw bahwa gw pasti akan nangis. Gile, masa gw udah tercemari nama baiknya sejak dini, hihihi.

Setelah gw nyandak, baru saat itu juga gw ngeh. Dasar dogol. Kenapa juga gw gak sekalian ngecek Thalasemia-nya Senja ya? Iya sih, Hil gak Thalasemia, jadi mestinya Senja gak kena. Tapi kan bisa aja ngecek ya, mumpung lagi ambil darah. Aiiihh dasar dudunggg...

No comments: