Tuesday, May 13, 2008

Ke Dokter

Setelah sebulan absen, akhirnya kita bertiga ke Carolus lagi. Agenda kali ini adalah konsultasi hasil periksa darah sekaligus imunisasi DPT dan Hib yang kedua, plus Polio yang ke-4.

BB Senja di Carolus 6.5kg, seperti biasa selisih 200 gram sama timbangan di rumah. Panjangnya 65 senti sekarang, wuih hebring. Makin panjang aja tu anak. Lingkar kepalanya juga naik, tapi gw lupa angkanya berapa. Secara umum, kata dokter Eveline, kesehatan Senja oke. BB-nya naik cukup, gak kegendutan, tapi cukup saja, sesuai target. Kata dia, anak umur 3-6 bulan kenaikan BB-nya memang akan makin sulit, ditargetkan 500-600 gram sebulan. Makin sulit naik BB karena makin banyak aktivitas.

Pas jelang sesi suntik imunisasi, gw cerita kalo Senja gak nangis sama sekali waktu diperiksa darah. Si dokter agak terkejut. 'Wah, jangan sampai gak nangis sama sekali,' gitu kata dia. Lah kalo gak nangis trus diapain dong? Masa digebukin biar nangis? Ya enggak dong kaaann... Nah pas disuntik imunisasi, Senja nangis. Walaupun cuma sebentar doang dan segera bisa ditenangkan. Bener-bener gampang aja deh, gak rewel atau nangis berkepanjangan.

Kata dokter Eveline, mesti waspada juga kalo si anak gak nangis untuk sesuatu yang kita tau rasanya sakit, seperti disuntik. Ini berarti ambang rasa sakit si anak mesti dicermati. Dia mengaitkan dengan informasi gw sebelumnya soal gen autisme di keluarga besar gw. Gak ada kaitan langsung sih, tapi sensitivitas kan katanya sesuatu yang perlu ditandai dari anak-anak autis. Artinya, ada yang ambang batas nyerinya tinggi, ada juga yang rendah banget. Makanya mesti cermat dan waspada.

Gw sempet tanya juga soal imunisasi MMR. Dokter Eveline membenarkan kalo sekarang gak ada imunisasi MMR yang terpisah, mumps sendiri, measle sendiri dan rubella sendiri. Semua udah satu paketan. Trus dia juga membenarkan bahwa gak ada korelasi kuat antara imunisasi MMR dengan autisme. Yang gw baca juga demikian. Ada jauh lebih banyak penelitian yang terstruktur dan sistematis yang menunjukkan kalau gak ada hubungan antara MMR dan autisme.

Tapi dia bilang, kalau mau aman, ya sudah MMR-nya nanti ketika Senja usia 2 tahun saja. Kenapa 2 tahun? Soalnya, umur 2 tahun dianggap sebagai masa 'transisi' kalau seseorang kena autisme. Kalo umur 2 tahun udah aman, bisa dianggap aman lah dari autisme. Dokter Eveline juga bilang kalo anak autis kadang bisa terdeteksi sejak dini, terutama dari kontak matanya yang minim atau bahkan gak ada sama orang-orang sekitar. Dan dia ngeliat Senja punya kontak mata yang bagus sama dunia di sekelilingya. Jadi, mudah-mudahan kita emang gak perlu khawatir.

Pas Senja lagi digendong Hil dan Senja lagi tatap-tatapan sama dokter Eveline, si dokter mendapati ada merah-merah di pipi Senja. Dia nanya,'Sering merah-merah gitu?' Nah, rupanya itu juga mesti dicermati penyebab merah-merahnya. Kalau gak segera ditanggulangi, bisa jadi itu cikal bakal alergi bagi si anak. Apalagi Hil kan emang ada alergi, yaitu alergi dingin. Senja bisa ikutan punya alergi, meski bentuknya bisa berbeda. Gak mesti sama-sama alergi dingin gitu. Nah, pencetus alergi itu yang mesti dicaritau. Kata si dokter, umur seperti Senja ini emang bisa banyak menunjukkan gejala alergi. Karenanya si pencetus mesti diketahui segera supaya bisa dicegah. Soalnya kalo keterusan, bisa-bisa jadi asma. Waduh, jangan sampe deeee...

Banyak juga PR yang mesti gw kerjain ya buat Senja. Mulai dari memantau perkembangan dia supaya cermat menangkap gejala autisme, kalo ada, sampai mencermati bakal calon alergi di tubuh Senja. Semoga sehat terus yaaaa..

1 comment:

Anonymous said...

Nasihat2 dr.eveline okeh banget tuh. Tunda MMR dan waspada alergi. Ntar jangan kasi makanan instant sering2 deh.. suka jadi pemicu.

Semoga perkembangan dan pertumbuhan tetap jauh dari masalah. Amin.