Tuesday, May 13, 2008

Ke Kayumanis

Karena hari ini jadwal Senja ke dokter untuk imunisasi, jadilah seperti biasa kita rombongan sirkus dikit untuk ngebawa Senja ke Kayumanis. Terakhir ke sana kira-kira pertengahan Mei lalu. Jadi udah pas rasanya untuk ke sana lagi.

Sehari sebelumnya, Hil cerita kalo ternyata nyokapnya udah menanti-nanti kedatangan Mantra, begitu keluarga Kayumanis memanggil Senja. "Kirain Selasa lalu mau datang, udah ditunggu-tungguin," gitu kata si nyokap. Waduh, kan kita gak tau yaaakkk.. Jadi ya sudah, keputusan yang tepat rasanya untuk membawa Senja ke Kayumanis lagi. Berhandai taulan dengan keluarganya Hil. Kebetulan, hari Selasa Hil kan selesai kerja jam 14-an. Cocok deh. Sorenya baru kita lanjut ke Carolus untuk imunisasi deh.

Gw nyampe di Kayumanis jam 8 kurang. Langsung ngoper Senja ke nyokapnya Hil yang udah siap dengan gendongan kain. Hehe, Senja mah gak kekurangan personil penggendong di Kayumanis. Gw tinggalin Senja sekitar jam 8, supaya bisa cepet-cepet nyampe kantor. Niatnya, kalo nyampe kantor lebih cepet, maka gw bisa cabut lebih cepet juga karena dokternya Senja, dokter Eveline, cuma sampai jam 18.

Pas gw udah nyampe kantor, rada siangan gitu, Hil nelfon rumah. Waduh gaswat, Senja nangis melulu. Wadow, kenapa nih? Kok sama gitu dengan kejadian Senin kemarin pas bareng Hil. Siang-siang, Senja nangis kejer dan gak bisa ditenangin. Seperti biasa, Hil yang panik, gw yang tenang. Dugaan gw: panas dan gerah, makanya Senja gelisah.

Siang-siangan lagi Hil telfon dari rumah Kayumanis. Rupanya, nyokapnya Hil mengambil langkah darurat untuk menenangkan Senja: pijet. Sebenernya nyokap Hil piawai juga dalam memijat bayi. Tapi mungkin karena ini cucunya sendiri yang nangis kejer, dia jadi grogi kali ye. Jadilah yang memijat itu tetangganya Hil.

Setelah dipijat, terbukti Senja jadi lebih tenang. Kata yang mijet sih ye, ada urat di bagian lengan yang agak kepelintir. Waduh, apa bener gitu? Ah gatau deh. Anggep aja bener. Yang penting kan Senja jadi lebih tenang. Namanya pijet mah mestinya enak-enak aja, ya kan?

Sekitar jam 5 sore, Hil ke kantor lagi untuk naro kantor, sekalian jemput gw dan naik taksi untuk ngambil Senja. Gw nunggu di taksi sementara Hil ngambil Senja.

Eng ing eng, begitu Senja diserahterimakan ke gw, ada sepotong benda kuning disematkan dengan peniti di baju Senja. Waduh, apaan ini? Gw nanya sama Hana, keponakannya Hil yang ngegendongin Senja. Kata dia: bangle. Duile, apaan tuh? Setelah dadahan sama Hana dan taksi jalan, gw baru ngeliat hal lainnya. Di topi Senja, gw temukan benda serupa, si 'bangle' warna kuning ini disematkan dengan peniti.

Ternyata itu 'bangle' adalah semacam bumbu dapur sebenernya. Dikasih sama tukang pijet yang tadi siang mijet Senja sebagai 'syarat'.

Caeelaaa... jampi-jampi? Hiehiehihie, lucu banget. Untung gak dikasih klenengan sapi yang gede gitu ya? Di dalam taksi gw copot sematan bangle itu dari baju dan topi Senja.

Tengsin aje gile sama si dokter kalo ketauan pake ginian, hihihihi...

No comments: