Wednesday, March 5, 2008

Demam

Tengah malam tepat adalah waktunya Senja minum susu. Tapi baru jam 23.30, Senja udah rada bunyi. Karena gw udah kebangun, ya udah gapapa lah dikasih minum susu aja. Siapa tau udah kelaperan.

Hil segera bangun dan angkat Senja dari dalam box. Pas dikasih ke gw, Hil tanya,"Ini Senja anget gak sih?"

Nah lho. Kata nyokap, indikator utama bayi itu anget atau enggak adalah pas menyusui. Kalau mulut bayi terasa anget di t*k*t, maka itu berarti beneran angket. Gw langsung waspada memperhatikan. Nah lho, beneran anget nih mulutnya Senja. Gaswat.

Karena Senja menyusui sembari bobo, mendingan sekalian diukur suhu tubuhnya saja. Hil ngambilin termometer digital dan segera dipasang di ketiaknya. Kata manualnya sih termometer akan bunyi bip-bip kalau sudah mencapai suhu puncak, di mana pengukuran suhu berlangsung sekitar 90 detik. Tapi kok ya udah 90 detik, tetep gak bunyi juga yak. Sambil deg-degan gw dan Hil merhatiin angka yang terus berubah di termometer itu.

Angka berhenti di 38C. Waduh, pas banget tuh di ambang batas.

Kalo baca dari bukunya dr Wati (Bayiku Anakku), kalo suhu bayi kurang dari 3 bulan gak sampai lebih dari 38C masih gapapa. Belum perlu dibawa ke dokter. Yang penting bayi terus dikasih minum saja supaya gak dehidrasi, sekaligus berupaya menurunkan suhu tubuhnya.

Tapi kalo kata situs ini, kalo bayi di bawah 3 bulan dan kita berasa khawatir berapa pun suhu tubuhnya, udah deh langsung aja dibaw ke dokter. Kayaknya kali ini gw bakal nurutin referensi ini dulu. Sekalian mau nanya juga soal batuknya Senja.

Seyem juga, kemarin seharian Senja batuk-batuk gitu. Kirain awalnya cuma keselek, tapi kok sepanjang hari ada aja batuknya. Sampai tadi tengah malam, pas Senja diganti pampersnya, tetep aja dia batuk-batuk.

Huhuhu, sehat-sehat ya, Senja. Gaswat, ketularan dari gw nih ya kayaknya? Huhuhuhu..

No comments: