Friday, March 21, 2008

Misteri Lagu Anak-anak


Beberapa hari lalu gw beli CD lagu anak-anak buat Senja. Supaya lagu yang didengerin Senja gak melulu Sore, Efek Rumah Kaca, Tika atau dari koleksi MP3-nya Hil. Senja sih tentunya masih belum ngerti ya ini lagu apaan. Yang girang justru Salsa karena dia kenal sebagian besar lagu-lagu di CD itu. Demi memanfaatkan antusiasme anak lima tahun ini, kita manfaatkan saja sekalian, hehehe. Gw ajarin dia untuk ngeluarin CD dari kotak, masang CD di radio, lalu nyalain. Gw minta dia untuk pasang CD lagu anak-anak ini kalo si Ibu lagi gendong Senja.

Misi gw dengan membeli CD lagu anak-anak ini juga untuk cari lagu ‘Kakak Mia’. Kapan gitu gw tiba-tiba teringat lagu ‘Kakak Mia’ dan merasa ada nilai-nilai yang salah dari lagu itu. Child trafficking dan child labor. Gw tanya ke kakak gw, eh bener juga. Kata kakak gw, lirik lagu itu adalah ‘Kakak Mia, minta anak barang seorang, hendak saya suruh bekerja.’ Idiihhh...

Nah pas ke Disc Tara Arion, gw menemukan lagu itu di CD 30 Lagu Taman Kanak-kanak. Pas deh, langsung gw beli aje. Sampai rumah, langsung gw puter di lagu ‘Kakak Mia’. Ah ya bener aja, liriknya persis seperti yang diinget sama kakak gw. Haduuuuu masa lagu anak-anak mengandung nilai perdagangan dan pekerja anak sih. Gak bener nih.
Liriknya begini:
Kakak Mia, Kakak Mia, minta anak barang seorang
Kalau dapat, kalau dapat, hendak saya suruh berdagang
Anak yang mana akan kau pilih? Anak yang mana akan kau pilih?
Itu yang gemuk yang saya pilih, hendak saya suruh berdagang
Sirih, sirih, siapa beli... sirih, sirih, siapa beli...

Dari CD itu juga gw bernostalgia sama lagu-lagu yang gw kenal jaman waktu kecil. Lagu-lagunya Pak dan Bu Kasur dan AT Mahmud. Btw, gw dulu sekolah di TK Mini-nya Pak Kasur lho. Dari ngedengerin lagu-lagu itu, gw baru ngeh kalo gw tau lagu anak-anak itu cuma sepenggal-sepenggal atau gw karang suka-suka gw.

Misalnya lagu ‘Balonku’. Wih, nama warna yang gw pake biasanya asal-asalan aja. Sembarang nyomot aja. Setelah gw dengerin lagu ‘Balonku’ di CD itu, urutan warna balon itu adalah: hijau kuning kelabu, merah muda dan biru. Selama ini sih suka-suka gw aja mau pakai warna apa, hihi.

Atau lagu tentang rasa. Gw baru tau kalo judul lagunya adalah ‘Nama-nama Rasa’. Selama ini cuma gini lirik yang gw tau:

Siapa tahu apa rasa garam, asin asin asin aku tak suka
Siapa tahu apa rasa cabe, pedas pedas pedas aku tak suka

Sisanya lebih sering gw karang sendiri. Dulu pas Salsa baru belajar lagu ini, liriknya jadi ngawur-ngawuran. Misalnya begini:

Siapa tau apa rasa ketek, asem asem asem aku tak suka

Kekekkeke...

No comments: