Wednesday, March 5, 2008

Ke Dokter Dahlan

Setelah semalam mengetahui Senja bertemperatur 38C, sepanjang malam Senja dikasih ASI setiap satu jam. Maksud hati sih biar gak dehidrasi dan biar cepet turun panas tubuhnya. Tadi pagi kakak gw nanya,"Semalem Senja dikompres gak?" Abis itu baru berasa dodol. Iya yah, kok gak kepikiran buat kompres?

Karena dari semalam sudah membulatkan tekad untuk ya udah ke dokter aja, sekarang tinggal memutuskan, mau ke dokter mana. Bisa aja ke BKIA, ke Carolus atau ke tempat lain. Kalo ke BKIA atau Carolus yang lokasinya sama itu, sebenernya sih bole aja, tapi rasanya tuh investasi waktunya terlalu besar. Macet bow. Jauh bow. Kalo kata Hil, ke Carolus aja karena catatan kesehatan Senja kan ada di sana. Tapi pikir punya pikir, catatan kesehatan apa sih yang Senja punya di sana? Kan cuma timbang berat badan gitu, gak ada yang aneh-aneh gitu. Catatan berat badan dan imunisasi pun ada di gw juga.

Pas ngobrol sama kakak gw, dia bilang cari yang deket aja. Toh sama aja. Iya, bener juga. Ya udah deh kita berpaling lagi ke RS Yadika. Dulu pas hamil gw pernah periksa di sana. Tapi karena dokternya makin gak asik dan muahil juga di sana, akhirnya pindah ke Carolus. Nah untuk urusan dokter anak, belum dijajal.

Dulu banget, gw sempet ngasih daftar dokter yang praktik di RS Yadika ke nyokap. Gw selalu sugesti aja untuk mencari rekomendasi dokter dari nyokap atau bokap, kali aja ada yang kenal gitu. Padahal kalo dipikir-pikir, trus kalo kenal kenapa gitu? Kan bisa aja bokap nyokap gatau juga gimana si dokter ketika berhadapan dengan pasian. Tapi ya begitulah, sugesti aja. Nyokap bilang, dia kenal salah satu dokter di sana. Namanya dr Dahlan Ali Musa. Tepatnya, nyokap kenal baik sama istrinya si dokter Dahlan, yang sama-sama dokter juga. Nah setelah dilihat di jadwal, ternyata cocok. Hari ini ada, dari jam 10.

Oke, kita telfon Yadika. Sip, terkonfirmasi kalo dr Dahlan masih praktik di sana. Jadwalnya mulai jam 10, tapi kata yang jaga, si dokter biasanya dateng jam 10.30. Ih bandel. Mungkin karena rumahnya deket, ckckck. Setelah leyeh-leyeh dikit sambil menyusui Senja, kita berangkat. Nyokap ngikut juga, biar sekalian setor muka sama dr Dahlan.

Setelah daftar, ternyata kita dapet nomor urut lima. Padahal saat itu masih jam 09.30, huhuhu, lama ya bo nunggunya. Ditimbang dulu. Berat badannya 5,5 kilo, panjang badan 59 senti. Aih panjang pisan kamu euy. Karena masih rada lama, Hil ngabur bentar ke Tiptop buat beli pampers. Gw aja sempet menyusui lagi di ruang laktasi secelumit yang ada di Yadika.

Tunggu punya tunggu, akhirnya dipanggil masuk juga. Dokternya rada tua, eh gak tua sih, rambutnya putih deh. Impresi pertama sih oke juga. Gw kasi tau apa saja gejala yang dialami Senja, trus Senja mulai diperiksa. Anteng. Lalu si dokter memberi resep. Sebelum nulis resep, dia bilang kalo dia tidak mudah memberikan obat antibiotik. Amin, ini dia yang gw cari. Gw kan mau jadi penganut paham RUD alias Rational Use of Drugs.

Ternyata ada sedikit lendir di Senja. Dikasih obat pengencer lendir, namanya Mucopect. Trus kalo ntar panasnya lebih dari 38C, baru dikasih obat penurun panas. Kalo tiba-tiba pilek, keluar lendir dari hidungnya, baru dikasih obat pilek. Semuanya dimasukin dalam lembar resep, tapi yang gw tebus duluan di Yadika yah yang pengencer lendiri. Kan itu dulu yang utama.

Mumpung lagi di dokter, sekalian gw tanya-tanya hal yang lain. Gw tanya soal imunisasi Hib, perlu atau enggak sih, secara itu masuk kategori imunisasi yang dianjurkan, bukan yang wajib. Kata dr Dahlan, penyakitnya ada di Indonesia tapi gak diwajibkan sama pemerintah untuk imunisasi Hib. Kenapa? Karena mahal. Kalo diwajibkan, kan berarti pemerintah harus beli dan pemerintah gak punya duid untuk melakukan itu. Oooo gitu. Jadi, sebaiknya iya atau enggak tuh? Kata si dokter, karena gak diwajibkan sama pemerintah, ya diwajibkan saja sama orangtuanya kalau ada duit. Rada mahal emang euy..

Gw tanya juga soal imunisasi Hepatitis B. Pas ke BKIA, bidannya bilang kalo si Senja sebaiknya dikasih imunisasi Hepatitis B yang satuan, bukan yang kombo dengan imunisasi lainnya. Soalnya gw kan HbsAg positif gituh. Kata si dokter, kalo yang model kombo, dosis Hep-B-nya lebih sedikit. Doi juga bilang, dengan status HbsAg yang positif si bayi harus dikasih imunoglobulin dalam waktu 12 jam setelah dia lahir. Ah tenang, itu mah beresssss...

Secara umum, gw cukup puas dengan penjelasan dr Dahlan ini. Cukup komunikatif. Apalagi rumahnya deket dan nyokap-bokap pun kenal sama doi. Besok-besok mungkin bisa lah kita ke dr Dahlan lagi. Ada baiknya kita jajal doi di rumah sakit lain, karena dia juga praktik di Evasari dan RSIA Bunda Aliyah, rumah sakit baru di Pondok Bambu, deket Giant (d/h Hero).

Mudah-mudahan Senja cepet sembuh sama obat-obatan dari dr Dahlan. Mudah-mudahan dr Dahlan tepat buat Senja.

1 comment:

Anonymous said...

kalo bisa, jangan ganti2 dokter... apalagi kalo udah cocok.
kasihan kalo Senja dijajal-jajal sama orang yang gak kenal. Yang penting catatan obat en riwayat imunisasi.. Enak kalo udah kenal. Jadi bisa nanya terus. hehehe...
Kayaknya asik punya tuh, dokternya. (tapi lebih asik kalo jarang ketemu ya?)