Sunday, March 9, 2008

Mencoba Bertahan Tanpa Dot


Beberapa hari terakhir, gw lagi rajin SMS-an sama Bas, yang ngelahirin bareng gw di Carolus. Satu kampus, dia anak Pol 97. Gw ngelahirin jam 4 pagi, dia jam 8 pagi. Anak dia perempuan, namanya Nadine.

Topik SMS kemarin adalah seputar persiapan kerja. Bas nanya, apakah Senja masih minum pakai soft cup atau enggak. Gw bilang iya, walaupun suka ada penolakan kalau Senja lagi bete. Tapi kan the show must go on, kata gw ke Bas. Bas setuju. Dia bilang, dia juga lagi ngelatih Nadine minum dari botol. Rupanya dia memilih metode botol, bukan soft cup seperti gw atau pakai sendok kecil. Bas tadinya ngasih ASI perahan pakai sendok kecil. Tapi berhubung dia mau kerja dan yang bakal ngasihin itu asisten rumah tangganya -alias pembantu- maka mendingan pake botol aja. 'Takut gak telaten,' gitu kata Bas.

Gw sempet ngeledekin juga sih. 'Emang boleh pakai dot sama dr Utami?' Dokter anaknya si Bas itu the famous dr Utami Rusli yang pakar laktasi itu. Secara dia pakar laktasi dan orang Carolus, udah pasti mengharuskan ASI dan menolak penggunaan dot. Bas ngaku deh, kalo sama dr Utami udah pasti gak boleh, hehe.

Bas cerita soal dot yang dipakai buat Nadine. Namanya dot peristaltik. Secara gw gak paham dunia dot-dot-an, makanya gw tanya. Ternyata dot peristaltik itu jenis dot yang dikeluarin oleh Pigeon, yang katanya dibentuk menyerupai puting. He? Maksud lo? Jadi, kata Bas, ujungnya dot itu rata, gak bunder seperti dot-dot lainnya.

Oooo gitu. Pas gw meng-google, ketemu lah penjelasan dan foto soal dot peristaltik di blognya Kodok Ngerock. Sebener-benernya sih perbedaan signifikan yang bisa gw liat antara dot biasa dengan dot peristaltik adalah ukurannya yang lebih jumbo. Gw gak ngerasa ujungnya tuh datar, perasaan bunder-bunder aja. Dan kalo beneran mau niru puting, berarti mestinya ujungnya tuh kayak kepala shower gitu dengan banyak titik-titik. Si dot peristaltik itu pasti gak gitu doong..

Kalo ngebaca dari berbagai artikel tentang dot peristaltik, rasanya oke juga. Katanya sih gak bikin bingung puting, seperti yang biasanya terjadi pada penggunaan dot pada bayi. Kalo bayi udah bingung puting, dia bisa keenakan ngedot, karena lebih gampang dan lebih deras ngucurnya. Ketimbang kalo menyusu dari t*k*t yang perlu lebih usaha. Nah, tapi katan dot peristaltik ini gak bikin bingung puting.

Sempet juga tergoda untuk menjajal dot peristaltik ini. Soalnya gw suka berasa kasian kalo Senja lagi minum pakai soft cup. Kayaknya kok jadi gak nikmat dan syahdu gitu saat-saat menyusuinya. Belum lagi dia harus kerja keras banget kalo minum dari gelas. Belum lagi kalo dia lagi bete, dan nyembur-nyemburin ASI yang udah dimasukin ke mulutnya. Huhuhu. Ditambah lagi, nyokap sempet minta gw jajal pakai dot aja. Biar si Ibu gak repot kalo ngasih susu buat Senja. Apalagi, pengalaman Pelangi dengan dot tidak menyebabkan bingung puting. Tapi kan tiap bayi beda-beda yak..

Gw kemarin tanya Hil,"Kita tetap bertahan gak pake dot kan?" Hil setuju. Walaupun gw tetep aja berasa penasaran gitu, kayak apa sih pake dot peristaltik itu. Penasaran aja pengen tau apakah Senja cocok atau enggak sama dot peristaltik. Nah terus tiba-tiba gw inget deh kalo kakak gw pernah ngasih satu botol dot Pigeon gitu buat gw. Gw ngelongok ke meja Senja, dan menghadirkan botol itu ke depan Hil. Gw kirain tadinya si dot peristaltik itu, rupanya bukan.

Hil pun nge-gep gw,"Pengen nyoba dot peristaltik?" Huhuhu, binun...

Hm, kita bertahan dulu deh dengan soft cup-nya Senja selama ini. Gapapa deh susah-susah dulu sekarang. Huhuhu...

No comments: