Wednesday, March 26, 2008

Sulitnya Membuat Stok ASI

Ih bener deh pusing gw. Gimana ya cara yang oke buat bikin stok ASI?

Pekan ini kan gw memutuskan untuk gak latian lagi, demi memuaskan kebersamaan bersama Senja di pekan terakhir babymoon. Lagian, latian yang cuma sepotong-sepotong kan udah sering tuh, jadi mestinya sih mantep aja gituh. Alasan paling utama untuk gak latian lagi adalah karena latian hanya akan ngabis-ngabisin stok doang. Gile aja, sehari 5 botol stok dipake, yang ada malah gw kebat-kebit stoknya kosong melulu.

Jadilah gw menyusui Senja selalu, sambil colongan memerah ASI kalo Senja lagi bobo. Tapi rupanya, kalo gw menyusui, maka hasil perahan ASI cenderung lebih sedikit. Mungkin karena sebagian besar udah diambil langsung sama Senja kali ye. Antara memerah sebelum atau sesudah Senja menyusui, sama aja. Untuk mendapat X ml yang biasanya cuma sebentar, aujubile sekarang lamanya minta ampun.

Hari ini, misalnya, gw kan mulai pakai kotak-kotak kecil ukuran 180ml untuk nampung ASI. Soalnya kan kalo pake kotak itu, kapasitasnya lebih gede dibandingkan botol kaca. Kalo botol kaca, maksimal hanya 110ml saja, karena kan harus memberi ruang memuai kalo ditaro dalam freezer. Nah, dengan pake kotak 180ml, jadinya kan bisa lebih pol gitu.

Untuk memenuhi kotak, maka gw memerah dalam beberapa kloter. Kata suster di Klinik Laktasi Carolus dulu kan memerah dalam jam yang berbeda bisa aja digabungin kalo kita di rumah aja, gak pegi-pegi gitu. Teori itu lantas gw padukan dengan teori bahwa ASI bertahan di suhu ruangan antara 3-5 jam. Jadi, gw memerah dalam beberapa kloter sepanjang durasi 5 jam untuk ditampung dalam kotak itu.

Tapi boooo susahnya minta ampun. Yang biasanya gw bisa dapet 80-100ml dalam waktu tak terlalu lama, eh kok ya ini susahnya nyang boneng ting dah. Kotak pertama yang akhirnya sukses diisi 100ml itu terdiri dari 3 kloter masing-masing 25ml, dari jam 13 sampai jam 17. Hadooooo capeeeee... Mompa lama-lama, eh dapetnya 25ml ajaaaa.... huhuhuhu... mana mesti dalam tiga kloter pula... biyoooo....

Alhasil bingung lah gw sekarang *pantes aja Senja mukanya bingung yak* Kalo dalam moda latian, gw bisa memompa seperti biasanya, dengan hasil yang lumayan dalam waktu tak terlalu lama, tapi stok terancam. Nah kalo dalam moda mesra-mesraan sama Senja, hasil perasan sedikit, dan pada akhirnya mengancam keberadaan stok juga.

Iiiiiihhh... gemes!

No comments: