Saturday, March 8, 2008

Memompa di Kantor


Persiapan lain lagi yang gw lakukan menjelang masuk kantor lagi adalah simulasi memompa. Pura-puranya gw di kantor, seharian menyibukkan diri seolah-olah gw beneran kerja, lalu memerah ASI sesering Senja dikasih minum.

Dari situ gw menyadari bahwa perlu juga untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk satu sesi memerah ASI. Soalnya kan prosedurnya lumayan panjang tuh. Nyiapin peranti memerah, nyari tempat, mulai memerah, masukin ke botol kaca, beresin peranti memerah. Kalo cuma di rumah doang sih cuek, sambil leyeh-leyeh juga gak soal. Tapi kalo di kantor? Kalo kelamaan memerah ASI kan gw bisa-bisa dituding gak produktif. Padahal kan gak mungkin banget ye gw gak produktif, huehuheuhe..

Kalo gw tanya ke kakak gw, dia bilang satu sesi memerah ASI itu bisa abis kira-kira 30-40 menit. Wadaw, lama juga ya bow. Nah pas gw sendiri melakukan simulasi, kira-kira emang segitu deh. Huhuhu, gaswat dong. Tadinya gw mau memerah ASI cuma 10 menit doang gitu, trus selesai gak selesai, rampungin aja. Tapi kan sayang juga kalo perolehan ASI-nya lagi lancar, tapi gw berhentikan begitu saja. Apalagi gw bawaannya parno mesti memenuhi target, minimal ASI perahan sampai 70-80ml, kira-kira pas untuk satu porsi minum Senja.

Nah karena bawaan parno itu, jadilah pas simulasi yang ada gw bolak balik ngeliat jam melulu. Cemas kalo udah mau deket 15 menit tapi perolehan belum seperti yang diharapkan. Dogol gak sih. Padahal kan perasaan cemas justru bikin ASI gak keluar. Huhuhu, pegimane dwongs.

Lalu gw nge-google dan mencoba mencari tahu siapa tau ada ibu-ibu yang pernah ngitung berapa menit satu sesi laktasi, untuk persiapan di kantor nanti. Eh lantas ketemu ini. Menarik juga nih. Banyak tanya-jawab seputar menyusui di tempat kerja, dari berbagai aspek. Baru dari sini gw menyadari kalo perlu juga woro-woro ke kantor soal rencana gw untuk memerah ASI di kantor. Paling enggak biar mereka ngeh aja kalo gw sekarang perlu menyediakan waktu sedikitnya 4x untuk memerah ASI selama di kantor.

Di kantor gw belum tersedia ruang laktasi, tapi mestinya itu gak persoalan. Secara gw udah pernah memerah ASI di Istora Senayan gitu lhooo, memerah ASI di kantor mestinya mah cincay ajaaa...

Sepengetahuan gw, belum ada yang sukses ASI eksklusif 6 bulan setelah kembali bekerja abis cuti panjang. Ini membuat gw semakin tertantang. Gw harus bisa dwongs, apa pun yang terjadi. Kalaupun ada yang mencoba untuk eksklusif, biasanya gagal di perjalanan karena gak ada ruangan yang memadai itu. Kayak Iyut, yang memerah ASI di toilet, yang tentu saja gak nyaman. Kadang dia juga memerah ASI di ruang produser di studio FM, kalau penyiar dan produsernya perempuan. Sementara Cisya, dia juga sempet memerah ASI di toilet Galeri Lontar. Atau Rifa yang memerah ASI di gudang.

Kok rasanya gak genah banget ya. Merah ASI itu kan buat makan minum, tapi tempatnya enggak banget. Tapi ya emang mesti gitu kali ye, memanfaatkan tempat sekatro apa pun yang tersedia.

Gw sih merasa tertantang untuk memerah ASI dari meja kerja gw di kantor, walaupun gak pake cubicle. Di bayangan gw, gw tinggal ke toilet untuk memasang pompa dengan baik dan benar, lalu pakai pashmina dengan baik dan benar, rapiin baju, terus keluar deh. Kalo gw bisa mompa di meja kerja gw, maka gw betul-betul bisa produktif karena bisa nyambi ngerjain apa gitu kek, walaupun dengan satu tangan. Sementara kalo memerah ASI di tempat lain, nah gw mesti pikir-pikir tuh enaknya sambil nyambi ngapain. Soalnya kalo bengong-bengong doang kok kayaknya gak asik gitu lho.

Semoga lancar lah ntar. Gw mesti lebih sering latihan nih, demi memanfaatkan waktu seefisien mungkin selama memerah ASI di kantor.

2 comments:

Anonymous said...

Kok gue ga disebut sih cit hehe. Gue mompa di OB van lho kekekeke

BoncuyDacuy said...

nah ini gw baru tau ci.. dasar situ edan. OB van kan puanassss...