Sunday, March 23, 2008

Emoh Ambil Bola



Persis di belakang rumah gw adalah lapangan sepakbola. Tiap kali ada yang main bola, tiap kali pula ada potensi bola itu nyelonong masuk ke halaman belakang rumah. Ini dia yang bikin bete. Soalnya si pemain bola itu akan memunculkan kepalanya di pagar belakang, lalu memanggil-manggil tiada henti,”Ibu, tolong ambilin bola dong.” Haduh, kalo udah gitu mah mendingan pura-pura gak ada aja, ketimbang mesti bersusah payah ngambilin bola.

Bayangin aja, yang main siapa, siapa pula yang direpotin. Mana bola itu seringkali jatuh di pojok belakang halaman. Sungguh bikin males deh kalo mesti ke daerah situ. Isinya tumpukan daun-daun kering, dulu bekas kuburan anjing-anjing keluarga, lalu seringkali juga ada kubangan air bekas ujan. Terus gw gitu mesti ngambilin bola ke sana? Aih, males deh.

Eh kejadian tadi siang. Gw lagi gendong Senja, trus tiba-tiba muncullah panggilan khas itu, meminta diambilkan bola. Hadoh. Gw langsung ngumpet. Males amat lagi gendong Senja trus mesti bersusah payah demi orang lain. Begitu suara panggilan itu gak kedengeran, gw ngintip. Udah nyerah kali tuh anak ya jadinya gak manggil-manggil lagi.

Wah rupanya gw salah sangka. Remaja tanggung berbaju merah itu malah menuruni pagar dan berniat masuk ke halaman rumah gw. Idih! Langsung gw keluar pintu dan neriakin dia,”Woi woi woi! Apa-apaan tuh, main masuk aja ke sini!” Dia langsung manjat naik lagi dan berusaha menjelaskan. Bahwa dia tadi udah manggil-manggil, tapi gak ada sahutan. Lah trus emangnya kalo gak ada sahutan jadi boleh masuk ke kebon rumah orang? Ih plis deh.

Langsung aja gw omelin tu anak. Kesian juga sih kalo dipikir-pikir. Kan dia cuma pengen main bola. Lah tapi kan gw juga males kalo mesti berjibaku demi dia, demi ngambilin bola, demi dia bisa main bola lagi. Aih.

Trus dia menawarkan, gimana kalo dia turun ke kebon gw, ambil bola, lalu dia manjat pager lagi dan gw mengawasi seluruh pergerakan dia. Eh mas coba deh dipikir. Turun pager itu selalu lebih gampang daripada naik pager. Apalagi pager belakang itu terbuat dari batako, tingginya sekitar 15 batako disusun ke atas. Gak ada pegangan, ada juga tanaman rambat yang lemah lunglai dong tentunya. Trus dia mau manjat pager gimana caranya? Trus kalo dia gagal manjat pager, gw mesti bukain pintu gerbang depan supaya dia bisa keluar gitu? Aih aih, kok gw merepotkan diri sendiri. Males ah, mendingan main sama Senja.

Karena kesel, gw bilang ke dia,”Kamu mati gak kalo gak main bola? Enggak kan. Ya udah, gak ada persoalan dong kalo bolanya gak diambil sekarang.” Trus dia bilang kalo bola itu bukan dia. Idih, mau bola dia kek, mau bola orang kek, teteup aja gw males jibaku.

Karena perdebatan dengan si remaja tanggung itu cukup makan waktu, Senja mulai gelisah. Soalnya kan gw berdiri di teras belakang, ditemani sinar matahari yang rada panas gitu. Gw sudahi saja percakapan dengan si remaja tanggung,”Udah ah, saya gak mau ngurusin Anda.” Tenang, gak pake gebrak meja atau banting pintu kok, hihihi.

Lalu sekitar 1-2 jam kemudian, si remaja tanggung itu ngebel rumah dari pintu gerbang depan. Ah dia lagi dia lagi. Pasti dia pengen masuk lagi toh untuk ambil bola? Bener aja. Dia rikues gitu.

Nih coba ya dipikir baek-baek mas. Gw cuma sendirian di rumah, bareng Senja yang setiap saat bisa aja nangis atau bisa aja ngegelinding dari tempat tidur. Trus kalo dia mau masuk dan ke kebon belakang demi ambil bola, artinya gw harus bukain dua pintu gerbang, gerbang depan dan gerbang samping, supaya dia gak perlu masuk ke dalam rumah gw. Abis itu gw harus nemenin dia dong di kebon belakang selama dia nyari bola. Trus abis itu gw harus nganterin ke depan, ngunci dua pager lagi dan baru bisa kembali bersama Senja. Haduuuu kelamaaannn...

Gw tawarin ke dia. Gini deh mas, situ balik lagi ntar sore atau besok pagi. Dia bilang, gak bisa karena latiannya cuma hari Minggu. Aaaahh sebodo teuing dah. Kok gw yang mesti repot ngurusin dia main bola. Akhirnya dia menyerah dan bilang kalo mungkin ke sini untuk ambil bola hari Senin. “Bolanya masih ada kan kalo saya ambil hari Senin?” Duh mas, eke sih gak doyan makan bola. Aman dah, kagak ada yang pengen main bola di rumah ini.

Huh. Padahal gw lagi mesra-mesraan sama Senja. Ngeganggu aje.

No comments: