Saturday, March 1, 2008

Persiapan Kerja

Gak kerasa, udah bulan Maret aja euy. Dalam hitungan hari, gw udah mulai kerja lagi. Huhuhuhu, biyoo biyooo...

Aneh ya, pas bulan pertama, gw perasaan gak sabar banget kabur dari rumah untuk jalan-jalan, atau ngapain gitu kek, yang penting keluar rumah. Tapi makin ke sini, gw suka berasa sayang membuang waktu gw dengan tidak bersama Senja. Soalnya kebayang kalo gw ntar mulai kerja, kan suka sok gila-gilaan gitu. Ntar Senja kebagian ampasnya gw doang tiap malem, kan kasian dia. Makanya gw puas-puasin aja deh bisa seharian suntuk sama dia. Terserah deh Senja minta gendong sampe gw pegel linu, gapapaaahhh... Tapi ya tentu saja dia sekalian dilatih mandiri supaya gak kesepian kalo gak ada gw dan Hil di rumah.

Persiapan lainnya untuk menuju kerja adalah stok ASI. Katanya tuh kan kerja bikin stres ya. Nah kalo stres, ASI bisa gak keluar. Mengingat begitu cara kerjanya ASI, kayaknya gw mau bikin stok banyak-banyak aja. Jadi buat jaga-jaga, kali aja gitu gw beneran stres pas pertama masuk kerja. Kalo sampe ASI mampet, kan kasian Senja, gak bisa minum yang lainnya lagi. Jadi mendingan stok ASI gw perbanyak aja, biar aman. Gw jadi inget salah satu email yang gw temukan di google, ada seorang ibu yang udah punya stok 35 botol ASI pas dia masuk kerja lagi. Ajigile.. tiga lima botol!! Itu kulkas apa gak penuh sesak yaa..

Trus juga soal hari kerja. Nyokap gw pernah baca di majalah kalo ibu menyusui yang akan kembali bekerja sebaiknya memilih hari pertamanya di tengah minggu. Jadi, mendingan masuk di hari Rabu atau Kamis gitu, jangan di hari Senin. Kenapa? Soalnya kan udah tiga bulan tuh tidak terikat rutinitas kantor, takutnya kaget kalo tiba-tiba digeber mesti masuk 5 hari berturut-turut. Jadi mendingan mulai kerja di Rabu atau Kamis, jadi gak berasa eh tiba-tiba udah libur lagi aja. Pekan depannya, baru deh mulai beneran 5 hari kerja.

Yang gak kalah menarik adalah ngabisin stok cuti gw di tahun 2007. Rugi bo kalo gak dipake, soalnya bakal angus gitu. Ntar gw akan menyiapkan jiwa dan mental pengganti gw di kantor (hai Fuad!) untuk bertahan beberapa hari lagi sebelum akhirnya gw masuk dengan kegembiraan.

Hal lain yang gak kalah penting harus dipersiapkan adalah mencari tahu sepasti-pastinya di mana gw bakal memerah ASI. Sebenernya sih kalo itu pompa udah kepasang di t*k*t, gampang aja. Toh tinggal dipegang satu tangan, gw tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Dan tampaknya memang harus gw sambi, demi menghemat waktu. Mencari tempat inilah yang sulit di kantor. Gak ada ruangan kosong yang aman dan nyaman untuk memerah ASI gitu. Udah pasti gw gak bakalan mau menggunakan kamar mandi. Gak nyaman banget lah mestinya. ASI kan buat dimakan dan diminum, masa diperahnya di kamar mandi. Gw kayaknya bakal memaksimalkan opsi pinjem mobil temen atau pakai kapal selam, nama buat ruang tidur yang ada di kantor gw.

Sementara persiapan di rumah, yah itu terus menerus dilakukan. Salsa dipersiapkan jiwa raganya untuk bertiga doang di rumah bareng Ibu dan Senja. Sementara Ibu juga harus diwanti-wanti untuk tidak 'menolak' kehadiran Salsa pas lagi megang Senja, demi mencegah rasa cemburu. Kalo nyokap udah pulang kerja dan ada di rumah sih relatif aman karena nyokap bisa pegang Senja, sementara Ibu ngerjain yang lain atau ngurus Salsa.

Fiuh.

Mudah-mudahan semua persiapan bisa beres dalam beberapa hari ke depan. Biar gw juga tenang hatinya ketika di kantor dan tetap gembira ketika bertemu Senja lagi di rumah.

2 comments:

Anonymous said...

Kalo gw lagi libur, gw mampir ah, nungguin cucu gw. Pekerjaan mengasyikkan soalnya... Bisa bawa kerjaan juga, jadi, no problem lah..Asik, asik, asik..

Anonymous said...

Cit...
kalo lagi kerja, Senja di drop di rw mangun aja, jadi siang bisa bolak balik utankayu-rawamangun buat nyusuin, kan stok kamar kosong banyak...