Saturday, March 1, 2008

Mencari Pampers Paling Oke

Baru pekan lalu terungkap kalau ternyata Tiptop menyimpan merk pampers yang jaauuuhhh lebih banyak dibandingkan Carrefour! Wah, menyenangkan sekali!

Kalau di Carrefour, kayaknya merk yang tersedia ya merk standar yang umum. Mamy Poko, Huggies, Pampers, Pet-pet, Fitti dan keluaran lokal Carrefour. Kalo Pelangi, pakai yang keluaran Carrefour, yang selalu diklaim paling murah itu. Dulu Senja sempet juga pakai itu, tapi Hil berasa kasian. Soalnya, kalo gak salah inget, bahan pampersnya tuh yang plastik gitu, kayaknya kok jadi kepanasan gitu Senja-nya. Hehe, gatau juga sih, kan sekadar tebak-tebak buah manggis.

Nah kalo di Tiptop, banyak merk-merk lainnya. Ada Popoku, ada Baby Like, Baby Boom, ada juga Basic Economy. Huhu, kasian bener tu popok, udah basic, economy pula. Setelah diitung-itung, rupanya ini yang paling murah. Bayangin aja, harga satuannya Rp 927 saja, sementara yang merk lebih ngetop bisa sampai Rp 2500! Pantesaaann basic, economy pula...

Sebagai pengembara di dunia pampers, gw sempet jajalin itu satu per satu. Tadinya sempet juga mau jajal EQ Dry, tapi karena yang ukurannya Senja hanya tersedia kemasan isi 20 popok, ogah aaahh... Kalo barangnya gak oke kan masih lamaaaa bener abisnya. Kasian Senja dwongs.

Pampers yang kami anggap cukup oke adalah yang bahannya bukan plastik. Entah apa ya itu namanya, kayak kertas, tapi kayak kain juga. Kalo promosinya berbagai merk pampers itu adalah 'breathable cover'.

Lalu diliat juga dari perekatnya. Perekat yang standar adalah yang dari plastik, kayak selotip gitu. Gw gatau juga sih kalo itu selotip kena di kulit Senja, sebenernya sakit atau enggak. Hil berkeyakinan aja kalo selotip gitu pasti rasanya sakit. Sayang Senja gak bisa ditanya yah, hihihi. Perekat yang lebih oke adalah yang bahannya yaaaa non-selotip, hihihi. Gw gatau juga nyebutnya gimana. Agak kayak kertas gitu, tapi berperekat. Rasanya sih gak sakit kalo kena kulit bayi.

Sebenernya cukup dua itu aja yang jadi perhatian utama. Soal wetness indicator, itu bonus aja. Kata kakak gw, pampers yang ada wetness indicatornya itu mahal. Eh rupanya gw menemukan yang murah meriah juga. Jadi ya kalo dapet yang ada indikatornya, amin; kalo enggak ya gapapah. Yang penting cukup bahan popoknya yang gak plastik dan perekatnya yang bukan selotip.

Ini sekadar catatan aja seputar penjelajahan akan pampers paling oke buat Senja, harga dicontek dari Tiptop.
- Fitti Basic (ukuran M, @Rp 1480): mayan oke. Bahannya oke, perekat masih selotip sih, tapi dimaafkan lah. Bentuknya emang rada kegedean buat Senja, tapi mudah-mudahan sih gapapa.
- Popoku (ukuran M, @Rp 1092): tadinya gw pikir oke. Tapi kok setelah dipikir-pikir kurang oke. Soalnya cairan yang ada rasanya tidak terserap dengan sempurna. Perasaan gw siy, wetness indicatornya cepet banget pudar warnanya. Apa emang Senja pipisnya gila-gilaan atau kualitas popoknya yang kurang oke ya? Tapi gak usah dipake lagi deh. Soalnya bahannya plastik gitu, dan bunyi kemeresek pula. Berasanya kayak Senja pake plasti kresek...
- Baby Like (ukuran S, @Rp 1055): cover oke, perekat masih selotip. Tadinya gw pikir cukup oke, sampai suatu ketika Hil menemukan serabut-serabut gitu dari pampersnya. Kayak kapas-kapas gitu deh. Keunggulannya, ada wetness indicator.
- Baby Happy (ukuran S, @Rp 1350): ini oke juga, baru gw jajal malam ini nih. Bahannya oke, perekatnya juga oke. Dapet bonus wetness indicator juga. Wah mansteuf, bole juga nih dibeli rada banyakan.

Itu pampers yang gw jajal belakangan ini. Kloter pertama penjajalan pampers ya di merk lokal Carrefour, Softlove dan Sweety. Yang Softlove jelas oke, lah wong paling mahal, harga satuannya sekitar Rp 2000 gitu. Kalo yang Sweety, udah lupa euy.

Sempet juga gw beli Mamy Poko. Penasaran aja, rasanya kok semua orang mempromosikan popok itu sebagai yang oke. Mirana juga pakai merk ini buat anaknya, Danisha. Gw iseng beli yang kemasan kecil, isi 4 pampers saja. Harga satuannya jadi sekitar Rp 1900-an. Berhubung ini merk yang banyak dipromosikan, jelas aja oke. Bahan oke, perekat oke, dan entteeeeenggg banget. Tipis banget gitu. Yaahh ntar kapan-kapan bisa lah dipertimbangkan lagi untuk dibeli, hihihi...

Jadi sejauh ini gw bertahan dengan Fitti Basic ukuran M dan akan segera membeli Baby Happy ukuran S dalam jumlah yang lebih banyak. Kalau kenyamanan bisa dikombinasikan dengan harga yang gak terlalu mahal, mantep doongg..

Untungnya ada juga blogger yang edan merinci merk pampers dengan segala catatan kekurangan dan kelebihannya.. jadi kan bisa nebeng pengetahuan tanpa harus beli semuanya, hihihi..

Huhuhu.. sementara kata Tika, disposable diapers itu baru bisa didaur ulang setelah 500 juta tahun... huhuhu... gw merusak lingkungan.. huhuhuhu...

1 comment:

GAMESOPHIA said...

Iya, betul. Disposable diapers atau pampers sekali pakai itu memang merusak lingkungan. Dan para ortu di negeri kita juga belum tahu kalau anak-anak yang biasa pakai pampers sekali pakai itu membuat anak susah berhenti mengompol sampai dia besar! Tapi cari diaper kain yang anti bocor, bebas plastik dan murah itu sangat susah. Makanya kami merancang all-in-one diapers yang memenuhi kriteria itu. Cek di http://anakbunda.net