Monday, March 10, 2008

Akhirnya ke Dot Juga...

Setelah berpikir cukup lama... hehe boong deng. Lah wong kemarin baru menetapkan hati untuk tetap di jalur cupfeeding, eh hari ini udah beli dot, hihihi.

Ini berdasarkan obrolan pagi tadi ditambah SMS dari kakak gw. Pengalaman Hil terakhir ngasih ASI perahan ke Senja, Senja harus betul-betul bangun dan dalam mood yang oke pas dikasih pakai cup. Nah sialnya, kalo siang hari, seringkali Senja lagi bobo padahal udah waktunya minum. Kalo dibangunin, doi bete deh. Kalo didiemin, ntar kurus kering pegimane? Belum lagi kalo ASI-nya disembur-semburin, atau dia minumnya belepetan kiri kanan. Untuk satu gelas kaca berisi 70ml, bisa-bisa yang masuk ke Senja kurang dari itu. Nah kalo begitu terus sepanjang hari, jangan-jangan asupannya kurang. Gaswat dong.

Kalo kata kakak gw, ini kan gak life threatening gitu. Dicoba aja pake dot. ‘You never now unless you try,’ gitu kata dia. Aduh BG memang bijaksana, kikikikik. Pertimbangan yang gak kalah penting dari kakak gw adalah soal kenyamanan si Ibu dalam ngasih ASI perahan ketika gw kerja kelak. Pastilah capek dan bikin gundah kalo tiap kali Senja nyusu, tiap kali juga belepetan. Atau ya itu, dalam waktu sekian jam, jumlah ASI perahan yang dikonsumsi tidak sebanyak yang disediakan.

Iseng-iseng tadi pagi gw cerita dulu sama si Ibu soal dot ini. Doi langsung menyambut gembira. ‘Mana dotnya?’ gitu kata dia. Wah langsung semangat, gak ada penolakan, berarti mungkin selama ini si Ibu gak mau bilang aja kali ye kalo dia gak terlalu nyaman ngasih pakai soft cup. Atau yaaa pengen jajal dot aja, kali-kali lebih oke.

Okeh. Tadi pun kita ke toko keperluan bayi yang ada di Tamini Square. Kenapa ke sana? Ya iseng aja, bosen sama ITC Kuningan, hihihi. Kita ke sebuah toko, entah apa namanya, tebak-tebak buah manggis doang. Tujuan kita cuma satu: membeli dot peristaltik Pigeon.

Ternyata ada dua macam, yang satu standard-neck bottle, satunya lagi wide-neck bottle. Untuk ukuran volume, ada yang 250-300 ml, ada juga yang lebih kecil. Tapi di toko ini cuma ada yang volumenya besar. Ah gak soal.

Gw bingung dong menentukan beli yang mana, standard-neck atau wide-neck. Apakah berdasarkan ukuran mulut bayi, ukuran puting, umur bayi atau apa? Gak mungkin dong kalo beli dot berdasarkan tanggal lahir, bintang apalagi warna kesukaan. Jadilah gw tanya. “Mbak, saya baiknya beli yang mana ya? Bayi saya umur 2 bulan.”

Jawabannya sungguh gak nyambung. Mula-mula si mbak penjual bilang kalo dot peristaltik ini enak buat bayi karena bayi gak perlu ambil nafas dulu sambil ngedot. Kalo dibaca di boxnya, jenis yang ini emang ada air ventilation system-nya. Sbenernya sih gw juga gatau gimana bayi dengan botol dot standar, emang mesti ambil nafas dulu ya? Kayak berenang aje.

Gw gak puas dong dengan jawaban itu. Lah gak ngejawab pertanyaan gitu lho. Gw tanya sekali lagi. Trus mbak-mbak berikutnya bilang kalo yang wide-neck itu biasanya buat nyusu malem. Lho, kenapa? “Karena kalo malem kan nyusunya lebih banyak,” gitu penjelasannya. Lah emang jelas gitu penjelasan kayak gitu? Aih tambah bingung.

Jadi gw mesti beli yang mana, standard-neck atau wide-neck? Berkali-kali ditanya, berkali-kali pula jawabannya itu. Terakhir-terakhir, si mbak ngejawabnya rada bete gitu. Gw langsung dicolek sama Hil. Pas mbaknya pergi bentar, Hil bilang,”Dia paling juga gatau apa bedanya standard-neck sama wide-neck. Itu kan kita aja, konsumen, yang pengen tau.” Hehe, iya juga yak. Gw tanya sampe nungging-nungging juga tu jawaban si mbak paling gak berubah.

Ya udah deh daripada suping-suping, mendingan kita beli aja dua-duanya. Daripada mesti bersusah-susah ke toko lagi, ya toh ya toh? Yang standard-neck itu harganya 28 ribu, yang wide-neck itu 31 ribu. Harga segitu gapapa deh dibandingin usaha dan waktu yang mesti disediain untuk pergi lagi ke toko. Ya toh ya toh? Ternyata harga segitu lumayan murah dibandingkan di Carrefour. Yang standard-neck 32 ribu sementara yang wide-neck itu 48 ribu. Wih jauh. Padahal Carrefour ngakunya paling murah. Huh, tepu.

Sampai rumah, kita coba deh yang standard-neck sama Senja. Wuihhh langsung mau lho bow. Dan beneran itu kata si mbak toko, Senja nyusu dari botol gak pake ambil nafas dulu. Langsung aja hajar bleh, sama kayak dia nyusu di t*k*t. Posisi lidahnya juga serupa.

Karena kita gak sabaran, maka 1,5 jam kemudian Senja udah dikasih susu lagi. Mumpung susunya udah cair juga yang diturunin semalam dari freezer, sekaligus pengen jajal botol yang wide-neck. Ready get set go, di menit-menit awal, dia mau aja minum dari situ, yang ukuran nipple-nya memang rada lebih gede. Tapi berikutnya, dia emoh. Ukuran nipple-nya kegedean kali ya. Jadilah Senja sibuk menggeser nipple botolnya ke kiri dan ke kanan.


Sayangnya masih ada sisa susu di botol. Tapi kan katanya tuh udah gak boleh dikasih lagi. Bisa sih, tapi hanya dalam waktu 1 jam kalo gak salah. Daripada menanti hampa, mendingan kita tes aja, Senja bingung puting atau enggak. Langsung gw templokin ke t*k*t dan voila... horeee... Senja gak bingung puting! Tanpa pusing-pusing apalagi bingung-bingung, dia langsung menyusu dengan gembira. Sampai ketiduran pula. Manteeeeppp...

Berarti besok-besok si Ibu pasti lebih bahagia dan gembira karena ngasih susu gak perlu pakai perjuangan lagi, hihihi..

No comments: