Tuesday, September 30, 2008

9 Bulan

Siang-siang, gw terima SMS dari Tatah.

Dia mengomentari Senja dengan satu kata: nyeremin. Tenang, bukan hal-hal horor. Tapi soal kelakuan Senja yang, seperti istilah Tatah,'woi inget umur dong.' gitu. Soalnya Senja itu, meski baru hari ini umur 9 bulan, kelakuannya udah kayak anak umur setaun. Dia lagi mulai belajar jalan. Senengnya jongkok-berdiri tak henti-henti. Merangkak sih masih, malah sekarang udah taraf ngebut, tapi ya itu, seringkali berhenti di tengah jalan sekadar untuk unjuk kebolehan kalo dia udah bisa berdiri. Betul-betul berdiri tegak, gak pake pegangan. Kaki emang masih dibuka lebar, buat kuda-kuda supaya gak jatuh. Tapi hebatnya ya itu, udah bisa berdiri sendiri.

Belum lagi kehebatannya yang lain, yaitu bisa turun dari tempat tidur. Untung ada kakak gw dan Pelangi yang memberi inspirasi, kalo enggak, jangan-jangan Senja udah jontor dan benjol akibat meluncur jatuh dari tempat tidur. Berkat kemampuan turun dari tempat tidur pula, Senja udah bisa naik turun undakan yang ada di rumah. Wuah, hebat lah pokoknya.

Gw sampe penasaran, nanya sama Tatah. Emang mestinya umur berapa sih bayi mulai jalan? Kata Tatah, umumnya bayi umur 6 bulan itu belajar duduk, 7-8 bulan merangkak, lalu 10 bulanan baru mulai belajar jalan, pakai dititah gitu. Lah ini masa udah dari umur 8 bulan doyan belajar berdiri dan jalan. Ahoooyyy...

Ah Senja emang anak top deh. Makannya lancar, pupnya juga lancar. Ini pertanda metabolisme tubuh dia berjalan dengan baik-baik saja. Segala makanan mau dilahap. Yang udah ketauan gak mau tuh ikan gindara, meski ini bisa juga lah dicoba di kemudian hari. Alpukat yang semula kita kira Senja gak suka, eh sekarang lahap-lahap aja tuh. Bahkan dia sanggup makan alpukat yang dipotong kecil-kecil, dimakan dengan pisang kerok. Wuih canggih.

Yang masih perlu diupgrade tinggal mempercepat panasnya mesin diesel Senja aja, hehe. Kalo ketemu orang baru, wuih, jangan harap bisa langsung peluk-cium-gendong Senja. Dijamin, Senja bakal mewek abis-abisan. Dia itu anak yang stay cool dan lembut hatinya. Gak boleh jadi orang agresif kalo mau dideketin sama Senja. Biarlah Senja yang proaktif, sementara si orang baru itu sok cool aja nyuekin Senja. Trik terakhir ini sudah terbukti manjur di keluarga Rawamangun, jadi bisa diujicobakan di tempat lain.

Selebih dan sekurangnya, Senja mah hebriiingggg...

No comments: