Friday, September 12, 2008

Ke Dokter Seleb

Gak percuma juga kita ke dr Utami Rusli yang seleb itu, hihi. Secara doi pro ASI abis-abisan, jadilah kita menuai banyak ilmu dari dia.

Dia menyarankan kita untuk memperkenalkan jus sayur. ‘Mungkin aneh buat kamu, tapi biasakanlah ini buat anak kamu.’ Hooo okeh. Ternyata yang dianjurkan dr Utami itu sayur mentah. Hiiii masa mentah siy? Iya tuh dia bilang gitu. Katanya, kalo takut pestisida, peras jeruk limo pas lagi nyuci sayur. Jeruk limo itu akan mengikat si pestisida. Abis itu cuci lagi di air mengalir, selesai. Pas ngejus, juga jangan ditambah air. Biar yang dikonsumsi adalah sari-sarinya si sayur itu. Huhu, padahal gw selalu nambahin air kalo ngeblender. Soalnya kalo gak ditambahin air, kagak mau bergerak itu bahan-bahan yang diblender…

Dr Utami juga menekankan pentingnya ngasih makanan alami. Ah untungnya itu sudah gw lakukan. Dia bilang, makanan yang segar selalu lebih baik dibandingkan makanan kemasan. Dia membandingkan dengan tepung beras yang cuma tahan sebentar, beberapa hari gitu kata dia, lupa. Lalu dia bilang,’Coba bandingkan dengan makanan instan yang di kardus. Itu bisa tahan sampai berbulan-bulan. Gatau deh apa yang dimasukin ke situ sehingga bisa tahan lama.’ Huhuhu, iya ya bener juga.

Tuh berarti bener kan langkah gw untuk ngasih yang alami dan segar (meski masuk freezer buat Senja). Itu juga alasan gw untuk tidak memberikan biskuit buat Senja. Selain karena kandungan gula yang banyak, ya juga karena pasti pake pengawet. Sabar ya Senja, ntar kita pelajari cara bikin cemilan yang sehat dan enyaaaakk buat kamu, nyam nyam nyam.

Dr Utami pesen apalagi ya? Oh ya. Dia sempet menyinggung juga soal BB. BB Senja pas hari itu adalah 7800 gram. Hehe, berarti kalo di rumah 8000 gram tuh, karena selalu selisih 200an gram antara timbangan Carolus dan timbangan di rumah. Secara grafik, naik; walaupun masih di bawah grafik yang ada di KMS alias Kartu Menuju Sehat-nya Senja. Jangan khawatir, gitu kata dr Utami. Sebab, grafik KMS yang beredar sekarang adalah grafik BB-nya anak dengan sufor. Secara dulu tuh masih sufor-minded gitu lho. Grafik BB buat anak ASI sebetulna udah ada, tapi masih di Depkes dan gak dikeluar-keluarin.

Naaahh grafik BB anak ASI itu memang beda dengan grafik anak sufor. Bedanya adalah grafik BB anak ASI itu lebih datar. Nanjak naik di tiga bulan pertama, lalu setelahnya cenderung mendatar, naik dikit-dikit deh. Gak naik-naik ke puncak gunung kayak grafik yang ada di KMS gitu. Jadi, kitanya juga jangan grafik-minded gitu, cepet panic kalo ngeliat BB si anak di bawah area hijau grafik KMS. Yang penting anaknya sehat, aktif, nah aman dah itu.

Ah gak percuma kita ke dokter seleb. Banyak ilmunya! Kapan-kapan kita main lagi yuk ke dr Utami, kalo pas dr Eveline gak ada, hihi.

No comments: