Saturday, September 6, 2008

Pepes Tahu


Seperti niat gw pekan lalu, gw ingin memasak yang fresh buat Senja di akhir pekan. Tujuannya ada dua, memperkenalkan rasa dan tekstur makanan baru buat Senja. Secara Senja udah 8 bulan gituh, kan mesti udah makan yang agak kasar untuk ngelatih ngunyah.

Tapi, seberapa kasar? Nah itulah misteri yang akan kita ungkap, hohoho.

Hari ini gw bikinin pepes tahu. Lagi-lagi resep nyontek dari sini. Tapi isi pepes tahu itu gw modifikasi sesuai isi kulkas. Tampaknya yummieh. Caranya adalah begini sodara-sodara. Tahu diancurin, trus dicampur sama ayam yang sebelumnya ditumis dengan unsalted butter dan dicincang halus. Abis itu dicampur lagi sama parutan wortel dan remah-remah brokoli yang gw simpen di freezer. Sip. Abis itu ditambah dua blok kaldu dari freezer, baru deh dikukus. Yumyum, bentuk rupa dan baunya yahuy.

Berhubung gw mau jajal ngasih menu terpisah buat Senja, nasi dan lauk dipisah gitu. Jadilah abis itu gw bikin bubur. Duh kayaknya gw gak piawai banget nih bikin bubur. Gak bisa naker, sebetulnya ini bubur udah cukup lunak atau belum, udah cukup kasar atau belum buat latihan ngunyah Senja.

Pas disuapin ke Senja, aih dia suka. Hap hap hap, suapan-suapan pertama, lancarrrrr. Berikutnya, huhu kok jadi susah yah. Kayaknya sih yang susah dikunyah tuh bagian buburnya, pasti gw gak bener nih bikinnya. Pas tahunya sih dia doyan-doyan aja. Begitu juga dengan makan sore. Tapi demi mengantisipasi dia gak doyan, jadilah gw masak lagi buburnya, lalu gw campur aja sama pepes tahu. Harapannya sih dia mau makan nasinya juga karena udah dicampur. Eh ternyata ya enggak juga. Dia pilih-pilih gitu makannya, kadang lancar, kadang enggak, huhu.

Ntar kita jajal lagi ya menu berikutnya. Pantang menyerah!

No comments: