Wednesday, September 10, 2008

Go Fia Go Fia Go!

Ngebaca postingan M'Fia di blognya, lucu tapi miris gitu deh bacanya. Ini gw cuplikkan ya:

Sepanjang perjalanan di pesawat tadi, aku mikir-mikir lagi, gimana caranya nanti bisa mbawa ASI perahan pulang? Apa dengan kejadian di Bandara Changi ini, musnah harapan untuk mbawa ASI? Ah, banyak banget pertanyaan yang muncul sepanjang perjalanan. Sampe aku bikin beberapa alternatif cara. Hhhmm.. kalo satu orang ngga boleh bawa lebih dari 100ml, mungkin di Singapore pas pulang nanti, aku akan bagikan satu-satu kantong ASI ke beberapa perempuan yang sepesawat denganku. Terutama mereka yang bawa anak. Duuuhh.. tapi butuh brapa banyak perempuan? Atau mungkin ada bapak-bapak yang membantuku untuk ikut serta membawakan kantong-kantong ASIku nanti? Dalam bayanganku, dia akan berseru di dalam gate nanti, "Hello.. anybody can help this woman to bring her breastmilk?". Trus satu-satu penumpang akan membawakan satu kantong ASI perahan yang isinya sekitar 100an ml tadi. Batas maksimal jumlah cairan yang bisa dibawa ke kabin.

Hehe, gw langsung membayangkan si bapak itu di kepala gw, hihihi.

Setelah blue ice pertama M'Fia dibuang di Bandara Changi, tentu saja ini membuat dag dig dug. 

Duh, miris banget pasti rasanya kalo ASI sampe harus dibuang. Amit-amit deh. Bisa di-banned kali tuh bandara sama WHO dan Unicef. Sama di-banned-nya kayak DHL dan FedEx di Malaysia. Payah, gak mendukung ibu menyusui. 

Pasti ada cara. Usul gw sih ditaro di bagasi aja. Seperti yang pernah dilakukan Karin ketika ke Hongkong. Apalagi kalo pas di Kamboja ASI-nya udah dibekuin. Tinggal dicari tahu gimana caranya mempertahankan suhu beku si lolipop ASI itu dan menaruhnya baik-baik di koper.

Atau gimana ya caranya? Tiba-tiba kepikiran aja untuk menulis email ke kawan yang di Unicef, mencoba mencari dukungan lewat otoritas internasional gitu lho. Minta si kawan Unicef itu nerusin persoalan ini ke bos bule-nya, supaya si bos bule ini bikin surat resmi supaya bandara memperbolehkan ASI dibawa di pesawat, terlepas dari batas jumlah cairan yang boleh dibawa.

Mantep kali ya kalo gw jajal begitu. Ah jajal ah. Gak ada salahnya :)

2 comments:

Anonymous said...

Cit,
untuk nambahin surat ke UNICEF itu, bikin petisi online juga lah.

Saran praktis untuk temanmu, jika nggak mungkin untuk dijinjing, botol-botol itu dibungkus satu persatu dengan pakaian di koper sbg checked-in luggage. Pastikan koper padat supaya isi/botol nggak mudah terguncang dan pecah. Mestinya selama pesawat di atas suhu rendah berfungsi seperti laiknya freezer. Begitu sampai di Jakarta pulang langsung ke rumah, jangan mampir dulu di Bakmi GM. Ini pengalaman gue 10 tahun jadi inang-inang London - Jakarta pp dengan berbagai ragam barang titipan.

Anonymous said...

Bikin petisi online, enaknya berbunyi gimana ya? Wah seru juga kali ya menggulirkan ini. Lewat AIMI aja ah, biar seru :)
Kalo ngarepin intl airline mungkin bisa berhasil yak. Kalo ngarepin moda transportasi lainnya yang sifatnya lokal, wasalam aja kali yeee..