Friday, September 5, 2008

Bayi Canggih


Karena Jumat adalah hari istimewa karena gw dan Hil sama-sama officially libur seharian, maka kita jadikan hari ini istimewa. Kami perkenalkan Depok kepada Senja, hore!

Depok tentu saja jadi istimewa buat kami karena kami berdua sama-sama kuliah di Depok dulu. Gw dari Komunikasi FISIP, sementara Hil dari Sastra Indonesia. Beda angkatan sih, tapi ya gapapa. Untungnya kampus kami sebelahan, jadi gampang kalo kunjungan kayak gini.

Kunjungan pertama dimulai oleh Hil dan Senja yang keliling Sastra. Keliling-keliling aja berduaan, lalu setelah puas, ketemu gw di FISIP. Pas ketemu gw, Senja langsung berseri-seri wajahnya. Aih, mempesona sekali lah pokoknya. Abis itu giliran keliling FISIP deh. Eh gak keliling-keliling amat sih, karena Hil janjian ketemu temennya, Abduh, di Sastra. Ya udah, kita ke Sastra lagi. Ketemu Abduh, liat-liat situs arkeologi boongan di kampus itu. Lucu juga ya ada kayak ginian, gw baru tau.

Abis itu balik lagi deh ke FISIP. Niatnya sih ngadain tur buat Senja, tapi eh kok udah waktunya makan siang. Ya su, kita ke toko buku Bloc, karena di situ ada kafenya dan ada sofa yang bisa dipakai buat Senja. Seru juga ngasih makan di sini. Tempatnya enak, kalo Senja bosen di sofa, gw bisa gendong dia ke toko buku. Asik lah pokoknya.

Di sini juga, Hil janjian sama dua temennya, Gita dan Iwid. Ini kali pertama mereka ketemu Senja sejak lahir, tentu saja. Sementara Hil berhandai-handai dengan Gita dan Iwid, gw nggendong Senja sambil ngasih makan di toko bukunya. Hehe, di situ Senja sibuk manjat-manjat rak buku gitu. Untung gak diusir sama penjaganya, hihihi. Setelah makan ¾ selesai, Senja langsung molor. Gile, ini molor pules banget, sampe 1,5 jam gitu bow.

Abis itu, ini dia nih agenda paling canggih buat bayi usia 8 bulan: ikutan 2nd Munir Memorial Lecture di Fakultas Ilmu Budaya (d/h Fakultas Sastra), hoho!

Kebetulan, acara itu tuh digarap oleh Kasum (Komite Aksi Solidaritas Untuk Munir) dan juga kantor gw. Jadilah kita mampir. Di sana ketemu M’Vivi, yang jadi MC buat acara itu, juga ada M’Ade dan Gita promosi. Karena acara belum mulai dan masih rehearsal, jadilah kita main-main dulu di ruangan itu. Ini ruangan apa ya namanya, semacam aula buat kelas umum gitu, di Gedung IX. Gedung baru, kata Hil. Tempatnya keren juga sih, kayak di Goethe dalam versi yang jauh lebih sederhana tentunya, hehe. Gw bawa Senja ke panggung, dia mah seneng aja karena akhirnya dapat kesempatan untuk merangkak dan berjalan sambil dititah. Pas banget abis itu Asfin main piano, rehearsal buat pertunjukan dia di awal Munir Memorial Lecture, main piano dan nyanyi lagu ‘Cahaya’. Ini dia yang ditunggu-tunggu sama Hil tuh.

Gak lama, acaranya mulai. Tentunya Senja gak betah dong kalo disuruh duduk tenang di pangkuan. Jadilah Hil gendong Senja ke sana ke mari, sebelum akhirnya Senja ketiduran. Acara Memorial Lecture dimulai dengan pidato sambutan yang dibacain barengan wakil dari Kasum dan Jurusan Filsafat FIB. Lucu sekali, sambutannya dibacain gantian, per paragraf gitu. Baru sekali ngeliat yang kayak gini

Abis itu Asfin main piano deh. Duh asoy banget deh dengerin Asfin main piano. Dunia ‘pergerakan’ butuh lagu lebih banyak lagi yang kayak gini. Slot kebutuhan buat lagu-lagu HAM dan sebangsanya tuh pasti ada kok. Jadinya cocok dong lagu Cahaya disandingkan di acara macam Munir Memorial Lecture, apalagi Asfin juga adalah Direktur LBH Jakarta. Wuih, makin cucok aja deh.

Kelar Asfin main piano, kita keluar. Hil masih gendong Senja, udah siaga di pintu keluar. Gw langsung keluar ngebawa dua ransel dan goody bag dari acara ini. Sip. Pas banget, udah waktu makan sore Senja.

Karena makan siang udah di FISIP, maka makan sore mesti di Sastra dong, biar adil, hehe. Jadilah Senja makan di ‘klaster’ alias kelas terbuka. Ini daerah bukit-bukit gitu di bagian belakang Sastra. Di sini pula ada jembatan merah-kuning, gw baru tau ada ini, penghubung FIB, FE dan FT. Wuih, keren ya bow ada jembatan seru kayak begini..

Senja makan sambil terbengong-bengong ngeliat orang lagi latian drama hihi. Untung yang latian drama lagi lupa-lupa melulu dialognya, jadi latiannya pas sama waktu Senja makan. Sampe abis satu porsi, kayaknya satu scene aja belum kelar deh. Bahkan sampai Senja dibersihin pup-nya, tetep aja belum kelar. Masih aja di kalimat,’Tahukah kamu bahwa di sini ada kerajaan jin-jin?’

Abis itu, pulang deh. Demi menuntaskan perjalanan dari Depok dengan ciamik, maka kita pulang pakai kereta api. Hore! Tentu saja kereta yang dipilih adalah Ekspres AC (Rp 9000) atau Ekonomi AC (Rp 6000) dong, secara bareng Senja gitu lho. Sialnya, pas nyampe di depan loket, ada tulisan: Kereta Jakarta/Bogor mengalami keterlambatan 2 jam. Wwffaatt? Ampyun deh. Giliran pengen naik kereta kok malah begini. Tapi secara niat kita sudah teramat besar dan kayaknya perjalanan kereta udah membaik, kita bertahan di Stasiun UI. Nunggu kira-kira setengah jam-an, eh bener aja, kereta udah baek kembali. Kereta Ekspres AC pun tiba. Syif!

DI kereta, Senja jejeritan. Mumpung kereta kosong, kita jajah dong. Senja jalan di bangku-bangku kosong itu, trus ntar gebuk-gebuk kaca, lalu lompat-lompat dikit, girang banget deh. Perjalanan cuma 15 menit dari Stasiun UI ke Stasiun Tebet, mantep yak. Bayar 9 ribu perak doang pula. Mana keretanya kosong, makin yahuy aja deh.

Dari Stasiun UI, kita pulang naik taksi. Asiiikk, emang deh Senja itu seneng jalan-jalan, persis seperti tebakan banyak orang tentang arti nama Senja, haha.

No comments: