Wednesday, September 10, 2008

Menyusu Tiada Henti

Sudah beberapa hari belakangan ini, Senja kalo nyusu malam itu laaaaammmmaaaaaaaaaaaaa banget. Sumpah. Beneran lamaaaaaaaaaaaa. Dan ini terjadi kalo malam hari. Haha, ya iya lah hay, secara siang-siang gw gak di rumah gitu, hihi. 

Nah, semula pola yang gw tangkap adalah Senja itu minta nyusu sejam sekali sampai kira-kira tengah malam. Begitu tengah malam lewat, baru deh Senja tidur panjang dan baru akan minta nyusu lagi kira-kira jam 4, 5 atau 6 pagi. Gw gapapa dong tentunya, karena gw gak pernah tau pasti, sebenernya stok ASI yang gw tinggalin buat Senja sepanjang siang itu cukup atau enggak. Kalo dari volume, mestinya dikit, karena gak pernah sampai 150ml untuk dua kali minum. Apalagi sekarang Senja juga udah susah banget minum pake dot *oh maafkan aku suster Carolus* Jadilah mendingan porsinya dikitan, tapi pasti abis, daripada porsi banyak trus kebuang karena gak keminum. Karena itu juga, gw rasa gapapa deh kalo Senja minta nyusu melulu pas malem. Itung-itung kompensasi stok ASI dikit pas siang hari. 

Lalu polanya berubah lagi. Sebelum jam 12 malem gak terlalu sering minta nyusu, tapi setelah jam 12 malem, huhuhu, rasanya itu gw nyusuin melulu. Emang sih disambi tiduran, hehe, tapi tetep aja berasanya never ending gitu. Lamaaaaaaaa banget. Dan kalo gw udah pegel, pengen tidur telentang gitu, trus gw copot pelan-pelan pake ujung kelingking. Yak berhasil. Eh baru benerin posisi biar enak, Senja udah ah-uh-ah-uh lagi pertanda gelisah. Merem sih, tapi gelisahnya tuh sampe posisi badannya bisa muter-muter *kayak gasing, kekekek, gak lah ya* Ya udah, nyusu lagi dah. Kalo gw perhatiin, Senja baru tenang kalo dia sendiri yang ngelepasin mulut dari t*k*t, bukan gw yang ngelepasin. Hhhhh ampyun deh. 

Dan dua malam lalu, guess what, polanya berubah lagi dong. Huhuhu biyo biyo. Senja bobo sekitar jam 8 malem, abis itu lancar tuh tidur kira-kira 1,5 jam. Abis itu barulah mulai sering minta nyusu: setiap setengah jam. Huhuhuhuhu. Mana kalo udah malem dan Hil juga udah bobo, ya wasalam aja deh. Hil pasti akan terlelap meskipun Senja ah-uh-ah-uh *oh sayangku*

Kalo udah ah-uh gitu, Senja gak mempan ditenangin dengan ditepuk-tepuk, digeser ke sisi lain tempat tidur (karena di sisi dia tidur biasanya akan basah di bagian belakang kepala), atau digendong. Beberapa waktu lalu, sempet mempan kalo dikasih minum air putih. Tapi ini juga rada tricky, karena berarti dalam posisi gw/Hil dan Senja yang ngantuk, Senja harus digendong tegak untuk minum. Nah repot kan. Iya kalo matanya Senja melek, kalo merem?

Semalem, gw sempet nyoba lagi trik nepuk-nepuk paha Senja biar dia tenang. Berhasil sedikit, dia gak ah-uh-ah-uh lagi. Lalu kakinya Senja gw tangkringin di paha gw, biar nempel lah sama gw, biar dia tau kalo ada gw. Eh dia tenang. Duh, gw langsung terharu biru dong. Oh Senja pasti ingin aku ada di sisinya, oh sayangku... Eh tapi abis itu dia nangis lagi, haha, gak jadi GR deh, keikeiekik. 

Mungkin Senja mau tumbuh gigi lagi ya? Atau mungkin juga ini salah satu sesi growth spurt-nya Senja? Mudah-mudahan dua-duanya deh. 

4 comments:

Anonymous said...

perhatiin, apakah dia lebih keringetan daripada biasanya? bisa jadi dia haus, tapi gak terpuaskan karena minumnya seciprit-seciprit sambil merem melek. usul, kasih air putih pake dot pas tengah malem?
whatever happens, jangan teurs kepikiran kasih pacifier ya. Bunuh diri itu namanya. Muah, buat si senja.

Anonymous said...

hai kamu.
ah untungnya gak pernah terlintas ngasih pacifier ke senja. gile, gak ada keren-kerennya gitu bayi pake pacifier.

Anonymous said...

Halo Citra, salam kenal. Wah senasib deh kita. Damar, anakku, juga kutinggal kerja. Minum ASI-nya sekarang kalau siang paling banyak 210ml sehari. Tapi klo malam nempel terus. Klo ga disusuin dia noel-noel atau nendang-nendang sambil hah huh hah huh. He he he, growth spurt kali ya?

Anonymous said...

Wuaduh, 210ml mah lebih banyak kemana-mana dibandingin Senja :) Apalagi sekarang kalo gw mompa dapetnya yaaa secukupnya (2 botol @ 50-70ml saja, huhu). Jadi ya itu dia tuh yang jadi jatah ASI siangnya Senja. Jadi gw bela-belain aja deh Senja nyusu melulu kalo malem. Dia pasti balas dendam karena stok siang dibatesin, hehe.