Friday, September 12, 2008

Demi Kaki

Sejak beberapa pekan lalu, Hil mendapati ada yang aneh sama kakinya Senja. Tepatnya, kaki kanan. Kalo Senja lagi jalan sambil dititah, kaki kanannya itu agak nyerong ke kiri. Dan cuma kanan, konsisten pula. Nah aneh kan? Karena kaki adalah pondasi tubuh, baiknya segera diberesin sebelum terlambat atau keterlanjuran.

Jadilah hari ini gw dan Hil memutuskan untuk membawa Senja ke dokter. Setelah browsing, ditemukanlah sebuah klinik Podiatry. Katanya sih khusus kaki. Tapi setelah ngobrol sama bokap, ini kok jadi kurang meyakinkan. Secara gak ada nama dokternya gitu di situ, hehe. Ya sudah, kita google lagi. Akhirnya ditemukanlah Kid's Foot Rehabilitation Center di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Nah asik lah kalo gitu.

Cek ke websitenya, ada dua dokter di situ: dr Meidy dan dr Aileen. Nah nama dr Meidy inilah yang sering disebut-sebut dalam artikel soal urusan kaki anak. Tapi yang praktik di hari Jumat jam 10-14 adalah dr Aileen. Ah gapapa deh. Yang penting lokasinya udah tepat.

Paginya, Hil yang telfon ke RS Mitra untuk bikin janji. Si penjawab telfon bilang,'Waiting list sampai 2010, Pak.' Lho, apanya nih? Nomor urut 2010 hari ini? Gile. Oh ternyata bukan. Gini kata si penjawab telfon,'Oh bukan Pak. Tepatnya waiting list sampai 22 April 2010.'

Hue??

Aduh gw ngakak banget deh. Gw pikir dulu dapat nomor urut 17 pas di dr Herbert SpOG dan nomor 49 di praktik dokter penyakit dalam di RS MMC itu udah paling durjana. Ealah ini kok edan pisan.

Akhirnya diputuskan untuk ke DSA dulu aja. Berhubung dr Eveline udah lewat jam praktiknya, kita cari DSA yang available aja di Carolus. Eh adanya dr Utami Rusli. Wuih, sama dokter seleb nih, boleh lah kita jajal. Pas nelfon ke Carolus, sama Mbaknya dibilang kita dapat nomor 13, lalu disuruh datang sekarang. Berhubung kita emang udah di jalan, cincay lah.

Sampai di Carolus, nunggu sebentar, trus ketemu si dokter.

Begitu kita bilang problemnya apa, dr Utami Rusli terbelalak. 'Ha? Anak 8 bulan sudah jalan?' Kita jadi ikutan kaget. Emang aneh ya? Kata dr Utami, sangat jarang sekali anak 8 bulan udah minta jalan. Dia sampai nanya, apa kita menyuruh Senja jalan? Oh ya enggak dong. Lah wong Senja suka meronta-ronta minta turun dan langsung ngajak jalan.. masa kita halang-halangi.

Ya su. Dr Utami penasaran dong pingin liat Senja jalan. Kebetulan, Senja juga udah langsung merejet-merejet pengen turun. Langsng deh dititah. Di situ, dr Utami liat Senja jalan, dan liat juga kalo kakinya agak nyerong itu. Dr Utami bilang, coba deh konsultasi ke dokter bedah tulang. Dia langsung nelfonin si dokter bedah tulang itu. Namanya dr Endrotomo. Ternyata lagi praktik hari itu, ah cucok.

Abis kelar di dr Utami, kita pindah ke gedung sebelah, tempatnya si dr Endrotomo. Pas daftar ke bagian pendaftaran, si MBaknya bilang, kalo dokternya baru jam 17. Lah, ini baru jam 16 kurang. Trus kita ngapain dong? Ah ya udah ke kantin dulu deh. Ngasih makan Senja.

Berhubung kita gak bawa makan sore buat Senja (duh, dudung), jadilah kita beli aja di Carolus. Beli ketoprak. Yaaa eenggakkkk laahhhh... Kita beli bubur ayam, tapi ayamnya dipisah. Sebelumnya gw tanya dulu, bikin buburnya pakai bumbu gak? Si mbak pelayan bilang enggak, tawar aja. Oke, mantep. Abis itu langsung deh Senja makan bubur polos gitu dengan suwiran ayam dan seledri. Wuih, asooooyyy lumayan lah. Dari porsi setengah, dia abis 3/4-nya.

Abis itu kita ke dr Endrotomo lagi. Ternyata sudah datang. Karena Senja mulai sibuk minta turun dan anu-anu-itu-itu lagi, gw nyusuin. Hehe, andelan banget tuh buat bikin Senja tenang. Eh lagi nyusuin, kok dia tidur? Laahh pegimana ini. Emang sih gara-gara kita ke dr Utami, Senja jadi gak tidur siang. Gak lama, kita dipanggil masuk ke ruang praktik dr Endrotomo. Dan Senja udah tidur pulas, huhuhu.

Dr Endrotomonya juga bingung deh. 'Jadi saya gak bisa liat dia jalan dong?' Lah piye. Ya gak bisa. Masa bayi tidur mau digusrah-gusrah lalu disuruh jalan? Bisa-bisa nangis kejer.

Ya sudah, Senja ditaro di tempat tidur, lalu dr Endrotomo ngeliat-liat kakinya. Dia bilang, emang agak serong. Tapi bisa diatasi dengan stretching. Dia ngasih liat gimana caranya. Lalu dia pesen, observasi 2-3 bulan, untuk ngeliat perkembangan kaki. Kalo masih gini, mungkin perlu diterapi dengan menggunakan sepatu khusus. Sementara ini, cari aja sepatu yang nyaman buat Senja. Hihi, gw siy ketawa aja dalam hati. Gimana coba taunya nyaman atau enggak, kekekeke. Kata si dokter sih bisa pakai sepatu yang keras atau soft shoes, gak soal.

Kelar dilongok-longok sama dr Endrotomo, kita pulang deh. Dan Senja tetep tidur pulas sepanjang perjalanan pulang.

1 comment:

karen said...

saya juga mempunyai kasus yang hampir serupa dengan anak saya. saya penasaran akhirnya setelah observasi 2-3 bulan sesuai anjuran dr. endrotomo. si senja keadaannya bagaimana? bisa di ceritakan tidak, supaya saya semakin yakin kapan kira2 waktu yg tepat utk mengajak anak saya konsul ke dokter.



salam,
karen
kahamabel@gmail.com