Tuesday, September 9, 2008

2nd Best-nya ASI?

Di kantor, ada dua orang yang lagi menyusui: gw dan M'Fia

Sekarang M'Fia lagi di Kamboja, ngasih training ke Voice of Democracy di sana. Mereka pingin bikin program kayak KBR gitu lhow, gaya deh. Nah, waktu awal dikabari soal ditugasin ke Kamboja, M'Fia kelimpungan. Sama lah kayak waktu gw disuruh ke Malaysia waktu Senja umur 5.5 bulan itu. Anaknya M'Fia emang udah 7 bulan sih, tapikan tetep aja masih banyakan ASI-nya ketimbang makan. ASI masih jadi suplai utama lah. Kalo dihitung-hitung, kalo gak salah inget, M'Fia bilang butuh 20-an botol untuk menyokong minum anaknya, Danin, dan itu pun hanya untuk minum malam. Emang sih pagi dan siang itu makan, tapi kan tetap dikasih ASI. 

Karena mepfets dan jaraknya juga jauh, jadilah M'Fia mesti atur strategi. Dia gak bisa bawa Danin ke Kamboja juga, secara jarak lebih jauh gitu lho. Lagian gak kebayang repotnya kayak gimana karena Danin juga udah makan. Wuih. 

M'Fia sempet mencoba mencari informasi, apa sih ya 2nd best-nya ASI? Iya iya, kita tau ASI itu yang terbaik. Iya iya kita tau kalo tenang memerah, maka bisa dapat banyak. Tapi gimana bisa tenang kalo waktu keberangkatan tinggal sebentar? Gw been there banget gitu lho. Dia menjajaki kemungkinan mempercepat UHT, tapi gak dapat dukungan dari mana-mana. Soalnya UHT kan emang dianjurinnya untuk anak di atas setahun, yang lambungnya relatif udah kuat. Sementara anaknya M'Fia baru 7 bulan. 

Gw bantu-bantu cari informasi dan menemukan ada sebuah susu kedelai organik yang bisa dikonsumsi bayi umur 3 bulan. Dari tanya-tanya sama dokter anak yang punya blog ini, si dokter sebetulnya tidak menyarankan. Karena pada dasarnya susu kedelai itu ya bukan susu. Hmmm iya sih ngerti. Tapi gimana dong jadinya? Alternatifnya apa kalo tetap mau keukeuh gak pakai susu formula? 2nd best-nya ASI gitu lho...

Ah karena gak menemukan jawaban, akhirnya M'Fia tetap pakai susu kedelai itu. Hmm itung-itung si anaknya itu belajar jadi vegetarian deh, hehehe. Tapi ya mau gimana lagi, secara nyetok udah kepalang gak mungkin. 

Setelah dicapai keputusan susu kedelai, perjuangan berikutnya adalah mencari kantong plastik untuk wadah ASI. Rasanya terlalu ngoyo kalo bawa botol-botol kaca, karena kan berat. Untunglah segera ketemu dan bisa segera dibeli sama M'Fia. Kantong wadah ASI merk Gerber. Untung juga ada blog ini, jadi kita bisa sama-sama belajar gimana tips membawa ASI di perjalanan dengan pesawat. 

Nah sekarang M'Fia lagi di Kamboja deh. Mudah-mudahan terus sukses memerah ASI di sana. 

2 comments:

Anonymous said...

hehehe.. jadi melambung nih kok bisa2nya jadi indpirasi certa di blog, hehehe.. yaaah tapi gitu deh, setelah banyak persiapan dari jkt, nyatanya baru seperempat perjalanan, udah dilanda patah hati, huhuhu..

padahal mah disini tetep bisa meres, tetep bisa nyimpen ASI di freezer, sip lah.. cuma di jalannya ini lo, terutama di spore.

kalo masuk ke bagasi kan tentu saja tidak mungkin kan ya..

Anonymous said...

lhooo kenapa gak mungkin ditaro di bagasi? kan di pesawat, bagian bagasi itu dwingin banget bukan sih? tapi gak terawasi aja siy. kalo ditenteng pake cool box kan ada di depan mata. syukses mompa terus yaaa.. pasti pulang bawa oleh-oleh paling ahoy :)