Sunday, September 21, 2008

Kastengel, Danisha dan Senja

Berhubung Hil masuk siang, gw memanfaatkan waktu untuk plesir dari pagi sampai sebelum Hil masuk kerja. Dari email-emailan gw sebelumnya sama Mirana, disepakatilah hari Minggu gw ke rumah dia, bareng Hil dan Senja, untuk bikin kastengel.

Kenapa kastengel? Karena mau lebaran. Eh enggak deng. Ini lebih karena Mirana pingin bikin cemilan buat anaknya dan sebisa mungkin gak pakai cemilan/biskuit kemasan. Jadilah pilihan jatuh ke kastengel, karena kalau ditinjau dari bahannya, gak ada yang terlalu berbahaya. Bahannya adalah tepung terigu, tepung maizena, keju dan kuning telur. Nah, gak berbahaya toh? Oke, kita buat.

Kita berangkat dari rumah jam 10, nunggu Senja bangun dari tidur pagi. Karena rumah Mirana deket, jadi ya sebentar aja kita udah nyampe. Senja berbusana keyeeeen dongs. Duh, baju Lebaran udah dipake hari ini, ntar Lebaran pake baju apalagi yaaakk, hahaha.

Pas kita nyampe, Danisha masih tidur, ditemenin Nasrul, suaminya Mirana. Jadilah Hil menemani Senja, sementara gw belajar bikin kastengel dari Mirana. Gw kebagian kerja kuli aja, hehe, marutin keju, trus nyetak-nyetakin kastengel. Berhubung ini kastengel bukan untuk konsumsi publik, tapi buat cemilan bayi, jadilah bentuknya gak lurus-lurus aja. Ada yang segitiga dan kotak. Tapi ya cuma tiga macam bentuk, soalnya Mirana gak punya cetakan kue.
Pas gw udah sampai di sesi nyetak-nyetakin kue dan Mirana lagi nyiapin makan siang buat Danisha, akhirnya tu anak bangun juga. Ini berarti kali kedua gw ketemu Danisha, karena pas pertama ketemu itu awal banget, Danisha masih piyik pisan. Sekarang ternyata begini rupanya Danisha. Rambunya tebel, Senja kalah jauh lah. Mukanya, hmmm gatau deh itu mirip siapa yak. Mirip Danisha aja deh, hehe.

Setelah itu, para bayi pun reuni. Tapi berhubung umur mereka masih begitu, jadilah mereka belum tahu betul gimana caranya bersosialisasi. Danishanya sih ribut melulu, bunyi-bunyi, kayak manggil Senja, sementara Senjanya dokem-dokem wae. Alhasil yang lebih sering kedengeran bunyinya ya Danisha, bukan Senja. Maklum, Senja kan pemalu, cie, sementara Danisha agresif gitu. ’Kayak emaknya’, kata Nasrul sambil ngikik, sementara Mirana yang sebenernya denger, sok cool, gak nyaut apa-apa.

Gak lama, tibalah sesi makan. Menurut cerita Mirana selama ini, Danisha itu makannya susah. Makanan yang paling disuka adalah bayam. Lucu ya, biasanya mah ortu kesulitan ngasih sayur ke anaknya, ini malah si anaknya doyan banget sama bayam. Makanan Danisha disajikan terpisah antara bubur nasi dengan lauknya. Mengapa? Supaya kalaupun karbohidratnya gak habis karena Danisha ogah-ogahan, setidaknya masih bisa berharap pada lauknya dihabisin.

Tadi siang, makan siang Senja adalah makaroni-tahu-jamur, sementara makan siang Danisha adalah bubur beras + buncis dan tempe. Bubur berasnya diolah dari tepung beras Rose Brand, sementara buncis dan tempe dikukus dulu, baru diblender. Gw sengaja milih menu makaroni itu buat makan siang Senja, karena terbukti tadi pagi lancarrrr makannya. Nah biar gak ribet berantem, secara ini lagi di rumah orang, mending pilih menu yang diyakini bersahabat sama Senja, ya toh.

Sesekali nyokapnya Mirana keluar. Nah kalo udah gitu gw suka gak enak deh. Soalnya si nyokapnya Mirana jadi ngebandingin ’Danisha yang susah makan’ sama Senja yang ’Duh, enak ya makannya gampang.’ Kalo gw jadi Mirana sih gw pasti bete. Sementara gw datang ke rumah Mirana tentu saja gak bermaksud show off. Jadi gw selalu menjawab pernyataan seperti itu dengan bilang,’Ah ini mah lagi hoki aja Tante’ atau ’Wuih Senja juga suka ogah-ogahan gitu makannya’. Yah something like that deh, buat menetralisir aja.

Tapi ya emang ngasih makan Danisha itu tricky banget. Di suapan-suapan awal, lancar. Setelah itu, gesit banget itu kepala Danisha menoleh ke kanan dan ke kiri, menghindar dari sendok. ’Kayak penari India,’ kata Nasrul. Hehe. Setelah kurang sukses ngasih makan Danisha dalam posisi dipangku, Danisha ditaro di high chair-nya. Sama aja ternyata, huhu. Karena gw bawa porsi lebihannya makaroni-nya Senja, gw kasi aja ke Mirana. Siapa tau Danisha mau kalo menunya kayak gitu. Pasti beda lah sama menu sehari-harinya Danisha, karena menunya Senja kan udah dicincang agak kasar dan pakai bawang putih-merah. Nah gw lupa deh, gimana reaksi Danisha terhadap makanannya Senja. Di suapan awal kayaknya oke, tapi gatau gimana nasib suapan-suapan berikutnya.

Sementara Senja dikasih makan dalam posisi digendong Hil. Lancar-lancar aja, amin. Kalo lagi ngadat, Senja digendong tinggi-tinggi, biar kepalanya nyudul hiasan yang digantung di kusen pintu. Kalo udah gitu, Senja bakal ketawa-ketawa, dan posisi ketawa adalah posisi paling cucok untuk nyuapin makanan, hehe. Hhhh, awas aja kalo pas gw cuma berduaan sama Senja trus Senja nagih posisi kayak gini. Modar eke.

Kastengel mateng, Danisha dan Senja nyicipin. Danisha masukin satu potong kastengel semuanya ke dalam mulut, lalu diemut. Sementara Senja ngegigit dikit, membiarkannya lumer di dalam mulut, abis itu kastengelnya diremukin jadi remah-remah, hehe. Kastengelnya tentu gak segurih kastengel biasanya, karena gak pake butter. Mirana pakai canola-oil margarine, demi menghindarkan dari lemak jahat yang berlebihan. Tapi ya tetep aja enak, lah wong pakai keju, pastilah enak.

Jam 13-an, kita pulang deh karena Hil masuk kerja jam 14. Sik asik, ntar kapan-kapan kita bertandang ke rumah Danisha lagi ya Senja.

No comments: