Friday, October 31, 2008

Picture Perfect


Gara-gara ngobrol sama M'Dewi via SMS, jadi kepikiran soal buku-buku seputar melahirkan, menyusui dan sebangsanya. Buku-buku kayak gitu di Indonesia kebanyakan bernuansa jambon, alias pink, alias ngasih tau yang manis-manis aja.

Misalnya, cerita seputar baru melahirkan, digambarin gimana bonding itu pasti akan langsung terwujud, mempererat hubungan antara ibu dan anak. Emang pasti langsung muncul gitu perasaan kayak gitu? Soalnya di gw enggak terlalu, dan gw suka jadi tertekan dan berasa kurang keibuan gitu gara-gara itu. Padahal ya mestinya enggak gitu.

Gw pernah baca di mana gitu, postingan orang di blognya tentang cerita pasca melahirkan. Dia memilih untuk naro bayi di suster, karena dia mau istirahat, capek abis melahirkan. Kalo dipikir-pikir kan itu manusiawi dong. Tapi jujur aja, pikiran yang pertama terlintas adalah kok gak keibuan banget.

Atau ketika gw nengokin Lily pasca ngelahirin anak pertama. Di situ gw ngeliat Lily nyusuin dan dia kesakitan. Pikiran pertama yang terlintas adalah 'Duh gak keibuan banget sih.' Padahal, lagi-lagi, itu manusiawi banget kan?

See, gw terjebak dalam picture perfect-nya melahirkan. Padahal ya gak melulu perfect dong.

Contoh lain adalah obrolan gw sama Mirana. Soal kita yang suka berasa hhhhhhhh gitu dengan segala ups and downsnya menyusui. Perasaan kok gak pernah gitu baca soal susah-susahnya menyusui. Melulu positif yang ada di mana-mana. Mungkin maksudnya baik ya, menyemangati. Tapi jadinya kan berasa kayak all alone gitu. Wah gw ibu laknat banget kalo gak suka dengan proses menyusui. Padahal mungkin untuk alasan tertentu, ya manusiawi aja kalo berasa capek nyusuin tanpa henti-henti.

Contoh lain lagi adalah pas kakak gw nanya,'Elu pernah bosen gak ngurusin Senja?' Gw sempet bingung mau jawab apa. Jawab yang manis-manis atau gimana ya? Atau ada bawaan untuk pakai gaya bahasa eufemisme, biar kesannya gw agak beradab sebagai ibu gitu. Padahal kalo bosen, terutama di tiga bulan pertama di mana si bayi belum terlalu banyak atraksi, ya bisa aja dong. Ya gak sih?

Ini dia kenapa gw suka buku What To Expect: The First Year. Soalnya isi buku itu manusiawi sekali. Dia memberi ruang bagi emak-emak baru untuk merasa letih, capek dan mengeluh. Gak melulu menggambarkan si ibu sebagai sosok yang mesti sempurna, senyum manis, gak pernah kesakitan pas menyusui dan sebagainya. Buku ini memberi ruang untuk perasan let go, gak perlu maksain diri jadi ibu yang sempurna, seperti yang ada di buku-buku.

Misalnya gini nih:

"Having the baby room-in with me sounded like heaven before I gave birth. Now it seems more like hell. I can't get the baby to stop crying, yet what kind of mother would I be if I asked the nurse to take her back to the nursery?'

You would be a very human mother (which, by the way, you might as well get used to being). Considering the challenge you've just been through (childbirth), and the one you're about to undertake (parenting), it's not surprising you're more in the mood for sleep than you are for a crying baby. And it's nothing to feel guilty about, either (remember, you're only human). (p.118)

Gw sih berasa lega pas baca bagian ini. Oooo boleh ya kalo punya perasaan pengen nitipin bayi ke suster aja? Rasanya seperti terlepas dari beban alias picture perfect sebagai ibu baru, pasca ngelahirin. Kalo di buku-buku kan pasti digambarin betapa si ibu deket-deket melulu sama si bayi demi membina bonding.

Ah, gw jadi inget foto-foto 'standar' ibu menyusui. Pasti si ibunya itu oh so perfect banget, dandan rapi kinclong, tersenyum bahagia memandangi bayinya.

Padahal di kehidupan nyata, di gw paling enggak, wuih, jarang banget tuh kayak gitu. Kalo lagi gitu maka udah pasti akan segera gw foto, biar punya memorabilianya, hahaha. Dulu ada masanya di mana gw selalu merasa kegerahan luar biasa, dan itu menyulitkan gw untuk menggendong Senja untuk menyusui. Berasa peliket banget, trus mesti pegang bayi, duh gak enak banget tuh.

Rasanya perlu ada buku yang lebih menenangkan ibu baru, macam gw sepuluh bulan silam. Supaya gak minder kalo sakit di kala menyusui, supaya gak sedih ketika merasa pingin jalan-jalan di saat bayi baru umur 2 bulan, supaya gak merasa jadi ibu yang gak beradab kalo pingin tidur aja di saat anak nangis kejer minta nyusu.

Tsah belagu, kayak sekarang udah jago aja jadi emak-emak, hihihi.

No comments: