Friday, October 24, 2008

Pentungan Ubi


Sepanjang siang gw sibuk cari resep kue kering dari bahan non-terigu. Dapet sih beberapa, tapi banyak yang susah. Kan gw cewe gampangan, jadi cari yang gampang-gampang aja. Niat bikin kue terus dipelihara sampai sore karena pagi-pagi Hil udah lapor kalo kue beras merah apel kismis itu jamuran. Huaaaaa...

Pulang kantor, gw dijemput Hil, Senja dan Salsa. Kita mampir di Giant Rawamangun. To my surprise, ternyata di situ dijual tepung tapioka dan tepung sagu! Ih, gw kirain bakal susah nyarinya, ternyata deket aja tuh. Langsung dong kalap gitu, dua-duanya gw beli. Beli juga loyang, cookie cutter dan cetakan kue. Ih beneran deh, jangan ada yang berani-berani halangi niat gw, hahaha.

Sampe rumah, gw langsung telfon Tante Hani. Secara doi punya resep kue kering dengan wortel dan tepung tapioka gitu, jadi harus kita tanya-tanya. Eh ternyata T'Hani udah posting di blognya, khusus buat keperluan gw, hihihi cihuuuyy.. Judulnya kue kering wortel. Ih ternyata bisa pake bayam juga, makin manstaf nih.

Bahan-bahan langsung gw siapin. Meskipun sempet satu-dua menit terpekur menatap frase 'tepung kanji' di resepnya T'Hani. Dwoh, tepung kanji ini yang mana lagi nih? Perasaan T'Hani bilangnya ini resep pake tapioka alias singkong, kok ini kanji? Tepung kanji bukannya buat bikin lem yak? Nge-google dikit, ternyata sama aja sama tepung tapioka. Amin. Fiuh, lega.

Langsung deh itu semua bahan-bahan gw siapin. Tepung tapioka, siap. Margarine, siap. Telur kuning, siap. Trus wortel. Hmmm. Baca-baca resep, T'Hani pakai wortel impor karena warna lebih merona dan lebih manis. Yaiks, gw adanya wortel lokal versi abang sayur depan rumah. Aha, atau kita ganti aja pake ubi cilembu ya? Bokap gw baru pulang dari Rancaekek dan bawa pulang banyak ubi cilembu. Senja doyan.

Coba kita pikir-pikir. Kayaknya kan tekstur wortel kukus lalu diblender tuh sama lah ya kayak ubi cilembu dipenyet-penyet. Mudah-mudahan sama. Yaaa kita anggap sama aja deh.

Sip. Semua siap. Bahan diaduk-aduk.

Hm, perlu dicatat di sini bahwa gw gak punya timbangan kue. Jadi, segala gram-graman itu semata-mata tebak-tebak buah manggis. Kalo menurut resep, tepung tapiokanya 500 gram. Nah lho, abis tuh sekantong. Karena ini adalah kue percobaan, jangan belagu deh bikin satu resep. Gw bikin seperempat aja deh. Nah gimana ngukur 125 gram dari satu kantong berisi 500 gram? Jadilah dikit-dikit gw tanya ke Hil setiap abis nuang tepung ke adonan,'Kalo segini kira-kira udah seperempat kantong belom?' Hihihihi.

Oke, adonan jadi, siap cetak.

Nah lho, nyetaknya gimana ya. Adonannya gak solid-solid amat buat dicetak pake cetakan kue atau cookie cutter gitu. Setelah beberapa percobaan gagal dengan cetakan, akhirnya gw ambil kantong plastik kiloan dari lemari nyokap. Masukin adonan, ujungnya digunting. Kayak bikin kue semprit gitu. Hehe, semprit jadi-jadian, hihihihi. Gak dibentuk bunder, tapi lurus aja. Bentuknya jadi kayak pentungan. Aha, ntar kue ini disebut Pentungan Ubi aja, hihihi.

Ternyata lancar nyetak pake ginian. Hil nyetak, gw nyalain oven. Sip. Masukin 3 loyang ke dalam oven. Tungguin. Berapa menit ya tadi? 30-45 menit gitu deh kayaknya.

Sambil nunggu, diliat-liat, kok pucat pasi aja ya. Si Ibu bilang,'Emang gak kuning kecoklatan kali warnanya.' Hm, iya kali ya. Pan kita juga kagak tau. Sembari nunggu mateng, gw tuncep-tuncepin kismis yang udah dicacah di atas adonan kue itu. Hehe, susah ternyata, udah gak bisa nempel. Teori Hil ternyata gak terbukti (untuk nuncepin kismis pas adonan setengah mateng). Tapi secara gw tidak gampang menyerah gitu, gw tetep tuncep-tuncepin kismis. Dalam

Setelah 45 menit, hmmm jangan2 mesti dibalik-balik nih kuenya. Ealah bener aja. Beberapa udah gosong pas dibalik, huhuhuhu. Gapapa deh. Itung-itung gosong, kita icipin aja.

Klotak.

Hahahahahah keras bangettttt ya booooo, keikeiekiekeiek. Gagal deh kue kering buat Senja. Yang ada ini buat empan emak bapaknya ajah, hihihihi. Bener-bener dah ini pentungan: k e r a s! Hahahahhaa..

Sabar ya Senja. Kita akan taklukkan resep berikutnya. Jangan khawatir!

No comments: