Friday, October 17, 2008

Cemilan Terkini

Kali ini gak murni pakai resep. Yang penting adalah niatnya, hahaha. Bahan utama resep cemilan kali ini adalah beras merah. Penasaran aja, pasti bisa deh ini dijadiin cemilan buat Senja. Sempet juga sih nyari-nyari resep cemilan dengan bahan dasar beras merah, tapi trus ya gitu deh. Teknis aja. Lupa dicatet, sok improvisasi dan sebangsanya.

Jadilah gw mencampurkan beras merah dengan apel dan kismis. Apel niatnya sih buat memberi rasa manis di adonan kuenya. Lalu kismis, ya biar cakep aja penampilannya. Ada taburan hitam-hitam manis gitu.

Takarannya kita pakai perbandingan di Keping Oat. 100 gram beras merah digrinder. Plus 50 gram mentega unsalted. Abis itu dicampur dengan apel yang diblender. Apelnya satu doang, potong, kukus, blender. Abis itu dikasih taburan kayu manis. Hil yang bertugas mengaduk. Pas dia ngaduk, dia merasa adonan itu kurang sempurna. 'Masa gak pake telor sih?' Gatau. Hihi, ya iya lah kita gak ada yang tau. Tapi berkat penyemangatan dari si Ibu, jadilah kita tambah dengan telur kuning. 'Biar gurih,' kata Hil. Okeh deh. Kita mah hayuh ajaaa...

Abis itu pas loyang udah siap sedia, hmmm ini adonannya kok lembek banget yak. Beda dengan adonan keping oat yang sebelumnya. Daripada kuenya gagal, jadilah itu adonan dituang aja ke loyang. Jadi kayak bikin cake gitu. Tapi tipis saja. Jadi kita pakai dua loyang. Abis itu dipanggang. Entah lah itu berapa derajat dan berapa lama. Kalo udah harum, intip-intip, pikir-pikir ini kira-kira udah mateng atau belum, angkat. Hahaha.

Pas udah jadi, harumnya sih semerbak. Wangi apel bercampur kayumanis. Tampilannya juga gak mengecewakan. Yaaaa gak kayak kukis yang diharapkan sih,lebih kayak...hmmm apa ya.. kue basah tipis gitu, hihihi.

Potong sedikit, kasih ke Salsa, biar dia yang ngicipin.

'Enak gak Sa?' tanya gw sambil harap-harap cemas.
'Nggak.'

Huaaaaaaa....

Pas gw icipin, hmm emang sih gak senendang rasa keping oat yang manis pisang itu. Kesalahan terletak pada apel, kayaknya. Kurang manis, kata gw. Kurang banyak, kata Hil. Apa pun itu, rasanya rada kecut. Ya kecut apel sih. Tapi gapapa. Kita jajal aja ke Senja. Mudah-mudahan dia suka.

Kue di dua loyang itu lantas gw potong-potong,lalu taro di tempat tertutup. Jangan masuk lemari es, pesan Hil. Okeh. Ternyata dari 2 loyang itu dapet satu tempat makan penuh. Wah mayan juga.

Semoga Senja doyan. Kalo gak doyan kaan sayyaaannggg itu kuenyaaaaa... huhuhuhu... 

Eh kita kasi nama apa ya si cemilan ini? Hm. Kue beras merah apel kismis. Hahahaha, obvious banget sih pemilihan namanya, hihihi.

No comments: