Thursday, October 30, 2008

Kue Ubi


Kemarin adalah dua batang terakhir pentungan ubi yang dimakan Senja.

Ternyata, to my surprise, Senja doyan banget sama itu pentungan ubi. Padahal tadinya gw pikir dia bakalan gak suka. Meski keras, dia bisa emut-emut, terus lumer di mulutnya, trus doyan deh. Atau dipotek kecil-kecil, seperti pas dikasih sama bokap. Pokoknya doyan. Ini diperlihatkan Senja yang langsung menjerit dan buru-buru jalan ke arah bokap begitu bokap buka tempat kue. Halah, sebegitunya, hahahaha.

Karena ubi cilembu masih ada, begitu juga unsalted butter dan tepung tapiokanya, jadilah gw bikin lagi. Sebelumnya sempet SMS Tante Hani, apakah bisa adonan itu didiamkan semalaman, lalu baru dicetak besoknya. Soalnya kalo bikin adonan baru besok pagi, wuih, gak sempet bo, secara gw mesti bikin sarapan buat Senja gituh. Ternyata Tante Hani gatau. Yang dia tau, adonan bisa disimpan di kulkas untuk adonan roti.

Oke, kalo gitu mesti tanya sama La Googlita. Gw minta tolong Hil deh, karena dia yang di kantor dan berdekatan dengan internet. Setelah dicari, eh ternyata bisa. Sip!

Langsung aja gw lumatkan ubi cilembu, campur-campur dengan tepung tapioka, butter dan kuning telur. Sebelumnya gw sempet nginternet sebentar, nyari cooking converter. Hehe. Secara gw masih belum punya timbangan kue gitu, jadilah kita cari padanannya. Langsung aja gw catet, 250 gram itu sama dengan berapa sendok makan. Beres deh.

Jadilah jam 12 malem gw ngaduk-ngaduk adonan, sembari nemenin Hil makan Indomi. Mesra ya. Hahahaha.

Tadi pagi, baru deh dicetak. Kali ini udah gak pake gagap-gagap lagi. Langsung aja adonan dimasukin ke dalam plastik kilo-an, ujungnya digunting, jadi deh kayak buat bikin semprit-sempritan. Sip! Kali ini, gw bikin bentuknya bunder, melingkar, kayak cincin. Trus dikasih hiasan standar: kismis. Cakep.

Masukin oven, panggang.

Abis itu gw lupa deh. Manggangnya berapa lama ya? Sejam? SEtengah jam?

Daripada gosong, ya gw liat-liatin terus. Gw berusaha belajar dari pengalaman sebelumnya, dengan intip itu kue sering-sering. Eh ternyata tetep aja kecolongan. Ada 10-an kue kering yang bawahnya gosong, hahahah. Gapapa, itu yang buat jatah kita aja. Buat Senja mah yang rapi jali dan jelita saja.

Enak! Gak sekeras pentungan ubi sebelumnya.

Dan tadi jam 10 kurang, Hil laporan ke gw lewat SMS: Senja udah makan 4 potong kue ubi dan beberapa potong pepaya.

Hore! Tuh kan gak keras. Terbukti dari bagaiman Hil menyebut makanan itu: kue ubi. Inget ya. Kue, bukan pentungan, hahaha.

No comments: