Sunday, October 26, 2008

Berbagi Resep MPASI

Tadi sore nyokap gw minta kumpulan resep MPASI gw. ‘Buat di Puskesmas,’ kata nyokap.

Nyokap gw itu kerja di Puskesmas Jatinegara. Karena sehari-hari ngurusin pasien, jadinya ya akrab dengan berbagai macam kebingungan, pertanyaan, serta ketidaktahuan seputar ASI dan MPASI. Yang bingung-nanya-tidak tahu itu tidak hanya pasien, tapi juga tenaga kesehatan di sana.

Karena gw punya kumpulan resep MPASI dari berbagai sumber, maka ada baiknya itu dibagi. Supaya emak-emak yang dateng ke Puskesmas bisa mempraktikkan bikin home-made MPASI. Supaya pasien Puskesmas, yang notabene kelompok masyarakat menengah-bawah, tidak terjebak dengan susu formula atau makanan instan lainnya.

Nyokap gw juga titip satu lagi untuk dibagi ke Puskesmas, yaitu soal cara nyimpen ASI. Tinggal itu aja yang belum disiapin, karena bahannya mesti dicari dulu yang versi soft copy.

Mudah-mudahan makin banyak orang yang mempraktikkan homemade MPASI. Kalo belum dikerjain emang berasanya ribet, membingungkan dan bikin sakit kepala. Tapi gw yang dodolibret ini sudah membuktikan bahwa menyiapkan MPASI itu menyenangkan adanya.

Mudah-mudahan emak-emak pasien di Puskesmas Jatinegara ikut merasakan itu juga.

No comments: