Saturday, October 11, 2008

One Recipe Down: Kukis Havermut Pisang Keju

Lagi-lagi, ketemu akhir pekan. Rugi dong kalo gak menaklukkan satu resep lagi. Tapi yaaa dasar gw emang gak persiapan, dadakan aja. Pagi-pagi bangun, nunggu wangsit, liat-liat situasi kira-kira Senja bisa disambi bikin makanan baru atau enggak. Kalau semua oke, baru kita sikat.

Penasaran pengen bikin cemilan dari havermut. Sebelumnya sih udah ketemu resep kukis havermut, dapet dari Mirana. Tapi semuanya pakai terigu dan melibatkan peran serta mixer. Ada sih tuh mixernya nyokap, tapi entah di mana rimbanya. Ada juga sih tuh mixer baru, masih di box, tapi entah ya di mana gw nyimpennya. Jadi, daripada keisengan nyari resep yang nyusahin, mendingan resepnya disesuaikan dengan kondisi gw, hehehe. Jadilah kita cari yang sepraktis mungkin.

Yang sering jadi rujukan buat kukis havermut adalah resepnya Sisil. Judulnya Keping Oat. Eh iya, Sisil ini temen kuliah gw dulu, dia di jurusan Antrop, gw di jurusan Komunikasi, sama-sama angkatan 96. Gw baru tau pas ketemu di kelasnya milis Sehat, dan sejak itulah baru tau kalo doi jago masak.

Setelah mencari sesaat di google, ketemulah resepnya Sisil ini. Cocok. Gak pake terigu, gak pake mixer. Bahannya cuma 50gr unsalted butter (pas deh tuh ngabisin Orchid unsalted butter yang kemasan singles), 100 gr havermut (ada tuh seplastik baru beli, sikat!) dan pisang (ya ampun, pas banget kemarin baru beli). Sip, semua siap. Ready, get set, go.

Kebetulan Senja udah makan pagi dan udah mandi, jadi bisa dong dititip sama bokap. Gw nge-grinder havermut biar halus. Lalu Hil yang kebagian ngurus pisang. Kalo kata resepnya, pisang diparut pake parutan keju. Biar kesannya nurut resep, ya udah, dipakelah itu parutan keju. Aih perasaan hasilnya kok sama aja dengan pisang dikerok. 'Tuh kan aku bilang juga apa,' gitu deh kata Hil, hehe.

Semua bahan dicampur, jadi deh. Ternyata agak encer juga adonannya. Nah, biar cemilan Senja tuambuah muantep, kita kasi parutan keju. Ada banyak tuh stoknya. Sikat! Jadilah ditaburi dengan keju parut, lalu Hil yang nyetak adonan. Hmmm, nyetak kayaknya bukan istilah yang tepat karena emang gak pakai cetakan. Adonan disendok, lalu diemplokin aja ke loyang, lalu bentuknya dibuat agak lebih beradab, yaitu bulet. Itu namanya nyetak atau bukan ya?

Biar kue buat Senja ini kayak tampilan di resep, boleh lah kita buat seperti di resepnya Sisil. Lempeng bulat besar-besar. Tapi, secara ini bikin kue dadakan tanpa persiapan, alhasil ya emang kita cuma punya loyang cuma sebiji, apa boleh bikin. Kalo bentuk kukis itu seperti di resep, satu loyang cuma jadi 4 kukis. Waduh, rugi dong. Jadilah Hil berkreasi sendiri, bentuknya jadi kayak Goodtime gitu. Nemu 2 loyang, ehm, wadah stainless yang difungsikan jadi loyang, ditaro lah di sana.

Setelah beres, panggang. Jadi! Mateng! Enak! Yum-yum!

Setelah semua kue mateng dan ditaro di wadah, barulah disadari. Ternyata ada pesan moral di balik bentuk kukis havermut yang lempeng bulat besar itu. Dari sejumlah potong kue, yang paling cakep tampilannya yah yang bentuknya seperti di resep. Kalo yang bentuknya Goodtime, ada yang gosong, ada yang coklatnya cuma separo, gak rata gitu deh. Trus jadinya lebih blenyek, dan kurang krispy. Baiklah, kalo gitu lain kali kita beli loyang deh biar bisa bikin kukis havermut yang tepat seperti apa kata resep.

Duh jadi gak sabar ketemu akhir pekan lagi. Emang deh gw ratu rumah tangga! Huahuahuahua, boong banget!

No comments: