Thursday, October 2, 2008

Obat Demam

Kalo Senja sakit demam, gw berusaha sebisa mungkin gak ngasih obat. Ini hasil wangsit yang gw peroleh dengan baca-baca kiri kanan, termasuk dari sini.

Buat bayi, wajar kok kalo mengalami demam. Kunci utamanya adalah tidak panik dan langsung ngasih obat. Santai aja dulu di boncengan. Kasian kalo dikit-dikit dikasih obat, karena kan ginjalnya ntar harus bekerja keras. Padahal kalo demam, kebanyakan karena virus, dan karenanya dilawan dengan tubuh sehat, bukan dengan obat.

Kayak sekarang pas Senja sakit. Diduga keras penyebabnya adalah ketularan Pelangi. Gw nekat sih, ngebawa Senja berkunjung ke rumah anak bayi yang lagi sakit. Yo wis, ketularan. Terima konsekuensi aja deh sekarang dengan Senja demam.

Untungnya, selama demam ini Senja gak terlalu rewel. Rewel, iya. Bawaannya minta digendong melulu. Pas awal-awal tampak sangat lesu, tapi tetep mau main. Tapi secara keseluruhan, baik-baik saja. Cuma, kalo badannya dipegang, ya anget atau panas. Itu aja. Plus ketauan juga dari makannya yang ogah-ogahan. Nyusu sih masih ahoy aja.

Ini yang jadi patokan gw untuk tidak segera memberikan obat. Alhasil, pas malam pertama dan malam kedua doang gw kasih Sanmol. Sepanjang hari ini aja baru gw kasih obat 3x sehari. Itu pun gw kasihnya pas suhu berasa udah panas banget. Pake wangsit aja, karena gak gw ukur pakai termometer. Dudung yak, padahal termometer ada dalam jangkauan tangan.

Untuk hari ini, karena Sanmol udah abis, obat yang dikasih adalah Paracetamol syrup. Ya sama aja, lah wong isinya Sanmol itu paracetamol. Kata nyokap gw, Sanmol pastilah lebih mahal, karena itu kan obat merk, sementara Paracetamol kan obat generik. Karena fungsi dan khasiatnya sama, gapapa lah pakai Paracetamol saja. Senja dikasih Paracetamol ini kalo udah berubah rewel dan jidatnya berasa lebih panas.

Oya, panas Senja kan cuma di seputaran kepala dan leher, sementara kakinya dingin. Kata Tatah, ini adalah panas khas orang sakit radang tenggorokan. Oooo gitu ya. Baru tau...

Sore tadi, makannya Senja sempet mengkhawatirkan. Makan ogah-ogahan, abis itu batuk-batuk dan byuuuuurrr keluar semua makanannya. Dimuntahin semua. Dwoh. Langsung aja gw bikin makanan baru, dan dijajal ke Senja. Untungnya mau, meski cuma sedikit. Gapapa deh, daripada gak ada asupan sama sekali.

Malam ini, Senja tidur nyenyak. Barusan minta nyusu, abis itu langsung balik kanan, tidur lagi. Mudah-mudahan besok udah gapapa, secara besok gw udah ngantor lagi, yaiks.

1 comment:

Anonymous said...

memang betul tidak boleh panik, tapi juga jangan menyiksa anak dengan membiarkannya merasa tidak enak badan. paracetamol itu antipiretik (penurun panas) dan analgetik (penghilang nyeri/sakit2 badan). kalau orang dewasa sakit flu, mereka minum obat flu. bukan untuk menyembuhkan flu, tapi untuk menghilangkan sakit2, seandainya demam tidak tinggi.
bayi juga mengalami sakit2 badan kalau flu. obat tidak membahayakan ginjal kalau diminum sesuai aturan.
kalau bayi menangis atau rewel dan badannya demam, kita sebut tidak enak badan. nah, apakah tega membiarkan bayi anda menderita? memang kita harus hati2, tapi jangan terlalu anti obat juga. kasihan bayi anda.

sukses. jalan anda masih panjang. cari informasi yang lebih lengkap.