Thursday, December 25, 2008

De Ja Vu

Kemarin gw SMS-an sama Anggi, istrinya Indra sepupu gw. Dia abis ngelahirin, hm kapan ya, kayaknya belum sampai sebulan lalu. Lahirannya di RB Asih, hihi, tempatnya artis-artis ibukota itu. Anaknya laki-laki, namanya Aidan

ASI dia lancar, udah ditampung di botol-botol kaca, beli di Carolus. Tapi masalah mulai muncul karena Anggi juga harus ninggal anaknya, dia masih ambil S2 kedokteran gigi kalo gak salah. Secara dia anak zaman sekarang + anak buku merawat anak, jadilah dia itu termasuk aliran soft cup. Seperti gw dan Hil ketika masa-masa awal bersama Senja lah.

Tapi halangan ada aja dong untuk melakoni soft cup. Soalnya pake soft cup emang gak mudah. Bikin keder, kadang suka kasian sama bayinya, atau kitanya grogi, atau bayinya tangannya gerak-gerak sehingga ASI-nya tumpah. Gw dulu juga sering ngobrol gini sama Mirana, sesama aliran soft cup.

Anggi berusaha sekuat tenaga untuk go soft cup go soft cup go. Tapi pada akhirnya, dia harus menyerah sama keadaan. Soalnya kan yang ngasi ASI pake soft cup itu gak mungkin si ibunya, tapi harus orang lain. Nah orang lain belum tentu sreg ngasih pake soft cup dengan berbagai alasan. Jadilah Anggi juga gak bisa maksain.

I can feel her sadness. Really. I've been there.

Gw dulu sempet ngotot maksain bertahan tanpa dot, bertahan di soft cup. Gw dulu merasa sedih banget ketika harus menyerah pada dot dan say goodbye to soft cup. Tapi karena gw juga harus toleran sama orang lain, terutama sama si Ibu yang bertugas ngasi ASI pake soft cup buat Senja, jadilah gw beralih ke dot. Karena itulah gw mati-matian cari tahu soal dot yang katanya paling mendekati bentuk nipple. Ketemulah gw dengan 
dot peristaltik Pigeon. Rasanya beraaaat banget pas pertama kali gw liat Senja nyusu dari dot.

Tapi the show must go on. Bagaimana pun, yang diminum Senja tetaplah ASI. Paling enggak gw gak menyerah pada susu formula. Dot atau soft cup kan (mudah-mudahan) hanya persoalan teknis.

Mudah-mudahan Anggi baik-baik saja. Yang lebih penting, Aidan tetep dapet ASI, ya kan?

No comments: