Sunday, December 28, 2008

Ke Taman Suropati

Gara-gara ngedit feature, gw jadi pingin banget ke Taman Suropati. Mau ngeliat orang main biola di sana. Secara gitu ya gw sampe sekarang masih ngiler liat orang main biola, jadilah gw ingin menuntaskan rasa ingin tahu gw.


Karena sebelumnya gw udah pernah ke Taman Suropati untuk acara biopori-nya Green Radio, jadi gw merasa tempat itu cocok juga buat Senja. Dulu kan Senja masih terlalu kecil, sehingga harus digendong terus. Sekarang kan udah pinter jalan, nah pasti seneng dong lari-larian di taman mengejar burung-burung… Nah cucok, let’s go, mari kita ke Taman Suropati!


Kita berangkat jam 9 dari rumah. Sengaja, pas sama sesi bobo paginya Senja. Biar kita juga damai alias bobo sepanjang perjalanan, gak ribet dengan Senja yang gerak sana gerak sini melulu. Menyimpan energi buat di Suropati, ceritanya.


Begitu nyampe di Suropati, Hil langsung seneng. Ini kali pertama dia ke Suropati dan dia takjub betapa taman ini ternyata begitu besar pas kita udah di dalamnya. Lah iya, pan emang gede. Tapi selama ini lebih sering dihuni sama trontonnya tentara kali ye, jadi sangat tidak menggoda jiwa untuk mampir gitu.


Tentu saja, Senja juga seneng. Baru bangun tidur, begitu melek ada di sebuah taman besar nan hijau, plus begitu dia turun dan jalan, ketemu burung-burung dara yang lagi matokin makanan! Huaaa, Senja langsung girang. Bawaannya lari menuju ke burung-burung itu. Ini berarti kali pertama Senja melihat burung dalam jarak sangat dekat. Hmm, pernah juga siy ya pas ke Taman Burung bareng kakak gw, tapi kan burungnya beda yak.


Setelah Senja puas dengan burung dan air mancur, kita menyingkir ke sudut taman yang adem. Pas bener ada tukang balon di situ, gw beli bola kecil biar bisa main bola sama Senja. Whuaaa Senja senang sekali lari-larian ke sana ke mari. Tapi juga mesti waspada, soalnya lubang biopori ada di mana-mana, jadi Senja rawan kejeblos gitu, hihihi. Untung Senja cuek, jadilah dia tetep lari-larian. Cekakak cekikik ngejar bola, jatoh-jatohan, lengkap deh tuh kotornya tangan sama kaki. Untung bawa tisu basah, aman deh.


Matahari makin tinggi, kok kagak ada yang main biola yak? Heran. Padahal kata Humto, latiannya itu tiap Minggu jam 9 pagi. Nah ini udah sampe jam 10.30, kok gak ada juga ya. Ah tapi ya kita tunggu aja, toh emang gak ada agenda lain.


Abis lari-larian kejar bola, kita pindah ke hm, apa ya itu namanya. Semacam instalasi seni kali ya maksudnya, pokoknya di bagian bawah itu ada terowongan kecilnya. Gw gendong Senja, trus kita mengendap-endap berjalan di dalam terowongan. Hihihi, Senja takjub. Abis itu gak mau digendong lagi dan dia bolak balik gak henti-henti keluar masuk terowongan. Dinding dalam terowongan itu dipegang-pegang melulu, ditepuk-tepuk sembari Senja pasang wajah gembira. Duh mengharukan sekali deh liat Senja girang gitu.


Udah kelar main-main, capek dongs. Gw dan Hil maksudnya yang capek. Senja sih kayaknya belum *fiuh* Kita melipir ke pinggir, eh kok ada mbak-mbak main biola! Asiiik! Akhirnya yang ditunggu-tunggu dating juga. Cuma ada satu mbak itu. Eh ternyata di belakangnya ada lagi, 2-3 laki-laki yang asik main biola. Waaa senangnya. Gw langsung ajak Senja ke sana untuk menikmati mereka latihan biola.


Tapi pikir punya pikir, kok tidak seperti bayangan gw ya. Di kepala gw, mereka akan bikin semacam konser mini di pojokan Taman Suropati ini. Lalu trus pengunjung taman berkumpul, ngasih uang atau apa gitu sebagai tanda apresiasi. Trus tepuk tangan rame-rame. Eh ternyata gak gitu. Cuma si mbak yang duduk di bangku ring dalam taman (duile istilahnya plokis banget), dengan papan partitur di depannya, lalu berlatih biola. Mas-mas lain duduk di ring luar taman, gak pake baca partitur, trus ya duduknya berjarak aja gitu, gak tegor-tegoran pula, kayak gak saling kenal. Lho, gimana mau konser mini kalo kayak gini caranya?


Ternyata emang gak ada konser mini, huhuhu kecewa.


Begitu agak siangan dikit (tepatnya, setelah gw dan Hil kelar makan bakwan Malang dan Senja kelar ngegado nugget, hihihi), baru deh rame-an yang main biola. Tapi bukannya kayak konser mini, tapi lebih kayak les biola di tempat terbuka. Si mbak itu dikelilingi 3 orang dewasa yang belajar biola tahap awal banget, karena baru belajar cara pegang tongkat geseknya itu. Sementara 2 mas lainnya, ya sama juga, kayak bikin les biola privat di kelas terbuka. Cuma ada dua laki-laki yang berduet, dua-duanya terpaku pada partitur di depan mereka, trus main biola. Lagu klasik lah, familiar sama kuping gw tapi gw gatau judulnya.


Gw ajak Senja melongok satu lingkaran ke lingkaran lainya, supaya dia ter-expose dengan permainan biola. Ini bagian dari rangsangan buat Senja soal musik, setelah di rumah kenal dengan gitar dan piano. Senja sih dokem-dokem wae, gak menunjukkan rasa excited luar biasa gitu (kalo dibandingin sama ngeliat burung dara yak). Tapi paling enggak Senja udah denger bunyi alat musik lain.


Tapi in the end, jadinya gw yang penasaran. Jangan-jangan gw datang di hari dan waktu yang salah sehingga tidak menemukan konser mini komunitas biola di Taman Suropati, seperti yang ada di kepala gw… Ntar kapan-kapan ke sini lagi yuk.

No comments: