Wednesday, April 30, 2008

Botol Pecah

Ini kali ketiga gw menemukan botol kaca ASI pecah. Huhuhu.

Dua botol pertama pecahannya ada di bagian bawah. Melintang. Tapi pecahnya itu dengan sayatan sempurna, kayak dipotong pake piso tajem gitu lho. Dengan begitu gw yakin aja, paling enggak berusaha yakin, kalo gak ada serpihan kaca masuk ke dalam ASI. Sejauh ini sih aman. Senja gak kenapa-kenapa tuh.

Semula Hil menduga kalo botol kaca itu pecah karena sering kena suhu ekstrim pada waktu yang berdekatan. Kan botol kaca itu dari freezer tuh, trus ke kulkas bawah, trus dibawa ke luar kulkas ditaro di wadah berisi air biasa, abis itu di wadah diganti dengan air anget atau panas. Nah karena suhu ekstrim itulah diduga kaca jadi gak kuat.

Alhasil, si Ibu menemukan cara baru. Jadi, setelah botol kaca direndam air biasa, kalo udah mencair, maka ASI langsung dipindah ke botol susu. Nah si botol susu inilah yang direndam dengan air hangat. Jadi, gak ada botol kaca yang kena suhu ekstrim. Gitu toh?

Nah, kirain aman, rupanya enggak juga. Tadi gw barusan buka freezer, nah lho, ini botol kok pecah juga ya? Haduuuu mana isinya 120ml pula! Sayang booo kalo dibuang. Sialnya, kali ini pecahannya gak cuma melintang di bawah gitu. Tapi ada juga sayatan vertikal. Waduh, ini ntar kalo ASI-nya mencair, jangan-jangan botolnya langsung rontok yak? Huhuhu.

Setelah diinget-inget, kayaknya ini botol kaca pecah karena kepenuhan. Iyyyaaa sih, dulu si suster di Carolus atau di artikel mana gitu bilang kalo botol kaca jangan diisi penuh-penuh. Demi memberi ruang memuai, karena ASI beku itu akan memuai. Tapi gw suka bandel. Udah tau dapet ASI perahan 120ml, eh tetep ditaro di botol kaca juga. Dulu sih karena gak ada alternatif wadah lain, sekarang kan ada wadah kotak yang bisa diisi maksimal sampai 140ml itu.

Setelah gw google, ketemu artikel ini. Eh rupanya dia mengalami hal yang sama, botol kacanya pecah. Dan bener lah dugaan gw. Botol kaca pecah karena isinya kepenuhan. Huhuhu.

Si Ibu akan berusaha ngakalin besok. Sebelum dikasih ke Senja, ASI akan disaring dulu pakai kain, supaya gak ada serpihan kaca yang ngikut. Atau pakai saringan teh. Eh pake apa aja deh, pokoknya yang pori-porinya rapet.

Tapi kalo berasa gak aman juga, ah ya sudah lah.. Sayooonarraaaa... saaayooonnaarrrr... *sambil terisak*

2 comments:

Anonymous said...

mendingan pake box kecil dari plastik, jadi ngga ada resiko pecah. ngga was-was, aman dan praktis.

harganya sedikit lebih mahal memang, tetapi kan elu makenya untuk waktu yang cukup lama. kan jatohnya lebih hemat. box itu bisa dipakai untuk jangka panjang. daripada murah meriah, tapi resiko pecah.

plus, box kecil itu cukup fleksibel untuk dipake untuk yang lain-lain di kemudian hari, misalnya tempat membekukan makanan bayi buat senja nanti kalo udah umur 6 bulan.

dan kalo udah ngga kepake untuk susu dan makanan bayi, bisa dipake untuk yang lain-lain, misalnya tempat sambel, tempat keju parut, tempat makanan sisa yang udah tinggal dikit, box untuk mini snack kalo senja sekolah nanti...

gita

BoncuyDacuy said...

haduuu ya ampyun. jangan khawatir sodara-sodara. gw punya botol kaca, punya juga wadah plastik. kumplit. cuma belum pernah nyobain pake ziplock aja.