Friday, April 11, 2008

Cemas dan Panik


Cemas dan panik rupanya sukses membuat nyokap gw melakukan satu hal yang gak gw setujui. Ngasih ASI kakak gw buat Senja.

Sebetulnya gw udah berkali-kali bilang 'gak usah' dan 'gak mau' untuk menjawab tawaran ASI kakak gw. Enggak aja, gak ada maksud buruk. Gw cuma mau mengupayakan secara maksimal ngasih ASI gw. Kalo ternyata gak bisa, ya udah, baru kita pindah ke opsi lain. Katanya kan emang kalo ASI sendiri gak sukses, pilihan berikutnya mendingan ASI orang lain, ketimbang susu formula. Oke, gw tau akan pilihan itu, tapi biarlah itu jadi pilihan yang ntar aja.

Tapi rupanya nyokap gak sabar. Penguat lain, dia adalah orang yang secara konstan cemas kalo ngeliat stok ASI gw. Padahal sih sebenernya di freezer pasti ada stok buat 3 hari. Gak aman? Lah apa gw mesti nyetok buat 2 minggu untuk 'ngebeli' perasaan aman itu?

Karena doi gak sabar, jadilah tadi Senja dikasih ASI kakak gw. Sedikit, pake soft cup. Tapi sesedikit apa pun itu rupanya juga sudah cukup untuk membuat gw berang. Luar biasa kesal. Gak keruan rasanya. Antara gak dipercaya, dilangkahin, sama berusaha memahami kecemasan nyokap, karena kan sejatinya gw juga suka cemas-tapi-sok-cuek.
Ternyata gak cuma nyokap gw yang cemas, tapi juga bokap. Ini lebih dikarenakan bokap liat pas Senja lahir dan merasa cemas dengan warna badan Senja yang biru banget pas lagi inisiasi dini. Sebenernya gw juga udah tanya sama dokter kandungan pas periksa pasca melahirkan dan dia bilang gapapa. Seperti kata Hil, kalo warna biru itu dianggap bermasalah, mestinya akan langsung diperiksa dong sama dokternya, secara tu dokter masih di situ. Rupanya rasa cemas itu dipelihara sama bokap sampai sekarang. Dwoh.

Iya sih, pada akhirnya gak ada yang 'berbahaya' dari ASI kakak gw. Toh gimana pun juga dia kakak gw. Gw kan juga gak khawatir gitu kalo Senja dan Pelangi bakal jadi sodara sepersusuan. Itu mah ya cuek aja. Tapi tetep, gw gak suka langkah itu. Kalo boleh gw cari analogi, ini kayak Hasyim Muzadi yang waktu itu tiba-tiba ngusul supaya Kepala Daerah ditunjuk oleh Presiden aja karena Pilkada dianggap gagal. Kan gak bisa gitu dong, selama belum ada evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan Pilkada.

Nah untuk kasus gw, kan gak pernah ada kata 'gagal' juga dalam aktivitas gw memberikan ASI buat Senja. Berat badannya naik. Perkembangan motoriknya seperti kata buku-buku. Ngoceh dan menggenggamnya seperti yang semestinya. Sekarang udah tengkurep, sehari pula sebelum Senja umur 3 bulan. Kalo gak ada yang salah, mestinya kan emang gak cemas toh?

Ya sudah lah. Rasa berang gw udah hilang. Ini semakin membuat gw yakin untuk tidak perlu cemas akan ASI gw. Senja baik-baik aja. 'Perjuangan' gw nyetok ASI gak ada apa-apanya dibandingkan si pejuang ASI ini. Ginger Bohl ini adalah pilot AU Amrik, tugas di Afghanistan, dan dia berhasil ngirim ASI buat anaknya. Kalo dia bisa, maka semua perempuan di dunia ini, termasuk gw, juga bisa. Paling enggak, berusaha sampai batas maksimal.

Doain lancar ya. Gak perlu cemas.

1 comment:

Anonymous said...

Doa dari jauh... GO, ASI, GO !
Muah buat si cakep...