Thursday, April 17, 2008

Rekan Meres ASI

Sejak Selasa lalu, gw punya temen sesama perempuan menyusui. Namanya Mbak Fia, anaknya lebih muda sebulan lah kira-kira dibandingin Senja, perempuan, namanya Danin.

Untuk anak keduanya, M'Fia memang udah menetapkan diri untuk ngasih ASI eksklusif, karena tidak berhasil memberikannya buat anak pertama. Sama aja kayak gw, di awal sempet parno sendiri soal cukup atau enggak ngasih ASI doang buat anaknya. Tapi karena gw sudah belajar tentang pentingnya dukungan dari siapa pun di mana pun dan pentingnya santai ajah, ya gw mencoba menularkan itu ke M'Fia. Sebelum dia masuk, gw kirim email tentang jurus-jurus yang sudah gw lakukan selama memerah ASI di kantor.

Gw dan M'Fia emang gak pernah barengan meres ASI sih, waktunya gak pas dan kita ya emang gak janjian ajah. Ntar dia udah kelar, gw baru siap-siap mau meres. Yang jelas gw jadi keinget jadwal meres kalo kebetulan M'Fia lewat di meja gw, hehehe.

M'Fia meres ASI-nya pakai pompa manual, beda dengan gw yang bisa nyambi ngapa-ngapain karena pakai pompa elektrik. Keliatannya dia cukup nyaman dengan pompa manual itu, jadi ya udah santai aja dong. Yang penting kan kenyamanan. Selama nyaman dan santai, mudah-mudahan ASI-nya juga ikutan nyaman mengalir.

Tadinya cara gw dan M'Fia menyimpan ASI itu rada beda. Kalo gw, ada satu box plastik dengan nama gw besar-besar tersedia di kulkas kantor. Setiap gw abis meres, gw taro di botol kaca, lalu gw taro di situ. Kalo mau pulang, botol-botol gw pindahin ke cooler box atau cooler bag yang kotak-kotak merah (beli di Ace Hardware, Rp 21 ribu), dikasih blue ice (ukuran kecil, isi 3, Rp 39 ribu, beli di Ace Hardware juga), lalu pulang deh dengan stok ASI.

Nah kalo M'Fia, beda. Tiap abis meres, dia taro ke plastik. Abis itu plastiknya ditaro di dalam botol minum yang tahan panas/dingin itu lho. Di dalam botol minum itu, udah dikasih es batu. Wuidih, ngebayanginnya aja ribet. Apalagi, setelah gw tanya ke M'Fia, plastiknya itu tiap abis pake ya dibuang, gak pernah dipake lagi. Wah gak ramah lingkungan tuh.

Jadilah gw berbagi tips soal cara menyimpan gw, yang mudah-mudahan lebih ramah lingkungan. Bener deh, sekarang cara M'Fia menyimpan ASI udah kayak gw. Jadi di kulkas ada dua box, satu bertuliskan 'Citra' dan satu lagi bertuliskan 'Fia', berisi stok ASI. Dan kalo kita kebetulan ketemu di deket dispenser atau kulkas, baru deh ngobrolin soal hasil perasan hari ini, hihihi.

Go ASI go ASI go! Ahhoooyyy....

No comments: