Wednesday, April 16, 2008

Seneng Nonton TV


Dari beberapa pekan lalu kita menyadari kalo Senja itu seneng nonton TV. Kalo lagi digendong, trus kebetulan mukanya dia berhadapan dengan TV, wah langsung bengong serius banget ngeliatin TV.

Tadinya gw sih berprasangka baik aja. Kita tau TV itu tidak baik pengaruhnya buat anak-anak, tapi kalo buat bayi kayak Senja gimana? Kan dia belum ngerti arti kata-kata kasar yang ada di TV. Ya gak sih? Di bayangan gw, secara dia masih bayi, stimulasi yang diberikan TV ya belum membahayakan, karena sebatas warna dan gerak.

Tapi ternyata setelah browsing-browsing, waduh gawat, banyak artikel yang tidak menyarankan bayi nonton TV. Alasannya, bayi itu kan butuh stimulasi fisik, yang sifatnya aktif, bergerak, gembira dan sebagainya. Bukannya stimulasi pasif macam nonton TV, atau DVD, atau video game dan semacamnya. Hooo gitu, bener juga sih ya.

Jadilah sekarang kita mulai waspada kalo lagi gendong Senja deket-deket TV. Kalo mau curang, Senja digendongnya dalam posisi tegak, ngadep belakang, kayak lagi mau bikin dia gelege'an. Nah kalo dia udah ngadep belakang, ya kita ngadep depan aja deh nonton TV. Hehehe, semua seneng dong... Gw bisa tetep nonton TV, sementara Senja terselamatkan dengan sibuk ngeliat hal-hal lain di seputar rumah.

Hil yang lumayan terpukul karena gak boleh ngajak Senja nonton TV. Karena sebelumnya dia ngejagain Senja sambil nyambi nonton DVD. Dan emang bener sih, Senja ikutan nonton DVD-nya walaupun tentunyaaa gak ngerti doongg.. Gw juga sering colongan nonton TV kalo lagi jagain Senja. Soalnya, sumpe deh, kalo jagain Senja tuh bawaannya kok ya jadi ngantuuukk banget. Kesannya gw biadab banget gak sih, ngejagain anak sendiri kok ya ngantuk. Tapi ya gituuu, gimana doongg... Kan kita manusia biasaaaa...

Naahh trus gw ketemu artikel di babycenter, ada diskusi soal boleh enggaknya bayi nonton TV. Si ibu itu bilang, dia tau kalo bahaya ngebiarin anak nonton TV. Tapi kadang-kadang hal itu tak terhindarkan aja. Misalnya dia capek, pulang kerja, pengen istirahat, gitu. Ya udah, dia pasangin DVD buat anaknya untuk beberapa menit, sementara dia istirahat dan memulihkan tenaga. Pertimbangan dia, gapapa deh ngerelain anaknya di depan TV selama dia istirahat, ketimbang dia gak bisa istirahat dan jadinya marah-marah ke si anak.

Hoooo betul tuuhhh... Bole lah kita tiru jalur hidupnya, hehehe. Sesekali boleh lah Senja nonton TV. Yang penting trik Senja-ngadep-belakang-kita-nonton-TV bisa tetep dipake, heihiehie..

Duh kasian kamu. Kecil-kecil udah ditipu, kikikikik...

No comments: